Fleksibel Terhadap Perubahan Arah Market Saham

Setiap kali suatu saham tiba-tiba bergerak diluar kewajaran, umumnya reaksi yang pertama muncul adalah " Ada Berita Apa?" ini menandakan bahwa secara bawah sadar , umumnya trader menganggap bahwa setiap gerakan saham merupakan akibat dari sebuah berita yang keluar. terbentuknya opini seperti ini tidak terlepas dari berita-berita ekonomi yang ada di koran atau internet

Setiap kali membaca artikel tentang emiten, selalu saja ada penjelasan mengenai apa penyebab gerakan harganya, entah karena pasar mengantisipasi laporan keuangan yang bagus, menyambut positif arah kebijakan manajemen, pasar bergairah terhadap arah kebijakan pemerintah yang baru, pasar bereaksi negatif terhadap fluktuasi harga komoditas dll.

Sekarang mari kita pikirkan secara logis, apakah memang perubahan harga tersebut terjadi karena memang di dorong oleh faktor seperti itu? ataukah hanya dicocok-cocokkan saja? pada dasarnya ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi perubahan harga, semakin likuid sebuah saham , semakin banyak orang yang bertransaksi di saham tersebut, ini menandakan bahwa akan semakin komplex faktor penyebab perubahan harganya karena masing-masing pihak yang bertransaksi tentunya mempunyai dasar pengambilan keputusan.


Agak sulit untuk menentukan apa yang menjadi penyebab , jika faktor penyebabnya sendiri merupakan akibat juga. contoh sederhana misalkan seorang trader memutuskan untuk membeli saham ABC di 5100 karena telah break resist, sedangkan harga ini naik dari 5000 ke 5100 karena ada trader yang menghitung bahwa fair value saham itu adalah 7000 dan mungkin juga karena ada buy back dari trader yang sudah menjual di 4800 misalnya.

kondisi seperti ini dijelaskan oleh George Soros dalam bukunya The Alchemy of Finance, reflexivity theory. Keputusan trading yang kita ambil berdasarkan akibat dari keputusan trading orang lain. dan keputusan trading kita juga akan menjadi dasar dari keputusan pihak lain yang melihat perubahan harga akibat transaksi kita.

Untuk bisa untung secara konsisten di bursa saham, kita harus selalu punya pandangan yang terbuka, bereaksi pada setiap perubahan yang terjadi di market, tidak usah bersusah payah untuk mencari apa penyebab dari perubahan harga tsb karena kita bukan seorang pengamat, dan juga jangan berusaha meramalkan akan kemana harga bergerak karena kita bukanlah seorang peramal.

berusaha untuk meramalkan arah market akan membuat kita secara tidak sadar sudah membuat target terhadap saham tersebut. apalagi jika kita menyebarkannya ke sosial media. pada saat ini sudah ego yang berbicara, karena kita masih manusia biasa yang punya ego. tentunya kita malu jika ternyata ramalan yang kita berikan salah. pada saat market bergerak berlawanan dengan ramalan kita, mungkin kita malah berkonstrasi mencari faktor yang mendukung ramalan kita. sehingga pada akhirnya malah kita melewatkan kenyataan bahwa sebenarnya analisa kita telah salah.

Good Luck




Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post