Pohon Uang


Proses Membentuk Seorang Trader Saham Yang Sukses


Bursa Saham adalah cara tercepat untuk menjadi kaya. kita tinggal beli saham dan menunggu uang kita berlipat ganda dalam waktu singkat. itu mungkin yang ada di benak sebagian trader yang baru mulai terjun bermain saham.

Akibat dasar pemikiran seperti ini, sebagian trader mengharapkan hasil yang instan. mencari indikator yang paling bagus, mengikuti seminar saham sebanyak mungkin, rela membeli software yang paling mampu memberi sinyal yang bagus. sehingga pada saat beberapa bulan portofolio belum berkembang dengan pesat mereka mulai frustasi. ada yang semakin kalap mencari cara ekspres lain, ada juga yang mulai mempertanyakan kemungkinan bisa kaya lewat bursa saham , dan ada yang memilih berhenti bermain saham.

Pada dasarnya trading saham tidak ada bedanya dengan bisnis biasa, sebuah bisnis kadang membutuhkan waktu bertahun-tahun baru bisa berjalan dengan baik. dimana dituntut kerja keras dan dedikasi dari pendirinya. namun pada saat berhubungan dengan trading saham kita malah mengharapkan hasil yang ekspress.

saya pribadi membutuhkan waktu hampir 5 tahun baru bisa mulai trading dengan benar. saat itu karena belajar secara otodidak dan hanya bisa membaca buku saham dari luar. sehingga bisa dikatakan hampir semua kesalahan yang biasa dilakukan oleh newbie sudah pernah saya lakukan juga. trading sistem yang diciptakan juga berdasarkan prinsip trial and error.

Dalam 5 tahun pertama, kenaikan portofolio hanya seperti roaller coaster saja, naik turun naik turun. namun ada 1 titik di mana bisa dikatakan breakthrough. saat itu seakan-akan saya berhasil menyatukan semua puzzle yang ada, dan trading sistem mulai bisa klik dengan market. sejak saat itulah portofolio mulai bisa konsisten berkembang.

Mungkin ada yang berkata, saya cuma terlalu cepat terjun di bursa saham, seandainya saya baru terjun saat ini, dimana seminar, buku saham sudah gampang sekali didapatkan. sehingga saya tidak perlu membuang waktu selama 5 tahun untuk belajar secara otodidak. namun jika saya pikirkan kembali justru selama 5 tahun itulah yang membentuk saya.

saya yakin itu adalah proses yang harus dijalani oleh setiap trader. biarpun ada begitu banyak orang yang bisa mengajarkan bagaimana cara main saham. tapi pada akhirnya kita harus bisa mencari cara yang paling sesuai dengan kepribadian kita sendiri. trading adalah self discovery. bagaimana mengenal diri sendiri dan menyusun sebuah sistem yang paling cocok untuk kita.

sebelum bisa mulai gain secara konsisten, kita harus mengenal diri sendiri, mengenal bagaimana kepribadian kita, bagaimana risk tolerance kita, bagaimana reaksi kita saat menghadapi hal yang tak terduga, saat loss apakah kita termasuk tipe orang yang masih berani untuk mencoba lagi, atau kita memilih untuk menghindari market sementara. apakah kita orang yang betah seharian memelototin monitor atau tipe orang yang cepat bosan. nah... trading sistem harus dikembangkan dari semua keunikan diri kita sendiri.

sehingga bisa dikatakan selama 5 tahun pertama kita harus fokus pada pengenalan diri kita sendiri, memperkuat mental sendiri, kenaikan portofolio bukanlah menjadi prioritas utama, tapi kita harus berusaha untuk menyiapkan diri kita sendiri menjadi seorang trader handal. mengembleng kemampuan diri sendiri , mempertajam intuisi, memupuk disiplin, menanamkan kebiasaan trading yang benar.

Pada saat semua hal tersebut telah kita lakukan, saat semua proses tersebut sudah menjadi bagian alami dari diri kita, pada saat itu anda akan mengalami breaking poin, saat anda bisa sudah bisa merasakan gerakan market, dan bisa bergerak selaras dengan market. saya berani mengatakan adanya titik seperti ini , karena saya pribadi juga telah mengalaminya. kita tidak akan pernah tahu dimana titik tersebut pada masing-masing trader, tapi yang utama kita terlebih dahulu harus mempersiapkan diri kita agar bisa menjadi super trader.

berikut saya copy paste artikel yang saya dapatkan dari facebook, analogi yang diberikan sangat pas menggambarkan proses untuk menjadi seorang super trader

Anda tahu pohon bambu cina? Jika anda termasuk orang yang tidak sabar menunggu pertumbuhan sebuah tanaman, mungkin pohon bambu tersebut sudah menjadi korban anda.
Pohon bambu cina tidak akan menunjukkan pertumbuhan berarti selama 6-7 tahun pertama, mungkin hanya tumbuh beberapa puluh cm saja. Namun setelah waktu tersebut, pertumbuhan pohon bambu cina tidak dapat dibendung, ia tumbuh begitu cepatnya dan ukurannya bukan lagi cm melainkan meter.

Sebetulnya apa yang terjadi pada pohon bambu cina tersebut? …. Selama 6-7 tahun pertama, ia bukannya tidak mengalami pertumbuhan, hanya saja kita memang tidak melihat pertumbuhannya dengan kasat mata.

Fokus pertumbuhan pohon bambu cina pada waktu tersebut adalah pada akar, bukan pada batang. Pohon bambu cina sedang menyiapkan pondasi yang kuat agar ia bisa menopang ketinggiannya yang berpuluh-puluh meter.

Bayangkan apa yang terjadi jika pohon bambu cina tidak mempunyai akar yang cukup kuat untuk menopang ketinggiannya? Sedikit tiupan angin saja akan membuatnya tumbang.

Jika anda seringkali mengalami kegagalan dan merasa koq jauh sekali dari kesuksesan yang anda impikan, bukan berarti anda tidak mengalami perkembangan. Justru anda sedang mengalami pertumbuhan yang luar biasa di dalam diri anda. Mental anda sedang ditempa dan dipersiapkan menuju kesuksesan anda.

Sama halnya dengan pohon bambu cina tersebut.

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post