Quantum Leap : Memutus Lingkaran Setan Kerugian Saham

Sudah berapa lamakah anda aktif trading saham? apakah selama ini anda telah berhasil gain secara konsisten? maksudnya apakah keuntungan yang selama ini anda peroleh memang karena hasil analisa anda? dan metode yang digunakan jika diterapkan terhadap saham lain kemungkinan akan gain juga? ataukah anda sendiri tidak yakin akan bisa mengulanginya?

seseorang baru bisa dikatakan sebagai seorang trader, jika dia sudah menemukan metode untuk bisa membeli saham dan kemudian menjualnya dengan untung. dan dia bisa mengulangi metode itu dan mengharapkan hasil yang sama. namun jika seseorang pada saat membeli saham, dia sendiri tidak jelas alasannya membeli saham tersebut, dan jika pun untung biasanya  itu karena faktor luck saja. orang ini belumlah bisa dikategorikan sebagai trader.

untuk menjadi seorang trader yang sukses bukanlah proses yang instan. jangan berpikir hanya dengan membeli buku cara trading saham di gramedia, mengikuti beberapa seminar saham, mempelajari beberapa indikator saham, kita sudah bisa mulai untung di bursa saham. ada banyak proses yang harus kita lewati supaya bisa menjadi trader yang handal.

salah satu proses yang harus lewati adalah lingkaran setan kerugian di masa awal trading kita. pada masa awal trading biasanya adalah masa yang sangat sulit. saat itu kita masih newbie , kemampuan kita masihlah sangat terbatas. kita masih belum memahami sepenuhnya bagaimana cara kerja bursa saham. akibatnya segala transaksi kita malah berujung pada kerugian.

kita menggunakan metode A akhirnya malah loss, ganti pada metode B juga loss, ganti lagi pada metode C masih tetap lolos. masa ini biasanya sangat membuat frustasi. karena kita sudah mencoba berbagai macam cara, tapi tidak berhasil juga mencari cara yang benar.

untuk bertahan dalam masa ini, sepenuhnya tergantung pada kemauan diri kita sendiri. seberapa besar tekad kita untuk bisa sukses di bursa saham, seberapa besar keyakinan kita bahwa kita bisa mencari uang dari bermain saham. saya sendiri berada dalam siklus ini selama 6 tahun, saat ini portfolio seperti roller coaster gerakannya. untung yang sudah di tangan biasanya tidak lama terpotong lagi oleh loss.

yang membuat saya bertahan mungkin hanya sikap kepala batu dan tidak mau mengaku kalah saja. sejak SMA saya sudah terobsesi untuk bermain saham. jadi setiap kali menderita loss saya malah semakin penasaran mencari di mana letak kesalahan, bagaimana seharusnya action yang saya ambil supaya tidak rugi.



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

namun sebenarnya masa lingkaran setan ini adalah masa yang paling penting untuk seorang trader. ini seperti kawah candradimuka buat trader. masa penggemblengan kita. karena dalam masa ini kita bisa belajar berbagai cara untuk loss. setiap kali menderita loss artinya kita menemukan 1 lagi cara baru untuk rugi. betul kan?

yang terpenting cara yang kita pelajari itu harus di ingat terus, dan usahakan kita jangan mengulanginya kembali. percuma saja kita susah payah mengetahuinya jika pada akhirnya kita masih melakukan kesalahan yang sama.

lebih bagus kita menderita loss pada saat portofolio kita masih sedikit, dibandingkan kita baru mengetahuinya saat portofolio kita sudah berkembang. pada intinya cara untuk rugi dengan sukses di market tidak banyak variasinya.

semakin sering kita loss (asalkan dengan cara yang berbeda) semakin bagus, karena ini berarti kita akan semakin banyak tahu cara agar tidak loss. sehingga kita akan memiliki banyak bahan untuk menyusun trading sistem yang handal,

setiap cara untuk loss tersebut bisa kita anggap sebagai sebuah potongan puzzle. jika pada ini kita masih berkutat dalam lingkaran setan loss, itu artinya kita belum berhasil merangkaikan puzzle yang ada di tangan kita, kita belum berhasil menyusun nya menjadi sebuah sistem yang pas di market.

tapi akan ada 1 masa untuk setiap trader , dimana secara tidak sadar dia sudah mulai bisa menggabungkan potongan ilmu yang telah dikumpulkan selama ini. saat itu kita sudah bisa membaca kalimat dan bukan lagi mengeja kata.

saya menggunakan istilah QUANTUM LEAP untuk momen seperti ini, karena pada saat itu perlahan-lahan performance kita akan mengalami peningkatan, karena saat itu semua ilmu yang telah kita peroleh mulai bisa kita lihat hubungannya. kita mulai bisa trading dengan percaya diri. dan kita mulai bisa konsisten untung di market

tidak ada tips khusus bagaimana caranya bisa segera mencapai quantum leap kita. yang bisa dilakukan hanyalah hargailah setiap kali kita menderita loss dan berusaha lah untuk bisa menarik pelajaran dari sana, dan JANGAN MENGULANGINYA lagi.

saya membutuhkan 6 tahun karena tidak ada orang yang mengajar saya, harus belajar secara otodidak, semoga anda bisa mencapainya lebih singkat dari saya
Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post