jsx_trader The Next Level : Tahap Belajar Saham | Rekomendasi Saham Harian di Bursa Saham Indonesia

The Next Level : Tahap Belajar Saham

Pada saat mulai trading saham, mungkin ada sebagian trader  yang langsung sibuk mencari referensi buku trading, mengikuti seminar tentang bagaimana cara trading saham yang benar. namun ada juga sebagian trader yang langsung trading berdasarkan insting ataupun rekomendasi dari broker. pada masa awal trading biasanya ada istilah beginner luck, saat trader yang masih polos berhasil gain di bursa saham. namun setelah beberapa waktu biasanya kita akan menyadari bahwa untuk bisa sukses di bursa saham kita harus banyak belajar.

maka mulailah perjalanan kita dalam mencari ilmu, semakin kita serius belajar ternyata semakin banyak yang bisa kita pelajari. ada begitu banyak hal yang bisa membantu trading kita, mulai dari : belajar mengenali chart (line, candlestick,  point & figure, renko dll)
membaca indikator ( MACD, stochastic, momentum, gann, fibonacci, RSI dll)
mengenal metode money management ( equal portion, capital allocation, percentage risk dll)
mengenal tipe trading ( scalper, day trader, swing trader dll)
mengenal valuasi fundamental ( PER, PBV, EBITDA, ROI dll)

pada saat mulai mempelajari hal tersebut, kita mungkin akan merasakan sangat excited, mempelajari begitu banyak hal baru, hal ini pasti akan mampu meningkatkan kemampuan kita. semakin kita belajar rasanya kita menjadi semakin mengerti bagaimana cara kerja market. kita sudah mulai bisa merasakan bagaimana pergerakan market.

namun akan ada 1 titik dimana anda akan mulai merasakan bahwa semakin kita belajar dari buku-buku trading, tidak ada hal baru lagi yang bisa kita pelajari. pada saat membaca buku trading yang baru, kita mungkin akan merasakan bahwa hal ini sudah di bahas di buku yang lain, mungkin dengan perspektif yang sedikit berbeda. atau kah pada saat mempelajari indikator tertentu, kita akan menyadari bahwa sebenarnya apa yang hendak ditunjukkan oleh indikator ini hampir sama dengan indikator lain.



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

apakah ini berarti bahwa kita telah berhasil menguasai semua hal yang berhubungan dengan trading? apakah kita telah menjadi master karena tidak ada lagi hal yang bisa dipelajari?  jawabannya adalah TIDAK. semua teori / buku trading yang ada hanyalah menyediakan penjelasan dasar tentang market. buku saham yang ada tidak dimaksudkan untuk mengajar anda menjadi seorang master trader. proses untuk menjadi master trader/ trader yang profitable tergantung pada usaha kita. bagaimana kita menjadikan pengetahuan yang di peroleh dari buku saham menjadi dasar dalam proses belajar kita.

market saham bisa diumpamakan seperti gajah, dan para penulis buku seperti orang buta yang berusaha mendeskripsikan tentang gajah . kita sebagai pembaca haruslah mampu merangkaikan apa yang hendak disampaikan oleh penulis buku tersebut menjadi 1 gambaran yang utuh.

yang pasti janganlah kita berharap bisa mendapatkan trading sistem / indikator yang hebat hanya dari membaca buku saja. karena bisa saja penulis buku tersebut memang adalah seorang trader yang handal, tapi demi melindungi kepentingannya dia tidak membagikan keseluruhan dasar teori indikatornya. sudah menjadi rahasia umum indikator yang terlalu banyak di gunakan orang akan kehilangan efektivitas nya.

contohnya indikator yang digunakan para turtle trader, yaitu sekelompok orang yang di didik untuk menjadi trader, orang-orang yang sama sekali tidak memiliki pengalaman trading sebelumnya. mereka di ajarkan teknik-teknik untuk trading dengan benar. namun mereka dilarang untuk membocorkan teknik tersebut kepada orang luar. setelah dilatih ternyata trader ini mampu gain secara konsisten. namun pada saat teknik yang mereka gunakan bocor dan ramai-ramai di ikuti oleh orang lain, dalam beberapa tahun saja teknik tersebut kehilangan efektivitasnya. saya lupa judul bukunya , tapi buku tersebut membahas teknik yang digunakan oleh turtle trader.

menjadi master trader adalah proses pencarian diri sendiri, bagaimana kita mengenali diri sendiri dan merancang system yang sesuai dengan kepribadian kita. sehingga pada saat anda merasa tidak ada hal baru lagi yang bisa dipelajari di market, ini artinya sudah waktunya kita maju ke level berikut, kita sudah bukan beginner lagi. dalam belajar saham selalu THINK OUT OF THE BOX

Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317