jsx_trader Rekomendasi Saham Harian di Bursa Saham Indonesia: October 2014

Mengenal 2 Jenis Loss dalam Bermain Saham

Pada Dasarnya loss yang kita alami saat bermain saham bisa dibedakan menjadi 2, yaitu:
1. Kerugian yang normal
2. Kerugian yang bisa dihindari

Kerugian normal adalah kerugian yang memang tidak bisa dihindari karena ini adalah resiko dari analisa. kerugian ini timbul dari transaksi saham yang wajar. artinya pada saat kita memutuskan untuk membeli saham tersebut, semua kriteria dalam trading sistem kita sudah terpenuhi.

sistem kita sudah memberikan sinyal untuk masuk, semua aspek yang menjadi pra-syarat untuk kita membuka posisi sudah terpenuhi, position sizing juga sudah kita jalankan dengan benar. money management sudah kita ikuti. namun setelah kita membeli saham, ternyata chartnya berbalik arah, ini artinya analisa kita salah. sehingga kita terpaksa cut loss di CL poin yang telah kita tentukan sebelumnya.

rugi seperti ini adalah hal yang tidak bisa dihindari, sebagus apapun trading sistem kita pasti sesekali akan memberikan sinyal yang salah. tidak ada yang perlu kita sesali, jika memang sudah menyentuh CL poin atau asumsi awal kita sudah tidak valid lagi, segeralah menutup posisi. terima loss tersebut, review kembali trading sistem kita. selama trading sistem kita masih sinkron dengan market, tidak ada yang perlu diubah, loss seperti ini adalah cost dari bisnis kita


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Tapi ada loss yang timbul karena kita tidak mengikuti trading sistem, memang kita sudah membuat planning akan melakukan action di harga berapa, apa saja kondisi market yang akan menjadi pemicu kita membuka posisi. namun saat market bergerak, kita bergerak menyimpang dari planning awal . transaksi dilakukan karena faktor emosi atau mendengar tips dari orang lain.

Memang kita bisa saja tetap untung dari transaksi seperti ini, tapi kondisi seperti ini artinya kita sepenuhnya tergantung pada luck, apa gunanya kita memiliki trading sistem jika tidak di ikuti? dan umumnya transaksi yang dilakukan hanya karena faktor emosional cenderung akan berakhir dengan loss.

Tujuan utama seorang trader adalah bisa untung secara konsisten di bursa saham, sehingga kita bersusah payah untuk merancang trading sistem yang paling sesuai dengan personality kita agar dapat bergerak mengikuti irama market. kita berusaha membuat seperangkat aturan yang akan membimbing kita untuk mengambil action yang tepat, karena bursa saham selalu berulang, kita bertransaksi dengan mengikuti pola yang sudah pernah terjadi

coba review kembali histori transaksi anda, perhatikan apakah selama ini loss yang terjadi , berapa % yang merupakan loss normal dan berapa % loss yang timbul karena tidak mengikuti trading sistem?

jika sebagian besar loss yang timbul karena kita telah mengikuti trading sistem, artinya sistem kita belum lah terlalu bagus, sistemnya belum bisa mengikuti sebagian besar irama market

tapi jika ternyata sebagian besar loss yang kita derita karena kita tidak mengikuti trading sistem yang ada, ini merupakan kelemahan yang harus segera diperbaiki. artinya kita memiliki disiplin yang rendah, kita sering menyimpang dari planning yang sudah ditetapkan.

Mengenali Kelemahan adalah awal dari Kesuksesan

Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Let's Get Rich : Mencari Uang lewat Trading Saham

Trading is fun.
if you are not enjoying it.
you are not doing it right.

sebuah pekerjaan bagaimanapun beratnya jika dikerjakan dengan enjoy pasti akan mudah diselesaikan, saat kita memandang sebuah pekerjaan adalah kesempatan untuk meningkatkan kemampuan diri kita, memandangnya sebagai sebuah tantangan dan bukan sebagai sebuah beban. pada saat itu kita akan sangat menikmati setiap prosesnya.

Sama halnya dengan trading saham, bagaimanakah selama ini anda memandangnya?

jika kita memandang trading sebagai jalan untuk mencari uang, sebagai sarana untuk mendapatkan tambahan penghasilan, itu adalah hal yang sangat bagus, karena kita akan memiliki semangat untuk menjalaninya. tapi apakah hal ini cukup untuk mendorong kita?

pada saat market sedang jelek, saat modal kita tidak berkembang atau malahan tergerus, saat setiap transaksi kita malah berakhir dengan loss, saat market sepertinya  sengaja mempermainkan kita, selalu bergerak berlawanan dengan prediksi kita, mampu kah kita bertahan?

ada banyak sekali cara mencari uang di dunia, tidak bermain saham pun, kita masih bisa mencari uang di tempat lain. untuk menjadi kaya ada banyak sekali peluang di luar bursa saham. daripada pusing memikirkan saham yang nyangkut, bukankah lebih bagus menjalankan bisnis konvensional saja?

memang ada kelebihan trading saham dibanding bisnis lain, namun mencari uang di bursa saham jauh lebih sulit dibanding bisnis lain,. sehingga banyak sekali orang yang setelah mencoba main saham kemudian memutuskan untuk berhenti dan fokus di bisnis lain saja. namun ada beberapa orang yang tetap bertahan meskipun belum bisa mendapatkan gain secara konsisten.

ini bisa karena mereka cukup kepala batu, atau juga mereka sudah mulai bisa menikmati proses trading. saya tidak berbicara tentang gain dari trading. tapi menikmati proses mulai dari menganalisa, melakukan seleksi dari saham-saham yang hendak dibeli, bagaimana mengatur komposisi portofolio, bagaimana memberikan motivasi kepada diri sendiri saat menghadapi loss, bagaimana proses merancang indikator, menemukan trading sistem yang paling sesuai dengan personality kita.

trading saham tidak selamanya berhubungan dengan uang, jika kita terlalu terfokus pada bagaimana caranya bisa kaya dengan secepat mungkin, pada saat market sedang jelek kita akan merasa sangat tertekan. bagaimana kita bisa enjoy pada saat kita sedang loss?

tapi jika kita fokus pada bagaimana caranya kita bisa meningkatkan kemampuan trading, menikmati proses screening saham, melihat setiap momen sebagai kesempatan untuk semakin mahir dalam trading, bahkan saat sedang loss pun kita bisa sangat menikmatinya, karena kita mengetahui 1 lagi kelemahan sistem kita.

jika anda bertekad untuk sukses di bursa saham, nikmatilah semua prosesnya, lakukan yang terbaik

Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Less is More : Mencapai Keuntungan Saham Optimal

Pernahkah anda membaca teori ekonomi " Law of Diminishing Return"? A concept in economics that if one factor of production (number of workers, for example) is increased while other factors (machines and workspace, for example) are held constant, the output per unit of the variable factor will eventually diminish.

Intinya adalah tidak selamanya jika kita semakin giat berusaha akan mendapatkan hasil lebih banyak. memang pada awalnya semakin besar input/usaha yang kita berikan, hasil yang diterima akan semakin besar. namun akan ada satu titik dimana pada saat kita semakin menambah usaha kita, hasilnya bukan semakin bertambah malahan makin berkurang. sehingga pada saat mencapai titik tersebut kita sebaiknya mempertahankan input untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Hal demikian juga berlaku dalam trading saham. tidak selamanya the more is better. contoh sederhana, pada saat mulai belajar saham, saya berusaha mempelajari indikator saham sebanyak mungkin, dan berusaha menganalisa dengan menggunakan sebanyak mungkin indikator, dengan asumsi semakin banyak indikator saham yang digunakan , pastinya hasil analisa saham akan semakin bagus. tapi yang terjadi malahan semakin bingung melihat chart, tidak kelihatan yang mana chart harga dan yang mana garis indikator, terlalu ramai. sehingga seiring waktu indikator yang saya gunakan semakin simpel. saat ini saya hanya menggunakan 2 indikator standar dan 1 indikator ciptaan sendiri.


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Law of Diminishing Return paling pas di jelaskan pada saat average up. Pada saat harga saham bergerak naik , seorang trader biasanya melakukan average up / pyramiding - yaitu menambah beli saham di harga yang lebih tinggi tapi dengan jumlah yang lebih kecil. tujuannya adalah untuk semakin memperbesar keuntungan  saat prediksi kita benar.

Namun melakukan average up harus juga memiliki hitungan yang cermat. jangan sampai setelah menjual saham , ternyata keuntungan yang kita dapatkan malah lebih kecil daripada seandainya kita tidak melakukan average up sama sekali.

Hal ini karena average up seperti pisau bermata dua. pada saat harga saham naik terus tentunya  keuntungan kita akan semakin banyak. namun jadinya resiko kita akan semakin besar juga. karena pergerakan portofolio untuk tiap perubahan 1 fraksi harga akan semakin besar. katakanlah sebelum avg up setiap kali harga bergerak 1 poin , portofolio kita akan berubah 1 juta. namun setelah avg up setiap pergerakan 1 poin, portofolio kita akan berubah 1.3 juta. pada saat kita melakukan avg up yang kedua kali, mungkin perubahan 1 poin akan menyebabkan pergerakan portofolio 1.4 juta.

sehingga dalam setiap avg up, kita harus selalu memperhatikan faktor tersebut dan berhenti melakukan avg up saat potensi keuntungan yang bisa diperoleh malah akan menurun seandainya kita melakukan avg up lagi.

Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Position Sizing


: Mengendalikan Resiko Dalam Bermain Saham


Di dalam main saham, seberapa besar perubahan modal kita BUKAN ditentukan oleh TINGKAT AKURASI ANALISA kita, tapi di tentukan oleh BERAPA BESAR PEMBELIAN kita

misalkan ada 2 trader yang kebetulan menyimpulkan hasil analisa yang sama, beli di harga 5000 jual di harga 5400, belum tentu perubahan modal mereka akan sama, jika trader A memutuskan untuk menggunakan 20% dana nya, sedangkan trader B memakai 50% dananya.

kadang sebagai trader baru kita cuma fokus pada bagaimana caranya melakukan analisa yang jitu, padahal analisa saham cuma salah satu faktor penentu , masih ada faktor lain yang harus kita perhatikan juga yaitu psikologi dan money management

penentuan alokasi pembelian atau biasa disebut position sizing termasuk dalam lingkup money management, bagaimana kita mengatur komposisi pembelian kita agar bisa memberikan hasil yang paling optimal, bagaimana agar saat analisa kita benar kita bisa gain sebanyak-banyaknya dan saat analisa salah kita akan loss seminimal mungkin


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

main saham juga perlu memperhatikan keadaan market, kita harus tahu kapan kita menyerang dengan BATU KERIKIL dan kapan kita menyerang dengan MERIAM / FULL ATTACK , kapan kita harus sembunyi/tidak melakukan transaksi apapun, kapan kita melakukan perang gerilya cuma menyerang sekali-kali, dan kapan kita menyerang dengan gagah berani seperti rambo.

seorang trader saham yang baik harus mengembangkan kemampuan untuk mendeteksi kondisi market dan kemudian menentukan bagaimana alokasi pembeliannya. hal ini lah yang dulu menginspirasi saya untuk mengembangkan DYNAMIC RISK karena jika hanya berdasarkan feeling saja, penentuan kondisi market akan sangat subjektif, sehingga saya membuat list yang menimbang semua komponen yang menjadi dasar pengambilan keputusan, jadi masing-masing saham akan memiliki tingkat resiko yang berbeda yang akan menentukan berapa besar sebaiknya kita beli, kemudian satu saham pun akan berbeda tingkat resikonya jika dibandingkan antara hari ini dan bulan lalu, karena kondisi market yang selalu berubah, untuk penjelasan lebih detail mengenai DR silakan baca di Penjelasan Dynamic Risk (DR)

pada saat market lagi jelek belanja lah lebih sedikit, dan saat market lagi bagus kita bisa belanja lebih banyak

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317