Anything is Possible


Siap Menghadapi Ketidakpastian Dalam Bursa Saham

Setiap kali membuat trading plan, kita harus berpegang pada prinsip "ANYTHING IS POSSIBLE" bagaimanapun sempurnanya sinyal yang muncul, kita harus selalu memperhitungkan kemungkinan market bergerak berlawanan dengan hasil analisa kita.

Kebanyakan trader hanya terfokus pada kondisi saat market akan bergerak sesuai dengan prediksi mereka, sibuk menghitung dimana target yang bisa dicapai dll. padahal setiap analisa kita punya peluang yang sama besar untuk benar maupun salah.

kita harus ingat bahwa analisa saham yang kita lakukan, baik itu analisa teknikal maupun analisa fundamental hanyalah untuk membantu memetakan kondisi saat ini berdasarkan data-data di masa lalu. dan semua analisa tersebut tidak akan mampu meramalkan dengan tepat kemana market akan bergerak.

analisa saham hanya akan mampu memberikan kita pandangan secuil tentang kondisi market, jika dianalogikan kita seperti memegang senter di dalam ruangan gelap, cahaya senter memang bisa membantu kita melihat kondisi dalam ruangan, tapi pandangan kita hanya akan sebatas tempat yang disinari cahaya senter saja, sedangkan masih banyak tempat gelap yang tidak disinari.

sehingga sangat naif jika kita merasa telah dapat melihat seluruh isi ruangan hanya berdasarkan cahaya senter saja, demikian juga dalam analisa, sebaik-baiknya hasil analisa kita pasti ada faktor-faktor tertentu yang luput dari perhatian kita, sehingga dalam setiap keputusan beli/jual , kita harus juga mempersiapkan diri dengan kemungkinan market bergerak tidak searah dengan analisa kita.

jika market bergerak sesuai dengan prediksi kita, ikutilah plan yang telah kita tetapkan. namun jika market malah bergerak berlawanan , jangan mempertanyakan sebabnya, segera keluar meskipun indikator yang menjadi dasar keputusan beli kita telah sangat sempurna. karena bisa saja ada faktor lain yang luput dari analisa kita
Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post