Trader's Evolution


Mengenal Perkembangan Seorang Pemain Saham

Gambar di samping adalah tampilan komik spiderman pada saat pertama kali terbit, tahun 1980-an dan edisi terakhir. terlihat jelas sekali perkembangan kualitas gambarnya.

Dalam hal apapun, kita tentunya berusaha agar semakin lama kita bisa melakukan semakin baik. hasil kerja kita hari ini bisa lebih baik dari kemarin. dengan berpegang pada prinsip seperti itu bisa dipastikan kita akan semakin ahli dalam bidang kita.

Sama halnya juga dalam bermain saham. setiap orang akan mulai dari awal yang sama. pada saat kita menandatangi form pembukaan rekening, kita  betul-betul buta terhadap bursa saham. bisa dipastikan cara bermain saham kita masih amburadul, membeli saham cuma berdasarkan feeling atau rekomendasi dari broker/teman saja.

perbedaan akan mulai terlihat dalam 1-2 tahun berikutnya, ada trader yang tetap tetap konsisten mengikuti saran dari broker, aktif di berbagai macam grup untuk mendapatkan tips dari master yang ada di sana. ada juga trader yang setelah menyadari bahwa performance nya tidak terlalu memuaskan, lalu semakin tertantang untuk mempelajari market, membaca buku trading atau bahkan mengikuti pelatihan saham.

tidak ada salahnya mengikuti rekomendasi saham dari orang lain sepanjang rekomendasi itu bisa secara konsisten memberikan kita chuan, yang terpenting kita selalu membuat laporan laba/rugi, untuk mengetahui performance dari transaksi saham kita. sepanjang hasil yang dicapai cukup memuaskan kita bisa tetap menggunakan rekomendasi dari mereka.

pencatatan historis transaksi sangat penting untuk trader yang melakukan analisa saham sendiri, kita akan memiliki pedoman bagaimana sistem kita bekerja, apakah sistem tersebut bisa mengikuti gerakan bursa saham atau tidak, sehingga akan membantu kita dalam membuat perbaikan yang diperlukan. pencatatan transaksi bisa diibaratkan seperti cermin, agar kita bisa mereview hasil transaksi kita, dan membantu mengenali kelemahan dari sistem kita.

pernahkah anda memperhatikan trading system yang dipakai 3-4 tahun lalu? jika ternyata trading system yang kita pakai saat ini masih sama dengan 3-4 tahun lalu tanpa ada perubahan yang berarti , ada 2 kemungkinan :

1. kita telah menemukan trading system yang sesuai dengan kepribadian kita, sehingga tidak perlu diperbaiki sama sekali. ini bisa dibuktikan dengan perkembangan modal kita yang telah naik secara konsisten setiap tahunnya.

2. kita sama sekali tidak belajar hal yang baru dari bursa, malah mungkin sama sekali tidak ada trading system yang digunakan, ini bisa dibuktikan dengan perkembangan modal yang seperti roller-coaster, dan banyaknya simpanan saham yang nyangkut.

dalam trading kita tidak berusaha menciptakan trading system yang sempurna, kita cuma berusaha agar trading system kita lebih baik daripada yang lalu. perbaikan kecil yang selalu dilakukan pastilah akan membuat trading kita lebih terarah.

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post