Membaca Angin


: Mengenali Arah Trend Saham untuk Keuntungan Optimal


Mampu menentukan kapan harus beli dan kapan harus jual merupakan skill yang harus dikuasai seorang trader. Namun kemampuan untuk membaca arah market secara keseluruhan adalah mutlak dikuasai. Bermain saham bisa diumpamakan seperti nelayan yang pergi melaut. meskipun tahu di mana daerah yang banyak ikan nya, seorang nelayan harus mengetahui kapan waktu yang aman untuk melaut. pada saat ombak besar, tentu terlalu beresiko untuk memaksakan pergi melaut.

Harga saham cenderung untuk bergerak secara bersamaan, secara keseluruhan akan naik sama-sama atau turun sama-sama. ini umumnya disebut masa bull atau bear. kemudian di antara sektor yang sama akan cenderung juga bergerak bersamaan. dan ada juga saham lintas sektor yang selalu bergerak bersamaan. kemudian ada juga kelompok saham yang selalu bergerak berlawanan arah dengan kelompok saham lainnya.

Sebagai seorang trader, yang paling utama adalah kita harus mampu mengidentifikasi terlebih dahulu kemana arah trend market keseluruhan saat ini, kemudian kita meneliti arah trend masing-masing sektor untuk mencari yang terkuat. dan juga memperhatikan kelompok elite team yang sudah kita susun. setelah kita berhasil menentukannya barulah kita meneliti chart individual masing-masing saham untuk mencari titik entry dan exit

Dengan mengetahui arah market, kita tidak akan terjebak membeli saham pada saat lagi bear. mungkin saja berdasarkan chart individual, sebuah saham sudah menyentuh support, namun jika kondisi market saat ini sedang bearish, ataukah arah dari sektor saham itu kurang bagus, lebih bijaksana jika kita membeli sedikit saja atau tidak usah sama sekali.

sesuaikan strategi kita dengan kondisi market saat ini. jangan memaksakan beli jika kondisi market kurang bagus. pada saat bull konsentrasi kita adalah bagaimana bisa gain sebanyak-banyaknya. namun saat bear fokus utama kita adalah bertahan hidup. berusaha menjaga agar modal kita tidak berkurang banyak, sehingga saat market kembali bull, kita masih memiliki amunisi yang cukup banyak.

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post