Siklus Market


Mengenal 7 Tahap Siklus di Bursa Saham

Dalam kondisi market saat ini yang sangat fluktuatif, banyak trader yang bingung, action apa yang harus dilakukan? market bergerak naik-turun dengan sangat liar, hari ini naik banyak, besok bisa saja turun tiba-tiba. profit yang sudah di depan mata bisa saja tiba-tiba menjadi loss.

ini semua adalah phase yang normal dalam bursa, ada saatnya market naik dengan konsisten dalam berhari-hari jikapun ada koreksi itu cuma penurunan yang sangat tipis, ada saatnya market sangat suram tiap hari cuma turun saja, kadang pula market bergerak tanpa arah seperti orang yang kebingungan.

saya membagi phase market menjadi 7 tahap, dimana masing-masing phase tentunya memiliki strategi khusus. kondisi market yang berbeda tentu memerlukan strategi trading yang berbeda pula, exposure risk yang berbeda, alokasi dana yang berbeda, dan indicator yang berbeda pula. jika anda menggunakan strategi yang sama untuk semua kondisi market kemungkinan anda untuk gain secara konsisten sangatlah kecil.

ada saatnya kita buy, ada saatnya kita short, dan ada saatnya pula kita tidak melakukan apa-apa. seorang nelayan yang berpengalaman tidak akan pergi melaut jika ada badai yang besar, jangan menjadi trader compulsive yang berusaha melakukan transaksi setiap hari (dalam kondisi ini yang senang hanyalah broker anda)

trading adalah permainan probabilitas, seorang trader yang benar hanya akan melakukan transaksi jika kemungkinan gain lebih besar daripada loss. jika sebuah transaksi lebih besar kemungkinan lossnya lebih baik kita skip saja, jika pun kita akan membelinya belilah dengan porsi yang lebih sedikit agar risk lebih kecil.

market adalah hal yang sangat menarik untuk dianalisa, jika anda hendak menjadi seorang full time trader, luangkan waktu lebih banyak untuk mempelajari irama market, karena market adalah repetitif - selalu berulang, pada saat anda sudah mampu mengikuti irama market, pada saat itu anda akan menyadari full time trader adalah pekerjaan yang paling mengasyikkan di dunia

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post