Melatih Kedisiplinan Dalam Trading Saham

Indiscipline may not make you bankrupt, but it's gonna make you loss REALLY....REALLY.... BAD...

Hambatan terbesar bagi seorang supaya bisa sukses di bursa saham bukanlah datang dari kondisi market yang tidak mendukung, atau faktor bandar yang memanipulasi harga saham. tapi umumnya datang dari diri kita sendiri.

untuk bisa memahami pergerakan harga tidak terlalu sulit.
untuk bisa menyusun trading system yang hebat , juga tidaklah terlalu sulit.

karena pada dasarnya apa yang terjadi di market hanyalah kondisi yang selalu berulang. bagaimana pola yang terjadi saat ini sudah pernah terjadi di masa lalu. sehingga asalkan seorang trader bisa konsisten menyediakan waktunya untuk mempelajari market. dia akan bisa berhasil mengenali pola-pola tersebut.

hal ini akan sangat membantu dalam penyusunan trading sistemnya, karena setelah berhasil mengelompokkan pola yang biasa terjadi, seorang trader sudah bisa menebak kemungkinan besar kemana market akan bergerak selanjutnya, sehingga dia bisa mengambil posisi yang paling menguntungkan.

namun pada kenyataannya , kadang setelah berhasil menyusun trading sistem yang bagus, belumlah akan memberi jaminan bahwa kita sudah akan bisa untung secara konsisten di bursa saham. karena masih ada 1 faktor penting yang dibutuhkan untuk melengkapinya. yaitu KEDISIPLINAN UNTUK MENJALANKANNYA

Untuk bisa sukses di bursa saham, tidaklah menuntut anda harus memiliki modal yang sangat besar, ataukah tingkat IQ yang sangat tinggi. tapi kita dituntut untuk memiliki tingkat disiplin yang sangat tinggi. 


apa gunanya kita telah berhasil membuat trading sistem yang bagus, yang saat diuji bisa memberikan kita tingkat return yang bagus. namun saat market berjalan kita tidak mengikuti trading plan yang telah dibuat? tapi malah sibuk bertransaksi berdasarkan reaksi kita terhadap kondisi market. saya yakin banyak trader yang terjebak pada kondisi seperti ini. karena saya dulu juga sering melakukannya.

biasanya seorang trader akan menyiapkan trading plan untuk besok. saat market close kita akan bisa dengan tenang melihat saham apa saja yang sudah bisa dibeli, namun saat market mulai running, biasanya semua plan yang sudah disusun dengan seksama tidak diikuti. kita malah mungkin akan terpancing membeli saham di luar watchlist, atau terburu-buru membeli saham di watchlist meskipun sinyalnya belum confirm-karena tidak sabar.

kondisi seperti ini bisa diumpamakan seperti seorang yang sudah belajar silat, sudah belajar semua jurus-jurus maut, namun dalam pertarungan sebenarnya malah bertarung serampangan. jika seperti itu apa gunanya belajar silat?

selain belajar memahami market , yang terpenting belajarlah untuk disiplin menjalankan semua ilmu yang sudah berhasil di dapatkan selama proses belajar kita
Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post