jsx_trader Rekomendasi Saham Harian di Bursa Saham Indonesia: November 2014

Big Stock 8 : Membeli Saham dengan Performance Terbaik

Mencari saham yang akan naik itu BIASA...
Mencari saham yang naik kencang itu BAGUS...
Menyusun Portofolio yang terdiri dari saham yang naik paling kencang itu baru LUAR BIASA ...

Pada saat kita baru mulai terjun bermain saham, kita mungkin masih bingung bagaimana memilih saham yang akan naik, sehingga kita harus belajar teknik analisa saham. kita harus belajar mengenali pola chart, makin lama, kemampuan kita akan makin terasah. sehingga kita akan lebih mudah untuk mengenali pola saham yang akan naik.


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

namun kita jangan berhenti sampai disini saja, setelah anda mampu mengenali sinyal awal saham yang akan naik. selanjutnya kita harus belajar melihat market secara keseluruhan, kita belajar untuk mengenali pola saham yang naiknya paling kencang.

jika bursa saham sedang bagus, saham-saham cenderung akan ikut naik, tapi ada saham yang naiknya cuma 1-2 poin saja dalam sehari, dan ada saham yang naiknya 4-5% dalam sehari. jelas lebih menguntungkan jika kita membeli saham yang naiknya 4-5% dalam sehari

tapi itu belum selesai, kita bukan hanya berusaha mencari 1-2 jenis saham saja. karena jika kita membeli 6 saham, dan yang naik kencang hanya 1-2 saja, secara kumulatif portofolio kita tidak akan naik terlalu banyak. kita harus belajar untuk mengatur komposisi portofolio agar sebagian besar saham yang kita hold adalah yang  naiknya paling kencang

Sebagai seorang trader saham, fokus utama kita adalah bagaimana bisa untung sebanyak-banyaknya dalam tempo sesingkat-singkatnya. dengan tujuan seperti ini, otomatis kita harus membeli saham-saham yang naiknya paling kencang,

saya biasanya hold maksimal 8 jenis saham untuk memudahkan fokus, dan jika market sangat bullish, biasanya saya beri toleransi hold +2, jadi 10 jenis saham. pada saat menganalisa market, saya selalu berusaha menyusun portofolio yang terdiri dari 8 jenis saham yang naiknya paling kencang dalam kondisi market saat ini. saham juga punya siklus, tidak selamanya mereka akan selalu naik kencang, sehingga elite team saya bagi menjadi 2, dan cenderung 2 kelompok ini selalu bergantian dalam tingkat kecepatan swingnya.

di antara ke-8 saham tersebut pun, masing-masing berbeda tingkat swingnya, saya selalu berusaha agar saham yang % kenaikannya paling besar mendapat porsi alokasi pembelian yang lebih besar. market biasanya berubah dengan cepat, sehingga sebelum open saya selalu menentukan 2 saham yang performancenya paling jelek, untuk siap-siap di switch dengan saham lain yang lebih bagus.

teknik switching juga harus dikuasai seorang trader, kita harus belajar melihat kondisi market, menentukan kapan saatnya saham sudah harus diganti dengan saham lain, berapa banyak, dan menentukan kondisi seperti apa kita harus buy back, karena main saham adalah permainan probabilitas. kita sama sekali tidak akan tahu secara pasti market akan bergerak kemana, sehingga bisa saja saham yang kita jual naiknya lebih kencang dibanding saham yang kita beli.

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Fleksibel Terhadap Perubahan Arah Market Saham

Setiap kali suatu saham tiba-tiba bergerak diluar kewajaran, umumnya reaksi yang pertama muncul adalah " Ada Berita Apa?" ini menandakan bahwa secara bawah sadar , umumnya trader menganggap bahwa setiap gerakan saham merupakan akibat dari sebuah berita yang keluar. terbentuknya opini seperti ini tidak terlepas dari berita-berita ekonomi yang ada di koran atau internet

Setiap kali membaca artikel tentang emiten, selalu saja ada penjelasan mengenai apa penyebab gerakan harganya, entah karena pasar mengantisipasi laporan keuangan yang bagus, menyambut positif arah kebijakan manajemen, pasar bergairah terhadap arah kebijakan pemerintah yang baru, pasar bereaksi negatif terhadap fluktuasi harga komoditas dll.

Sekarang mari kita pikirkan secara logis, apakah memang perubahan harga tersebut terjadi karena memang di dorong oleh faktor seperti itu? ataukah hanya dicocok-cocokkan saja? pada dasarnya ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi perubahan harga, semakin likuid sebuah saham , semakin banyak orang yang bertransaksi di saham tersebut, ini menandakan bahwa akan semakin komplex faktor penyebab perubahan harganya karena masing-masing pihak yang bertransaksi tentunya mempunyai dasar pengambilan keputusan.


Agak sulit untuk menentukan apa yang menjadi penyebab , jika faktor penyebabnya sendiri merupakan akibat juga. contoh sederhana misalkan seorang trader memutuskan untuk membeli saham ABC di 5100 karena telah break resist, sedangkan harga ini naik dari 5000 ke 5100 karena ada trader yang menghitung bahwa fair value saham itu adalah 7000 dan mungkin juga karena ada buy back dari trader yang sudah menjual di 4800 misalnya.

kondisi seperti ini dijelaskan oleh George Soros dalam bukunya The Alchemy of Finance, reflexivity theory. Keputusan trading yang kita ambil berdasarkan akibat dari keputusan trading orang lain. dan keputusan trading kita juga akan menjadi dasar dari keputusan pihak lain yang melihat perubahan harga akibat transaksi kita.

Untuk bisa untung secara konsisten di bursa saham, kita harus selalu punya pandangan yang terbuka, bereaksi pada setiap perubahan yang terjadi di market, tidak usah bersusah payah untuk mencari apa penyebab dari perubahan harga tsb karena kita bukan seorang pengamat, dan juga jangan berusaha meramalkan akan kemana harga bergerak karena kita bukanlah seorang peramal.

berusaha untuk meramalkan arah market akan membuat kita secara tidak sadar sudah membuat target terhadap saham tersebut. apalagi jika kita menyebarkannya ke sosial media. pada saat ini sudah ego yang berbicara, karena kita masih manusia biasa yang punya ego. tentunya kita malu jika ternyata ramalan yang kita berikan salah. pada saat market bergerak berlawanan dengan ramalan kita, mungkin kita malah berkonstrasi mencari faktor yang mendukung ramalan kita. sehingga pada akhirnya malah kita melewatkan kenyataan bahwa sebenarnya analisa kita telah salah.

Good Luck




Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Early Warning : Memprediksi Perubahan Arah Trend Saham

Konon hewan memiliki insting yang kuat terhadap bencana, ada banyak kejadian dimana hewan bertingkah aneh sebelum terjadinya bencana, seperti saat terjadi bencana tsunami 2004, di thailand sekawanan gajah memberontak sampai terlepas dari ikatannya dan lari ke dataran yang lebih tinggi, juga terlihat ribuan burung yang terbang meninggalkan sarangnya di pesisir pantai sebelum tsunami menyerang.

Prilaku aneh para hewan ini bisa membantu manusia untuk meningkatkan kewaspadaan, karena pada saat alat elektronik pendeteksi bencana buatan manusia belum menunjukkan tanda bahaya, hewan sudah memberikan pertanda

hal seperti ini juga kadang terjadi di bursa saham. kadang sebelum indikator saham memberikan sinyal reversal, ada beberapa pertanda dari gerakan saham yang bisa memberikan kita tanda bahaya tentang kesehatan arah trend itu sendiri.

menganalisa saham bukan semata-mata memperhatikan kondisi individual saham, bukan semata-mata menentukan tingkat support-resist, ataukah hanya mencari pattern candlestick yang sekarang lagi terbentuk, kita juga harus memperhatikan kondisi market secara keseluruhan, karena market cenderung untuk bergerak bersamaan.

bursa saham bisa diibaratkan seperti lautan, dan saham-saham bisa diibaratkan seperti kapal yang ada di lautan, bagaimana kondisi laut akan berpengaruh terhadap gerakan kapal di dalamnya. ada kapal besar yang mampu bertahan meski ombak sangat besar, ada juga kapal kecil yang sangat mudah dipermainkan ombak, sehingga saat kita hendak memilih naik kapal yang mana, kita terlebih dahulu harus mengenal kondisi lautnya.

Namun perlu diingat, menganalisa IHSG TIDAK SAMA dengan menganalisa kondisi market secara keseluruhan. memang IHSG adalah index yang merupakan kumpulan dari keseluruhan saham yang listing di bursa, tapi IHSG yang naik belum tentu menandakan kondisi market secara keseluruhan lagi bagus. IHSG bisa dimanipulasi. beberapa kali kejadian saat IHSG masih naik, secara keseluruhan saham-saham mulai memberikan sinyal untuk exit.

salah satu early warning yang saya gunakan adalah, pada saat IHSG dalam keadaan uptrend, namun dalam 3 hari berturut-turut tidak ada sinyal entry baru yang tercipta, ini menandakan sudah harus waspada, karena biasanya reversal sudah dekat.

untuk bisa survive di market, kita harus bisa membaca apa yang sebenarnya sedang terjadi di market, kembangkanlah early warning anda sendiri

Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317