Mengapa selalu RUGI di saham???


Apakah selama ini hasil trading anda sudah memuaskan?

Ataukah anda selama ini lebih sering cut loss atau bahkan nyangkut?
Tujuan utama seseorang terjun di bursa saham pastilah agar bisa mendapatkan keuntungan di bursa
Jika selama ini anda hanya sibuk cut loss saja, mungkin ada hal yang perlu diperbaiki

Berikut adalah 10 Faktor yang menjadi penyebab seorang trader selalu loss :

1. MASIH KURANGNYA ILMU DALAM TRADING. 
Ini sebenarnya adalah hal yang wajar, setiap trader saat mulai trading adalah pemula yang tidak tahu apa-apa juga. Saya yang sudah 20 tahun trading juga merasa masih banyak yang harus dipelajari.

Untuk trader yang baru mulai terjun di dunia saham, persiapkan lah diri untuk sering menderita loss selama 1-2 tahun pertama.

Karena 1-2 tahun pertama adalah waktu untuk belajar sebanyak mungkin tentang dunia saham, belumlah waktu untuk mencetak uang.

Sehingga saran saya untuk 1-2 tahun pertama trading lah dengan modal yang minim, karena tujuan utama dalam periode ini adalah untuk belajar, usahakan agar uang sekolah yang dibayar serendah mungkin

2. KURANGNYA PENGALAMAN.
Harus diakui, kita semua adalah trader karbitan.
Berbeda dengan profesi lain yang menuntut pelatihan yang panjang, seperti dokter maupun pilot. Seorang trader sudah bisa bertransaksi setelah mengisi form pembukaan account dan melakukan deposit. Tanpa pengetahuan apa-apa tentang saham , kita sudah harus terjun langsung market. Apa yang bisa diharapkan dari keadaan seperti ini?

Jika masa 1-2 tahun pertama adalah periode untuk menambah ilmu, maka 2-5 tahun pertama adalah masa untuk menambah pengalaman. Saat ini kita mulai menerapkan teori saham yang kita ketahui di market. Dan mulai melihat mana teori yang bisa digunakan, mana teori yang tidak terlalu cocok digunakan.

Seiring waktu pengalaman kita akan bertambah , dan perlahan hasil transaksi kita akan mulai mengalami peningkatan

3. TIDAK MEMBUAT TRADING PLAN.
Kebanyakan trader malas membuat rencana trading yang detail. Kalau pun membuatnya mungkin hanya sederhana.
Padahal rencana trading akan sangat membantu kita, rencana haruslah disusun saat market close , saat kita bisa berpikir dengan tenang, kita bisa membuat rencana transaksi sesuai dengan kondisi market saat itu.

Tanpa ada nya rencana trading yang jelas, kita hanya akan bereaksi terhadap gerakan harga, saat itu kita tidak bisa berpikir dengan tenang. Dan umumnya transaksi yang dilakukan secara spontanitas hanya akan menyebabkan kerugian saja.

Usahakanlah untuk membuat rencana trading sebelum market open, dan transaksilah berdasarkan rencana trading yang sudah dibuat itu.

4. TIDAK MENGIKUTI MONEY MANAGEMENT.
Tujuan money management adalah untuk mengatur alokasi modal, agar saat analisa yang dibuat salah, kita tidak akan rugi terlalu banyak. Money management bertujuan untuk melindungi modal agar keputusan transaksi yang salah tidak akan memberikan efek yang terlalu besar terhadap keseluruhan modal.

Ada sebagian trader yang tidak mau repot menghitung alokasi modal, saat ada saham yang hendak dibeli, digunakanlah berapa saldo cash yang ada.

Akibatnya saat saham tersebut ternyata berbalik arah, ini menyebabkan floating loss yang jauh lebih besar dari toleransi loss yang siap ditanggung. Akhirnya saham yang awalnya hanya untuk trading , tiba-tiba diubah menjadi investasi karena ternyata fundamentalnya cukup bagus.

Saran saya mulai saat ini disiplinlah dalam menerapkan money management, agar anda bisa transaksi tanpa beban.

5. TIDAK DISIPLIN PADA INDIKATOR YANG DIGUNAKAN
Indikator saham bertujuan untuk menunjukkan kondisi trend saham tersebut.
Jika trend nya naik, kita bisa beli
Jika trend nya turun, sebaiknya kita jual

Namun kadang, meskipun indikator masih menunjukkan trend sedang turun, kita sudah tidak sabar dan langsung membeli saham tersebut
Dan umumnya harga memang akan turun, akibatnya kita nyangkut lagi .
Disiplin lah untuk mengikuti sinyal indikator saham yang kita gunakan, apa gunanya menggunakan indikator, jika kita tidak mengikuti sinyal yang diberikan.

Apa itu milis rekomendasi saham jsx_trader? kenali lebih dekat di sini 

6. TIDAK RELA CUT LOSS SAAT NILAINYA MASIH KECIL.
Ini adalah kebiasaan buruk yang sering sekali dilakukan.
Pada saat membeli saham, mungkin saja seorang trader sudah menentukan titik cut loss nya, sudah menentukan berapa besar loss yang siap ditanggung. Namun ternyata saat prediksinya salah, dan harga turun menyentuh titik cut loss poin yang telah ditentukan. Rencana awal tiba-tiba berubah, karena tidak rela cut loss, akhirnya diputuskan untuk menunggu lebih lama lagi, berharap harga akan rebound.

Yang terjadi malah harga semakin turun, akhirnya loss yang awalnya hanya sedikit, malah semakin membesar , yang mengakibatkan semakin tidak rela untuk dijual.

Untuk menghindari hal ini, paksalah diri anda untuk disiplin melakukan cut loss jika memang sudah waktunya dijual. Memang ada peluang harga akan rebound sesudah kita cut loss, itu adalah resiko.
Yang pasti , jangan pernah membiarkan loss kecil menjadi semakin besar karena kita tidak disiplin mengikuti rencana awal

7. MENGIKUTI NEWS.
Banyak trader yang karena tidak sempat melakukan analisa , akhirnya mengandalkan berita saham baik di koran maupun media online.
Beli saat ada berita bagus tentang sebuah saham
Tapi umumnya harga pasti akan turun tidak lama setelah berita tersebut keluar, yang akibatnya menambah lagi saham nyangkut.

Ini disebabkan penggunaan news tidak bisa dibaca secara normal
Anda harus melakukan kebalikan dari isi berita tersebut
Jika ada berita jelek tentang sebuah saham, biasanya tidak lama lagi saham tersebut akan naik.
Jika ada berita bagus tentang sebuah saham, jika kebetulan anda sedang memegangnya, sebaiknya segera dilepas.

8. ASAL MENGIKUTI REKOMENDASI ORANG LAIN. 
Saat baru mulai trading, seorang trader pastilah masih kebingungan, tanpa pengetahuan yang memadai , bingung harus membeli saham apa. Sehingga mencari rekomendasi kesana kemari. Bertanya kepada orang yang telah lebih dulu terjun kedunia saham.

Jika kita beruntung mungkin bisa mendapatkan rekomendasi dari orang yang memang telah berpengalaman. Tapi jika kurang beruntung mungkin kita akan mengikuti rekomendasi orang yang sebenarnya pengetahuan nya dengan kita tidak jauh beda.

Akhirnya beli saham yang tidak-tidak.
Tidak ada salahnya mengikuti rekomendasi dari orang lain, yang penting kita tahu bahwa orang tersebut memang bisa diandalkan, dan yang terpenting jangan hanya fokus pada rekomendasi yang diberikan, tapi bertanyalah juga bagaimana proses sampai rekomendasi tersebut bisa dibuat. Agar anda tidak selalu tergantung pada orang lain

9. TIDAK MEMBUAT TRADING JOURNAL.
Setiap kali melakukan transaksi , kita haruslah mencatat hal-hal yang mendasari pengambilan keputusan tersebut. Ini akan membantu di dalam mereview keputusan trading kita. Yang akan sangat berguna di dalam perbaikan trading system kita

Trading jurnal akan membantu kita mengenali pola kesalahan yang sering kita buat, sehingga akan lebih mudah untuk membuat system yang akan mengurangi terulangnya kesalahan tersebut.
Seseorang yang tidak memiliki trading jurnal, cenderung akan mengulangi kesalahan yang sama, yang mengakibatkan membuat kerugian yang tidak perlu

10. BELUM MEMILIKI MENTOR SAHAM.
Trading saham bisa dipelajari secara otodidak, asalkan anda memiliki semangat untuk belajar, anda pasti bisa sukses di bursa saham

Namun kehadiran seorang mentor jelas akan sangat membantu, karena akan memangkas proses belajar yang sangat panjang, mentor akan mengarahkan agar anda tidak melakukan kesalahan yang tidak perlu. Selain itu juga akan membantu anda memilih saham sambil mengajarkan supaya anda bisa mandiri.

Untuk itulah kami menyediakan layanan premium jsxtrader yang bisa menjadi mentor untuk para trader , Kami telah berpengalaman memberikan layanan rekomendasi saham sejak 2006, kami sudah melewati beberapa siklus market, sehingga mampu memberikan rekomendasi yang sesuai dengan siklus yang sedang berlangsung.

Kami akan mendampingi member sejak pembelian sampai kapan harus melakukan penjualan, dan juga kami akan membantu dalam perhitungan money management member, karena rekomendasi yang dikirimkan sudah termasuk berapa lot yang sebaiknya dibeli oleh member, dihitung secara proporsional sesuai modal masing-masing member

Rekomendasi kami juga bersifat real-time , pada saat sinyal entry confirm dan transaksi pribadi kami telah done, rekomendasi akan segera dikirimkan. 
Kelebihan yang terakhir adalah anda bisa konsultasi saham lain di luar watchlist yang kami berikan

Jika anda tertarik untuk join, atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di 081933933317
SHARE THIS ARTICLE ON :


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via WA, SMS dan email , untuk info selengkapnya silakan WHATSAPP/ Telegram di 0819-3393-3317 atau email ke milisjsxtrader@yahoo.com analisa saham fundamental, analisa saham teknikal, grup belajar saham, konsultasi saham, profit konsisten, psikologi trading, rekomendasi saham, saham nyangkut, screening saham, Trading yang benar, ulasan saham




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post