Menikmati Hasil Keuntungan Trading Saham

Kisah "Tidak Nyata" Seorang Trader Saham di Bursa Saham Indonesia

Pak A adalah seorang trader saham di bursa efek indonesia. beliau sudah malang melintang dalam dunia trading selama belasan tahun.

Tujuan utama Pak A adalah bisa sukses secara finansial lewat trading di bursa saham. sehingga setiap bulan beliau selalu menyisihkan sebagian gajinya untuk menambah modal trading.

Pak A adalah seorang contoh trader saham yang sangat ideal. beliau sangat rajin membaca buku trading, disiplin dalam membuat trading journal agar bisa belajar dari kesalahan di masa lalunya. money management pun selalu dijalankan dengan disiplin.

pada masa awal memang hasil tradingnya belum banyak, namun seiring waktu beliau sudah semakin lincah mengikuti gerakan market, sehingga portofolionya semakin berkembang, keuntungan saham yang didapatkan pun semakin banyak.

bisa dikatakan bahwa saat ini Pak A telah mencapai level yang sangat didambakan oleh para trader. kepercayaan diri beliau juga menjadi sangat tinggi. masa pensiun yang indah sudah terbayang di depan mata. setiap keuntungan yang diperoleh selalu diinvestasikan kembali ke market, ditambah lagi setiap bulan beliau selalu menambah modal trading dari gaji bulanan nya. sehingga tingkat keuntungan trading beliau semakin besar

Apa itu Group Rekomendasi Saham jsx_trader? kenali lebih dekat di sini 

Namun sepandai-pandainya tupai melompat, pastilah akan jatuh juga.

karena over-confidence Pak A membuat sebuah keputusan trading yang cukup fatal, sehingga membuatnya menderita kerugian yang cukup besar. sebenarnya kerugian ini masih bisa dicut. namun karena keyakinan yang berlebihan dan juga ego, sehingga Pak A memilih untuk hold sahamnya, sesuatu yang selama ini selalu dihindarinya.

semakin lama dipegang, sahamnya semakin tenggelam. yang membuat Pak A makin kalap, modal yang tersisa dipakai untuk mengejar saham gorengan yang bisa memberikan keuntungan express demi menutupi loss nya. bisa ditebak, yang terjadi adalah kerugian beruntun yang semakin parah.

semakin berusaha merangkak naik, semakin tenggelam portofolionya. akibatnya keuntungan yang susah payah dikumpulkan selama puluhan tahun, akhirnya habis dalam waktu beberapa bulan saja. yang tersisa hanyalah modal yang tidak seberapa dan kepercayaan diri yang hancur.

cerita di atas hanyalah fiksi , namun telah banyak kejadian serupa yang terjadi dalam lingkungan kita sehari-hari. bagaimana perjuangan seorang pengusaha yang membangun usahanya selama puluhan tahun, dengan harapan bisa mencapai kesuksesan. dalam perjalanan nya, sang pengusaha rela untuk hidup hemat, hanya mengambil sebagian kecil keuntungan nya, demi bisa memperbesar modal untuk makin mengembangkan usahanya. namun sayangnya sebelum sempat menikmati hasilnya, mungkin usahanya mengalami kemunduran, atau kena tipu, sehingga perjuangan selama puluhan tahun hanya sia-sia saja.

dalam kehidupan ini, kita tidak akan mampu memprediksi kejadian di masa akan datang, bagaimana keadaaan 5 tahun ke depan tidak ada yang akan bisa memprediksinya. bahkan kita sama sekali tidak tahu akan seperti apa kejadian 1 menit ke depan.

trading bukanlah tentang hasil akhir, tapi mengenai proses nya.

bagaimana anda menikmati setiap proses pengambilan keputusan, mengawasi saat market bergerak apakah sesuai dengan prediksi kita. menutup transaksi baik untung maupun rugi. dan mengulangi proses nya lagi.

namun mata kita jangan terpaku pada target yang terlalu jauh. selalu ingat untuk menikmati hasil jerih payah kita.

jika anda adalah seorang full time trader, setiap bulan sudah "dipaksa" untuk menikmati hasilnya, karena sebagai seorang full time trader anda tidak memiliki penghasilan lain selain dari bursa saham. sehingga setiap bulan anda harus secara rutin menarik sebagian modal anda untuk biaya hidup sehari-hari.

Apa itu Group Rekomendasi Saham jsx_trader? kenali lebih dekat di sini 

untuk saya pribadi, saya setiap bulan selalu menarik 1% dari total modal untuk biaya hidup sehari-hari. 1% ini adalah "gaji" yang saya dapatkan dari usaha trading. berapapun keuntungan atau kerugian yang didapatkan bulan sebelumnya, saya konsisten hanya menarik 1% dari total modal. ini untuk menjaga kestabilan portofolio dan juga besaran gaji yang didapatkan.

sedangkan untuk rekan-rekan belum menjadikan bursa saham sebagai penghasilan utamanya. dalam hal anda adalah seorang pengusaha ataupun karyawan. mungkin saja selama ini penghasilan utama anda sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan harian, bahkan masih ada kelebihan untuk di investasikan ke bursa saham.  sehingga anda tidak merasa memiliki keharusan untuk menarik "gaji" dari bursa.

saya mendorong mulai saat ini anda konsisten untuk setiap bulan menarik 1% dari total modal, meskipun sebenarnya anda belum membutuhkan dana tersebut. salah satu faktornya adalah untuk membantu memicu anda agar lebih giat mencari peluang. karena dengan menarik 1% setiap bulan nya, jika dalam setahun anda tidak melakukan apapun , modal anda telah berkurang 12%.

trader yang memulai setiap bulan nya dengan portofolio sudah minus 1% akan terpacu untuk setidaknya terlebih dahulu menutup defisitnya. ini akan mendorong anda untuk lebih rajin belajar dan lebih serius menganggap bisnis trading saham.

sekarang bagaimana untuk trader pemula yang (mohon maaf) belum memiliki trading sistem yang benar? setiap bulan masih rugi selalu? yang pemilihan timing beli dan jual saham nya masih kacau balau?

saya tetap menyarankan para trader pemula ini untuk juga konsisten setiap bulan menarik 1% dari total modalnya . alasan nya sangat sederhana. sebagai seorang trader pemula, kemungkinan anda untuk rugi adalah sangat besar. dengan rutin setiap bulan menarik 1% dari modal, artinya setiap bulan anda telah melindungi 1% dari modal anda.

masalah bagaimana anda menggunakan uang hasil penarikan, itu sepenuhnya tergantung anda, yang pasti jangan di masukkan lagi ke market. gunakan untuk membeli hal-hal yang anda sukai, atau gunakan untuk liburan.

dengan cara seperti ini, setiap bulan anda akan dapat merasakan hasil dari jerih payah trading . meskipun jumlahnya belum seberapa. tapi secara tidak sadar anda akan merasakan hasil dari kerja keras seperti ini, dan akan mendorong agar bulan depan "gaji" yang didapatkan bisa lebih besar lagi

Good Luck

SHARE THIS ARTICLE ON :



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via WA, SMS dan email , untuk info selengkapnya silakan WHATSAPP/ Telegram di 0819-3393-3317 atau email ke milisjsxtrader@yahoo.com analisa saham fundamental, analisa saham teknikal, grup belajar saham, konsultasi saham, profit konsisten, psikologi trading, rekomendasi saham, saham nyangkut, screening saham, Trading yang benar, ulasan saham








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post