The Butterfly Effect II : Mr.Perfectionist

Beberapa waktu lalu saya nonton sebuah film india dengan judul PK , ceritanya lumayan bagus tapi yang paling menarik perhatian saya adalah aktor utamanya, yang selalu berhasil memecahkan rekor box office baru di india dengan filmnya, kalau dalam dunia saham istilahnya break all time high.

300 cr itu sama dengan 506 milyar rupiah. di sebuah forum saya baca jika ternyata aktor ini diberi julukan sebagai Mr.Perfectionist. karena dia sangat selektif memilih peran, dan juga menerapkan standar yang sangat tinggi dalam setiap proses pembuatan filmnya.


sikap perfeksionis ini sebaiknya juga kita miliki dalam bermain saham. sekarang marilah kita bertanya kepada diri sendiri. apakah selama kita telah memaksa diri kita untuk mengeluarkan kemampuan terbaik dalam diri kita, atau kita telah menganggap trading sebagai sebuah proses yang monoton saja. apalagi jika kita telah berhasil membuat sebuah trading sistem yang lumayan bagus. mungkin semangat kita untuk merancang sistem yang lebih bagus sudah tidak sekuat sebelumnya.


apakah selama ini SETIAP keputusan transaksi yang diambil, apakah merupakan hasil terbaik dari analisa kita? saya tidak berbicara mengenai sinyal trading yang sempurna, karena tidak ada sinyal sempurna yang akan menjamin kita pasti untung. yang saya maksud adalah proses pengambilan keputusannya. apakah setiap kali kita memutuskan untuk membeli maupun menjual saham, itu sudah memenuhi semua trading rule kita. apakah money management sudah diikuti? apakah penentuan entry dan exit poin telah sesuai dengan trading sistem kita? apakah kita sudah memperhitungkan dengan seksama berapa besaran DR yang diambil?


meskipun sudah melewati semua proses itu dengan benar, tetap tidak ada jaminan bahwa transaksi saham tersebut pasti akan untung. meskipun sudah dianalisa dengan seksama kita tetap saja bisa rugi, apalagi transaksi yang dilakukan secara serampangan, atau hanya ikut-ikutan trader lain. setidaknya dengan menganalisa dengan seksama, kita telah meningkatkan sedikit peluang kita untuk untung.


perfeksionis tidak hanya meliputi proses pengambilan keputusan transaksi. tapi juga dalam merancang sistem, setiap kali kita mempelajari indikator saham, berusahalah untuk bisa memahami pola pikir yang mendasarinya dan doronglah diri sendiri untuk bisa merancang indikator yang lebih bagus. 


setiap bulan saat menganalisa performance transaksi, berusahalah untuk mendapatkan kelemahan sistem kita, mencari tahu apa yang menjadi penyebab kerugian kita, berusaha untuk meminimalkan kerugian yang tidak perlu, mencari cara untuk bisa sedini mungkin mendeteksi perubahan trend saham. perhatikan money management kita apakah selama ini penentuan risk sudah memberikan hasil yang optimal? senantiasa melakukan simulasi untuk menentukan besaran risk yang paling sesuai untuk diri sendiri.


saya adalah orang yang percaya pada konsep "BUTTERFLY EFFECT" bahwa sebuah perubahan sekecil apapun, akan memiliki efek yang sangat besar di kemudian hari. JANGAN pernah memandang remeh satu transaksi pun, karena apapun hasil transaksi itu bisa menimbulkan CHAIN REACTION untuk beberapa transaksi saham anda selanjutnya.


misalkan anda mengambil risk yang terlalu besar di saham tertentu, akibatnya kita akan menjadi stress memperhatikan saham, psikologi kita akan terpengaruh. setiap kali saham tersebut turun 1 poin kita akan semakin khawatir. energi kita hanya akan terfokus pada saham tersebut , sehingga mungkin saja kita akan melewatkan peluang di saham lain yang lebih bagus. pada saat kita terpaksa cut loss emosi kita mungkin akan terpengaruh, kita mungkin akan berusaha mencari saham lain yang bisa secepat mungkin mengembalikan loss kita.


tapi jika pada satu transaksi kita berhasil gain, kepercayaan diri kita mungkin akan meningkat sehingga kita bisa lebih siap menangkap peluang berikutnya. tapi kepercayaan diri yang berlebihan bisa saja menjerumuskan diri kita untuk lebih berani pada transaksi berikutnya. sehingga dalam setiap transaksi kita harus selalu memperhatikan dengan seksama , setiap keputusan transaksi haruslah merupakan keputusan terbaik yang kita ambil dalam kondisi saat ini.


jadikanlah setiap transaksi kita akan menjadi penambah motivasi / kepercayaan diri untuk transaksi berikutnya. pertahankan sikap mental seperti ini, dan anda akan kagum pada hasil akhirnya. tidak usah terlalu jauh memandang kemana portofolio kita akan berkembang, fokuslah pada transaksi yang akan kita putuskan saat ini. jadikanlah setiap keputusan transaksi adalah keputusan terbaik yang kita ambil



Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post