Memetik Pelajaran dari Kerugian Saham


Setiap kali melakukan kesalahan, biasanya secara otomatis kita akan cenderung mencari kambing hitam, secara refleks melimpahkan kesalahan kepada pihak lain. contoh sederhana pada saat seorang anak kecil jatuh, demi untuk menhentikan tangisannya, biasanya lantai yang disalahkan, lantainya yang dipukul supaya sang anak diam.

setelah dewasa , kebiasaan mencari kambing hitam ini masih terbawa. termasuk dalam trading saham. saat loss, bukannya berusaha mencari apa penyebabnya, kita malah sibuk menyalahkan orang lain, entah itu karena rupiah yang tiba-tiba anjlok, harga minyak yang naik, tingkat inflasi yang di atas ekspetasi dll.

apalagi jika kita aktif di sosmed, saat telah terlanjur mengumumkan posisi beli yang diambil. pada saat harga ternyata mulai turun, secara tidak sadar kita akan berusaha menjelaskan alasan-alasan mengapa saat ini harga tidak sesuai prediksi kita. semakin canggih penjelasannya akan semakin baik,

Apa itu milis rekomendasi saham jsx_trader? kenali lebih dekat di sini 

padahal penjelasan utamanya adalah sangat sederhana, analisa kita salah. dan ini sudah memberikan sinyal yang sangat jelas untuk segera menutup posisi. segera cut loss. namun biasanya faktor malu untuk mengakui kesalahan. gengsi karena kita sudah memberitahukan semua orang di sosmed. yang menyebabkan kita bertahan menunggu harga rebound.


gengsi / harga diri untuk mengakui kesalahan tidak bisa diterapkan dalam trading saham, karena sebagai seorang trader, kita akan selalu membuat kesalahan. semua keputusan trading memiliki potensi salah, karena trading adalah permainan probabilitas.



dan jangan pernah percaya apa yang dikatakan oleh orang lain di sosmed. karena sosmed hanyalah cenderung menjadi ajang membanggakan diri. saat untung biasanya akan diposting kemana-mana, namun saat loss akan cenderung ditutupi.

chuan dan loss adalah 2 sisi mata koin yang tidak bisa dipisahkan. saat mulai trading saham anda tidak bisa hanya berharap akan selalu gain, dan tidak mau menerima loss.

untuk bisa trading saham secara optimal, yang paling utama adalah kita harus bisa menerima loss sebagai hal yang wajar. kadang loss terasa sangat menyakitkan karena nilainya besar sekali. disinilah pentingnya money management.

pada saat anda sudah menyadari bahwa setiap transaksi memiliki peluang untuk loss. artinya sejak awal kita sudah harus mengatur agar potensi loss yang mungkin timbul masih dalam batas toleransi. belajar menentukan position sizing sangatlah besar manfaatnya dalam trading

2 orang trader yang bersamaan masuk di harga yang sama dan cut loss di harga yang sama, belum tentu menghadapi kondisi yang sama, karena tergantung dari berapa banyak lot yang mereka beli, saya akan membuat artikel khusus tentang position sizing ini

saat menderita loss, bukanlah saat untuk menyalahkan orang lain, namun merupakan kesempatan untuk memperbaiki kesalahan kita.

saat kita sibuk menyalahkan pihak lain, ini hanya membuang energi, dan malah makin merugikan kita, karena kita sudah melewatkan kesempatan untuk belajar

Apa itu milis rekomendasi saham jsx_trader? kenali lebih dekat di sini 

Good Luck
SHARE THIS ARTICLE ON :



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via WA, SMS dan email , untuk info selengkapnya silakan WHATSAPP/ Telegram di 0819-3393-3317 atau email ke milisjsxtrader@yahoo.com analisa saham fundamental, analisa saham teknikal, grup belajar saham, konsultasi saham, profit konsisten, psikologi trading, rekomendasi saham, saham nyangkut, screening saham, Trading yang benar, ulasan saham




Related Post