Trade Like a Pro


Mengenal karakteristik Pemain Saham Profesional 

Trading saham secara profesional bukan berarti bahwa kita akan selalu gain, bukan berarti bahwa semua prediksi kita akan benar. itu hal pertama yang harus kita yakini sebelum membahas tentang konsep profesional dalam trading saham. sama halnya seperti seorang pemain sepakbola pro yang juga bisa saja gagal dalam mengeksekusi penalti.

saya coba menguraikan beberapa perbedaaan pemain saham profesional dan amatir :

1. Trader Profesional memiliki Trading Plan
sebelum market open, seorang trader pro sudah memiliki list action yang akan dia ambil dalam sesi trading hari ini. list action ini dibuat berdasarkan analisa terhadap market saat market close. list ini meliputi saham apa yang akan dibeli, beli di berapa, CL poin di berapa, beli berapa lot, kondisi seperti apa yang menjadi patokan agar rencana bisa di jalankan, sehingga selama jam trading dia hanya menunggu terciptanya kondisi tersebut.

sedangkan trader awam umumnya tidak mau repot membuat planning, jadi keputusan beli/jual dibuat secara instan pada saat terjadi perubahan di market, ada juga tipe trader semi-profesional , yang melakukan analisa saat market close, tapi hanya mencatat saham apa yang di incar besok, tanpa menuliskan detail lebih jauh lagi, sehingga saat sinyal konfirm baru buru-buru menghitung berapa lot yang hendak dibeli dl.

Apa itu milis rekomendasi saham jsx_trader? kenali lebih dekat di sini 

seorang trader sahama profesional selalu disiplin mengikuti rencana trading yang telah dibuat, sedangkan trader awam karena plan nya tidak jelas sehingga tidak punya patokan action, akibatnya keputusan tradingnya sepenuhnya tergantung pada kondisi market dan keadaan psikologi nya saat itu

2. Trader Profesional Selalu Membuat Catatan Atas Keputusan Transaksinya.
setelah transaksi done, seorang pro selalu menyimpan kondisi chart yang menjadi patokan dalam mengambil keputusan beli/jual. ini sangat berguna untuk mereview keputusan tradingnya, mencari di mana kelemahan dari sistem trading nya. metode jurnal seperti ini sangat sederhana, pencatatannya mungkin tidak sampai 5 menit, karena kita tinggal capture screen dan menuliskan kondisi saat keputusan itu dibuat, tapi manfaatnya besar sekali

seorang trader awam jarang melakukan pencatatan , biasa karena dianggap merepotkan, dan biasa juga karena keputusan yang diambil merupakan spontanitas saja, sehingga kalaupun hendak membuat jurnal , sama sekali tidak ada patokan logis yang menjadi bahan jurnal.

3. Trade Profesional Tetap Cool Menghadapi Loss
Loss adalah hal yang wajar sekali dalam trading, gain dan loss bisa diibaratkan seperti 2 sisi mata uang, di dalam main saham kita tidak bisa hanya mengharapkan gain saja dan sama sekali menolak loss. yang menjadi pembeda adalah trader profesional tetap tenang menghadapinya, alasan utamanya karena dalam setiap transaksi , seorang trader profesional sudah terlebih dahulu menghitung resikonya, selalu mengendalikan resiko sampai batas toleransi yang bisa diterima, sehingga pada saat terpaksa cut loss tidak akan memberikan efek psikologis yang luar biasa.

Risk Management selalu menjadi perhatian trader profesional , meskipun sebuah transaksi memberikan sinyal yang sangat bagus , trader profesional tetap akan melakukan pembelian dengan perlakuan yang sama seperti sinyal yang lain, karena sinyal yang bagus pun tidak selamanya akan memberikan gain. pada saat seorang trader over-confident terhadap sinyal entri tertentu , dan mengambil resiko jauh lebih besar, ini sangat berbahaya sekali. karena pada saat market tidak bergerak sesuai dengan prediksi kita, biasanya rugi yang di derita akan jauh lebih banyak

4. Trader Profesional Tahu Kapan Harus Pause Trading
sebagus-bagusnya trading sistem kita, kadang ada masa dimana kita tidak bisa konek dengan market, semua keputusan beli kita salah, sehingga kita menderita losing streak (rugi bertubi-tubi). seorang trader profesional sudah menyadari kemungkinan hal tersebut. pada saat beberapa transaksi terakhir kurang bagus, seorang trader profesional akan mulai mengurangi bobot pembeliannya. semakin sering loss bobot pembelian akan semakin diperkecil. karena loss cenderung akan menarik loss berikutnya sehingga kita harus membentengi diri kita.

setiap bulan seorang trader profesional selalu mengalokasikan "JATAH LOSS". total exposure risk dari trade yang open tidak bisa melebihi jatah tersebut. pada saat loss bulan berjalan sudah melewati jatah loss, seorang trader profesional akan berhenti trading sampai akhir bulan, karena ini berarti ada yang salah, berusaha untuk tetap trading cenderung akan memperburuk keadaan, sehingga kita perlu berdiam diri, mereview semua transaksi bulan tersebut, mencari tahu apa yang salah, sehingga bulan berikut kita bisa kembali on track

trader awam cenderung melakukan sebaliknya, semakin besar loss yang diderita , semakin rajin dia untuk trading demi bisa menutup kerugian yang timbul.

Apa itu milis rekomendasi saham jsx_trader? kenali lebih dekat di sini 

5. Trader Profesional Punya Kesabaran Tinggi
Sebuah sinyal entri kadang perlu beberapa hari sampai beberapa minggu baru konfirm, selama masa itu harga mungkin cuma bolak-balik dalam range yang sangat membosankan. seorang trader profesional akan menunggu sampai sinyal betul-betul konfirm baru masuk.

setiap malam trader profesional juga akan melakukan analisa saham terhadap seluruh watch list nya. memeriksa ulang parameter yang telah diperiksa kemarin apakah telah ada perubahan atau belum. pekerjaan seperti ini betul-betul sangat membosankan, kita harus memiliki kesabaran tingkat tinggi

6. Trader Profesional Cenderung Bermental Baja
Kadang market seakan mempermainkan kita. setelah kita cut loss harga malah rebound, bagaimana reaksi kita? apakah langsung masuk kembali atau menunggu harga turun kembali? hal ini akan sering sekali kita alami. jika kita masih mau mencoba kembali untuk beli , artinya mental kita cukup kuat. Tapi yang paling penting bahwa pembelian ulang kita itu karena memang masih ada potensi untuk naik kembali, dan bukan bertujuan untuk balas dendam atau berusaha mengurangi loss.

Itu beberapa perbedaan Trader profesional dan awam, semoga bermanfaat

Good Luck

SHARE THIS ARTICLE ON :



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via WA, SMS dan email , untuk info selengkapnya silakan WHATSAPP/ Telegram di 0819-3393-3317 atau email ke milisjsxtrader@yahoo.com analisa saham fundamental, analisa saham teknikal, grup belajar saham, konsultasi saham, profit konsisten, psikologi trading, rekomendasi saham, saham nyangkut, screening saham, Trading yang benar, ulasan saham




Related Post