jsx_trader Rekomendasi Saham Harian di Bursa Saham Indonesia: July 2015

Dancing With The Bear : Bertahan di Masa Sulit

Seseorang baru resmi disebut trader saham jika dia telah berhasil melewati siklus bull dan bear. di dalam masa bull setiap orang bisa dengan mudah mendapatkan untung, bahkan membeli saham hanya berdasarkan rumor atau feeling saja sudah bisa untung. untuk bertahan selama masa bull anda tidak memerlukan skill apapun, cukup ikut membeli saham yang sedang ramai saja. kemungkinan besar sudah bisa untung.

barulah pada masa bear kemampuan seorang trader diuji. jika kita tidak mempersiapkan diri, biasanya keuntungan yang diperoleh selama masa bull akan habis saat bear. bahkan tidak perlu sampai menunggu bear, saat market hanya koreksi normal saja sudah mampu untuk menghapuskan semua keuntungan yang sudah dikumpulkan.

untuk pemula yang baru mulai trading saat masa bull, mungkin akan mendapatkan kepercayaan diri semu. saat melihat semua saham yang dibeli naik terus, biasanya akan merasa bahwa ternyata main saham itu sangat mudah. dan biasanya secara insting akan terus menerus menambahkan modal trading. biasanya saat baru mulai trading, kita akan mulai dengan modal sedikit dulu , karena kita masih belum yakin apakah bisa untung atau tidak. tapi ternyata main saham sangat mudah sehingga terus-menerus menambahkan modal.

semakin banyak keuntungan yang didapatkan, kita semakin agresif untuk menambah modal. dan pada saat bear / koreksi normal terjadi, kita sama sekali tidak tahu tindakan apa yang harus diambil. dan sebagian besar trader pemula akan memutuskan untuk melakukan average down, karena secara matematis ini akan bisa menurunkan modal rata-rata kita. average down biasanya akan dilakukan terus sampai kita sudah tidak memiliki modal lagi untuk membeli apapun. dan saat market masih turun terus kita hanya bisa menonton sambil mengharapkan setidaknya harga akan naik ke harga modal kita saja, supaya bisa di jual tanpa rugi.



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

sedangkan untuk pemula yang baru mulai trading saat masa bear. mungkin akan kaget kenapa beli saham apa pun malah rugi, setiap hari melihat market hancur. namun sisi positif bagi pemula yang mulai saat bear market adalah loss hanya terbatas sebesar resiko awal yang sudah dipersiapkan, karena tidak sempat menambah modal lagi.

trader yang mulai main saham di masa bear akan langsung bisa melihat kenyataan yang sebenarnya tentang bursa saham. bahwa market tidak lah selalu naik, tapi ada kala nya akan turun dengan sangat tajam. sehingga dia telah memiliki kesiapan mental menghadapi hal yang buruk. jauh lebih baik jika kita loss pada masa awal trading, sehingga kita akan semakin cepat belajar. akan lebih menyakitkan jika loss saat kita sudah berhasil mendapatkan keuntungan yang lumayan banyak, namun semuanya tersapu bersih karena kita tidak siap menghadapinya.

namun, kapan anda mulai trading apakah saat bull atau bear, itu tidak bisa kita ubah. yang bisa kita lakukan hanyalah mempersiapkan diri dan mengambil tindakan yang sesuai dengan kondisi saat ini. karena strategi di masing-masing phase tentunya tidak sama.

yang paling mendasar adalah menentukan saat ini market berada dalam masa apa. ini bisa ditentukan dengan indikator dasar dalam analisa teknikal. baik dengan moving average maupun MACD. dan juga penentuan bull/bear bisa di tentukan dengan mengamati kondisi masing-masing kelompok saham. IHSG tidak bisa menjadi patokan penentu market. karena kadang saat IHSG masih naik, beberapa kelompok saham mulai menunjukkan gejala perlambatan ataupun bahkan mulai turun.

IHSG masih bisa dimanipulasi, jika anda jeli memperhatikan kadang saat IHSG naik, beberapa saham malah turun secara perlahan-lahan. demikian juga sebaliknya. IHSG naik tidak selalu menjamin bahwa saham yang kita pegang akan ikut naik juga.

dan juga IHSG yang sedang downtrend tidak berarti bahwa kita akan sulit mencari untung, selalu ada peluang dalam setiap kondisi market. yang paling penting kita tahu strategi yang tepat.

dalam masa bull kita masih bisa survive saat membeli saham apapun tanpa disiplin pada money management. tapi pada masa bear jika anda tidak bisa disiplin pada money management lebih bagus menonton saja , jangan memaksakan membeli saham.

selama bear sebagian besar saham akan turun bersama-sama. tidak perduli bagaimanapun bagusnya fundamental saham tersebut, pasti akan ikut terseret. jadi jangan menggunakan asumsi future value berdasarkan kondisi fundamental saham.

jika anda tidak memiliki fasilitas short, gaya trading yang cocok selama bear adalah main cepat. kita menggunakan teknik counter-trend. dimana trend selama bear adalah turun, sehingga kita menunggu sampai harga sudah turun terlalu jauh dari harga normalnya dan take profit saat harga kembali ke kisaran normal. penggunaan teknik ini biasanya cuma memberikan keuntungan beberapa poin saja. sehingga penentuan resiko harus selalu diperhatikan dengan seksama, apakah risk yang diambil cukup worthed atau tidak.

dan alokasi pembelian maksimal hanya sebesar 40% dibandingkan selama masa bull. karena selama bear kita lebih sulit untuk gain, sehingga exposure resiko juga harus dikurangi

selama masa bear kita akan memiliki waktu lebih banyak untuk melakukan review terhadap transaksi di masa lalu. jangan karena peluang yang muncul sangat jarang, kita menjadi sangat santai . justru sebaliknya masa bear adalah waktu yang sangat pas untuk melihat dengan lebih jelas kelemahan selama ini. pertajam skill trading kita agar pada saat market sudah mulai pulih, kemampuan kita sudah lebih meningkat dibanding saat siklus bull sebelumnya.

nelayan yang berpengalaman tidak akan memaksakan diri untuk berlayar di tengah badai, dia akan memilih untuk tinggal di pantai memperbaiki perahu atau jaringnya yang robek sambil menunggu cuaca bersahabat kembali

Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Melatih Kedisiplinan Dalam Trading Saham

Indiscipline may not make you bankrupt, but it's gonna make you loss REALLY....REALLY.... BAD...

Hambatan terbesar bagi seorang supaya bisa sukses di bursa saham bukanlah datang dari kondisi market yang tidak mendukung, atau faktor bandar yang memanipulasi harga saham. tapi umumnya datang dari diri kita sendiri.

untuk bisa memahami pergerakan harga tidak terlalu sulit.
untuk bisa menyusun trading system yang hebat , juga tidaklah terlalu sulit.

karena pada dasarnya apa yang terjadi di market hanyalah kondisi yang selalu berulang. bagaimana pola yang terjadi saat ini sudah pernah terjadi di masa lalu. sehingga asalkan seorang trader bisa konsisten menyediakan waktunya untuk mempelajari market. dia akan bisa berhasil mengenali pola-pola tersebut.

hal ini akan sangat membantu dalam penyusunan trading sistemnya, karena setelah berhasil mengelompokkan pola yang biasa terjadi, seorang trader sudah bisa menebak kemungkinan besar kemana market akan bergerak selanjutnya, sehingga dia bisa mengambil posisi yang paling menguntungkan.

namun pada kenyataannya , kadang setelah berhasil menyusun trading sistem yang bagus, belumlah akan memberi jaminan bahwa kita sudah akan bisa untung secara konsisten di bursa saham. karena masih ada 1 faktor penting yang dibutuhkan untuk melengkapinya. yaitu KEDISIPLINAN UNTUK MENJALANKANNYA

Untuk bisa sukses di bursa saham, tidaklah menuntut anda harus memiliki modal yang sangat besar, ataukah tingkat IQ yang sangat tinggi. tapi kita dituntut untuk memiliki tingkat disiplin yang sangat tinggi. 


apa gunanya kita telah berhasil membuat trading sistem yang bagus, yang saat diuji bisa memberikan kita tingkat return yang bagus. namun saat market berjalan kita tidak mengikuti trading plan yang telah dibuat? tapi malah sibuk bertransaksi berdasarkan reaksi kita terhadap kondisi market. saya yakin banyak trader yang terjebak pada kondisi seperti ini. karena saya dulu juga sering melakukannya.

biasanya seorang trader akan menyiapkan trading plan untuk besok. saat market close kita akan bisa dengan tenang melihat saham apa saja yang sudah bisa dibeli, namun saat market mulai running, biasanya semua plan yang sudah disusun dengan seksama tidak diikuti. kita malah mungkin akan terpancing membeli saham di luar watchlist, atau terburu-buru membeli saham di watchlist meskipun sinyalnya belum confirm-karena tidak sabar.

kondisi seperti ini bisa diumpamakan seperti seorang yang sudah belajar silat, sudah belajar semua jurus-jurus maut, namun dalam pertarungan sebenarnya malah bertarung serampangan. jika seperti itu apa gunanya belajar silat?

selain belajar memahami market , yang terpenting belajarlah untuk disiplin menjalankan semua ilmu yang sudah berhasil di dapatkan selama proses belajar kita
Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

History Repeat Itself

gambar di samping saya ambil dari bloomberg. grafik tersebut menunjukkan kemiripan tindakan yang diambil pada saat Dow Jones crash di tahun 1929 dan tindakan yang diambil oleh broker di bursa tiongkok. meskipun kejadian ini berbeda 86 tahun, namun reaksi mereka hampirlah mirip.

pada tahun 1929 setelah koreksi yang cukup dalam, 5 broker top amerika berkumpul dan sepakat mengumpulkan dana untuk menstabilkan market. namun dalam 3 minggu ke depan dow jones ternyata masih turun 34%.

4 juli 2015 lalu , 21 broker top di bursa tiongkok sepakat untuk mengumpulkan dana , demi menstabilkan market. saya tidak tahu bagaimana hasilnya, apakah kali ini hasilnya akan berbeda dengan tahun 1929 atau sama saja.

saya bukanlah mendoakan akan terjadi crash di bursa tiongkok, karena bagaimana pun jika terjadi crash, kita di indonesia akan terkena dampaknya juga. karena setelah crash market membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dibandingkan jika hanya koreksi normal saja.

dalam tulisan kali ini saya hanya hendak membahas tentang sejarah yang selalu berulang dalam market. setiap tindakan para pelaku pasar selalu di dorong oleh fear dan greed. dan ini adalah naluri manusia. sehingga dalam kondisi yang sama biasanya reaksi manusia kurang lebih akan sama pula.

untuk bisa survive di market, seorang trader haruslah bisa mengenali pola berulang di market. pelajarilah bagaimana ciri-ciri pola tersebut, bagaimana gerakan market saat pola tersebut terjadi, tentukanlah strategi apa yang paling tepat digunakan saat itu.

dengan memahami pola yang mungkin timbul, kita sudah 2-3 langkah di depan para trader lain. karena kita telah siap terlebih dahulu.

Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317