Miss Opportunity : Menangkap Peluang dalam Bermain Saham

Untuk bisa untung secara konsisten dalam bursa saham, kita harus gesit menangkap peluang. bursa saham bergerak sangat dinamis. pada saat anda berhasil mendeteksi sebuah peluang, saat trading sistem kita sudah memberikan sinyal konfirm untuk beli, mungkin 10 menit berikutnya peluang tersebut sudah terlepas karena harganya sudah bergerak naik.

decision making sangat penting dalam bermain saham, mengambil keputusan secara cepat sambil tetap tenang tanpa terpengaruh market sangatlah penting. namun decision making baru 1/2 jalan saja, setelah kita memutuskan untuk membeli atau tidak saham tertentu. kita haruslah gesit untuk menjalankannya.

itulah sebabnya seorang trader sangat wajib untuk menyusun trading plan, sebelum market open kita sudah harus memiliki list action pembelian/penjualan yang akan kita lakukan sepanjang hari tersebut.
karena pada saat market sedang close kita bisa menganalisa dengan tenang, mampu melihat arah trend secara jelas. sehingga keputusan trading yang kita buat bukanlah berdasarkan faktor emosional saja. sehingga pada saat market bergerak sesuai dengan analisa kita, dan saham yang menjadi watchlist kita sudah konfirm, kita tinggal menjalankannya. ini artinya kita sudah 1/2 langkah di depan trader lain.

namun dalam prakteknya , kadang ada saham yang berdasarkan analisa kita di hari sebelumnya belum memberikan sinyal beli, namun saat ini sudah memberikan sinyal untuk masuk. di sinilah skill decision making sangat menentukan, bagaimana kita bisa secepat mungkin mempertimbangkan semua faktor , sambil tetap mempertahankan objektivitas, agar keputusan kita membeli saham memang KARENA SUDAH WAKTUNYA beli, dan BUKAN karena terburu-buru beli karena kita takut ketinggalan kereta.



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

kadang ada saham yang saat mulai bergerak , sudah berhasil tertangkap oleh radar kita, trading sistem juga sudah memberikan sinyal OK untuk masuk, tapi kita masih ragu untuk membelinya, ternyata tidak lama kemudian, saham tersebut terbukti naik dengan cepat, meninggalkan kita yang hanya bisa gigit jari menonton kenaikannya. bagaimana kah reaksi anda?

ada orang yang tetap membeli di harga lebih tinggi tapi dengan jumlah lot yang lebih sedikit , jika anda menggunakan money management, kita masih bisa mengendalikan resiko, coba anda menggunakan file money management yang kami berikan, anda bisa lihat dengan harga CL poin yang sama, jika kita membeli di harga yang lebih tinggi otomatis jumlah lot nya akan berkurang. sehingga jika disiplin pada money management di harga berapa pun kita beli, resikonya akan tetap.

ada juga orang yang segera memperhatikan saham lain yang berada dalam sektor yang sama dengan saham yang naik tersebut. dengan harapan bisa segera membelinya sebelum harganya naik. ini tidak dianjurkan meski memang ada teori yang mengatakan saham yang berada dalam sektor yang sama cenderung untuk bergerak bersamaan. tapi tidak ada jaminan bahwa saham alternatif tersebut akan bisa bergerak secepat saham yang pertama.

bagaimana pun reaksi anda terhadap peluang yang lepas, JANGAN PERNAH sampai mempengaruhi emosi kita, menyesali kebodohan kita yang tidak berani untuk langsung membelinya. kita harus berpegang pada prinsip bahwa performance kita TIDAK DIPENGARUHI oleh satu transaksi saja. sebagai seorang trader dalam sebulan mungkin kita akan melakukan puluhan pembelian/penjualan. artinya performance kita merupakan akumulasi dari semua transaksi tersebut.

dengan menjadi seorang trader artinya kita memiliki keyakinan bahwa semua transaksi kita baik untung maupun rugi, pada akhirnya akan menghasilkan nilai tambah pada portofolio kita

dengan menyesali peluang yang lepas, ini menunjukkan KETIDAK-PERCAYAAN pada sistem kita untuk BISA KEMBALI memberikan sinyal yang menguntungkan. yang paling penting kita haruslah menyiapkan mental kita agar bisa sigap dalam menangkap setiap peluang yang timbul, karena di dalam bursa saham setiap waktu selalu ada peluang baru.

pada saat 1 pintu tertutup, percayalah tidak lama lagi akan ada 2 pintu yang terbuka
Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post