Market Language


Memahami Gerakan Sesungguhnya dari Arah Trend Saham

Seseorang kadang mampu menyembunyikan apa yang sebenarnya dia pikirkan dengan memanipulasi tutur kata dan sikapnya saat berinteraksi dengan orang lain. namun kadang secara tidak sadar gestur tubuhnya akan menampilkan apa hal sesungguhnya yang dipikirkannya, ini umum kita kenal dengan istilah body language.

seseorang bisa saja saat berbicara dengan kita penuh dengan rasa akrab, tapi dengan memperhatikan  body languagenya, kita bisa menilai apakah mereka memang natural atau hanya berbasa-basi saja, sebuah senyuman pun bisa kita nilai tulus atau tidaknya hanya dengan memperhatikan lengkungan sudut mata saja. kemampuan membaca body language ini perlu kita pelajari agar kita mampu menilai apa sebenarnya yang dipikirkan oleh lawan bicara kita.

Demikian pula dengan saham, pada saat kita merancang sebuah indikator, usahakan bisa menangkap inti gerakannya, bagaimana arah trend yang sebenarnya. janganlah kita membuang-buang energi berusaha untuk bisa mengidentifikasi setiap tikungan. belajarlah untuk menerima kenyataan bahwa pergerakan harga saham itu bergerak bukan dalam kondisi yang ideal, bahwa saat naik bergerak dengan mulus, selalu ada koreksi di antaranya.

fokus kita saat merancang indikator adalah bagaimana kita bisa mendapat gambaran kekuatan trend yang saat ini kita identifikasi, apakah masih akan lanjut atau sudah mulai mendekati akhir. dan bukan berusaha untuk bisa menebak dimana kira-kira top dan bottomnya.

Bursa Saham penuh dengan info / sinyal yang menyesatkan, usahakan kita bisa membentengi diri kita dari informasi yang tidak terlalu penting. jika anda sudah berhasil menyusun sebuah trading sistem, dan yakin pada indikator anda, jangan lagi berusaha untuk mencari-cari info dari orang lain.

apa gunanya kita bersusah payah menganalisa jika pada akhirnya kita malah mencocokkan hasil analisa kita dengan dengan hasil analisa yang dikeluarkan oleh tim/lembaga yang lebih "bonafide"? percayalah pada kemampuan diri kita sendiri, tidak ada jaminan bahwa para analis dari perusahaan sekuritas lebih jago daripada kita. dan yang pasti analisa yang kita buat sendiri motifnya sudah jelas: untuk perkembangan portofolio kita sendiri.

pada saat mengamati market, usahakan kita tidak bias terhadap hal lain diluar arah trend kita. pelajarilah faktor-faktor external seperti arah index regional, kurs mata uang asing, data inflasi dll, tentukan seberapa besar pengaruhnya terhadap arah trend yang kita identifikasi, ini semua akan membantu kita untuk tetap fokus dalam proses analisa kita

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post