jsx_trader Short Term Memory : Membuat Jurnal Trading | Rekomendasi Saham Harian di Bursa Saham Indonesia

Short Term Memory : Membuat Jurnal Trading

Untuk menjadi seorang trader yang berhasil kita harus disiplin membuat jurnal trading. Meskipun otak manusia memiliki kapasitas yang sangat besar, tapi kita tidak bisa mengandalkan kemampuan mengingatnya. memang semua kejadian yang kita alami akan tersimpan dalam memori kita, tapi biasanya informasi tersebut tersimpan di alam bawah sadar kita. semakin lama kejadiannya ingatan kita akan semakin kabur.

bisa dikatakan jurnal trading adalah pembeda dari seorang trader pro dan trader awam. jurnal trading akan membantu kita untuk menganalisa transaksi yang telah lewat. sekarang mari kita melakukan eksperimen. coba pilih 1 transaksi anda dari bulan lalu. apakah anda masih mengingat apa penyebab anda membuka posisi? bagaimana keadaan chartnya? bagaimana kondisi mental kita saat itu? bagaimana pola indikator yang menjadi dasar kita memutuskan untuk membeli? apa yang menjadi dasar keputusan kita untuk menjualnya?

memang bisa saja ada orang yang memiliki ingatan yang luar biasa kuat, sehingga mereka masih bisa mengingat dengan jelas. namun kebanyakan manusia tidak memiliki kemampuan mengingat sebesar itu. jika seorang trader tidak membuat jurnal trading, bagaimana kah caranya menganalisa transaksi nya di masa lalu? bagaimana caranya menemukan kelemahan sistemnya? kemampuan kita semakin hari akan semakin berkembang. mungkin pada saat ini kita tidak berhasil melihat kelemahan sistem , namun seiring dengan bertambahnya pengalaman kita mungkin akan bisa melihatnya di masa akan datang. dan hal ini cuma bisa dilakukan jika kita memiliki jurnal trading untuk di review.

dalam tulisan kali ini saya akan share trading jurnal yang biasa saya gunakan, anda bisa melihat modelnya pada foto di atas. semoga bisa bermanfaat untuk anda sekalian.

yang pertama, untuk mencatat saham-saham yang masuk dalam watchlist saya menggunakan whiteboard kecil yang bisa dipangku. di whiteboard ini sudah dibagi menjadi beberapa kotak kecil untuk menuliskan saham yang sinyalnya sudah/hampir confirm. dalam masing-masing kotak itu dituliskan nama saham, entry price, CL poin, DR , berapa lot yang akan dibeli, dan indikator apa yang menjadi patokannya.

tingkat potensi nya juga di susun berdasarkan letaknya. semakin besar peluang saham tersebut untuk naik posisinya akan ditulis pada baris pertama. awalnya saya menggunakan post-it yang di tempel di layar monitor, tapi akhirnya diganti dengan whiteboard ini. selama saham tersebut masih layak beli namun belum confirm maka akan tetap tertulis di whiteboard, hanya mungkin posisinya yang akan tergeser seandainya ada saham lain yang lebih berpotensi. hanya jika indikator pendukung ternyata berbalik arah , yang menandakan saham itu sudah tidak layak diperhatikan lagi, barulah akan dihapus.

tujuan penggunaan watchlist ini agar jangan sampai ada saham yang telah masuk dalam radar kita, namun karena kita lupa memperhatikannya akhirnya malah tidak terbeli. kadang kita berhasil menangkap early signal sebelum saham tersebut confirm, namun biasanya butuh beberapa hari harga konsolidasi sebelum signal nya confirm. jika hanya mengandalkan ingatan saja, kadang setelah lewat beberapa hari fokus kita sudah pindah ke saham lain. bahkan dengan metode ini kadang masih ada saham yang terlepas. apalagi jika tidak memakai watchlist.



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

kemudian untuk masing-masing saham saya membuat kartu kecil untuk menuliskan karakter dari saham tersebut, termasuk dalam elite team kelompok apa, saham apa saja yang sering bergerak bersamanya, indikator apa yang paling pas diterapkan terhadap saham ini. bagaimana strategi yang paling bagus diterapkan , dan semua informasi penting lainnya. sehingga pada saat ada saham yang sedang di incar, saya tinggal mencari kartu nya. dengan membaca sekilas saya sudah langsung memiliki bayangan bagaimana karakter saham tersebut. cara ini jauh lebih menghemat waktu dibandingkan jika kita mulai berusaha mengingat-ingatnya saat saham tersebut mulai masuk radar. karena bisa saja ada hal penting sehubungan dengan karakter saham tersebut yang tidak berhasil kita ingat.

saya juga membagi siklus market menjadi 7 siklus. di mana saya menyiapkan kartu kecil untuk masing-masing siklus. di dalamnya saya tulis kondisi dari masing-masing siklus dan strategi trading yang cocok diterapkan, serta saham apa saja yang "berjaya" pada siklus tersebut. metode yang saya pakai adalah top-down , jadi pertama-tama saya menganalisa kondisi market secara keseluruhan, kemudian turun mencari sektor terbaik, dan terakhir mencari saham terbaik dari sektor yang terbaik.

pada saat mulai menganalisa, pertama-tama saya memeriksa saat ini market berada dalam siklus yang mana, apakah masih sama dengan kemarin, atau sudah mulai berpindah ke siklus berikutnya. setelah mengenali siklusnya, saya mengambil kartunya. setiap kali saya selalu disiplin untuk membaca ulang kondisi dan strategi yang harus diterapkan. meskipun sebenarnya sudah dihapal , tapi dengan membaca ulang kita bisa mengingatkan diri kita sendiri bagaimana action yang akan kita ambil.

setelah mengetahui saat ini kita sedang berada dalam siklus apa, saya kemudian mulai melakukan screening. jika ada saham yang masuk radar, pertama-tama saya akan mencari kartu saham tersebut untuk mengetahui karakternya. jika memang cocok dengan siklus saat ini, barulah di tuliskan di whiteboard. lengkap dengan jumlah lot. agar pada saat konfirm kita bisa secepatnya menginput order, tidak terhambat lagi pada proses menghitung lotnya.

setelah order done, saya akan langsung mencetak chartnya, sekalian juga dituliskan penjelasan apa yang menjadi dasar keputusan membeli. bagaimana kondisi market saat itu, bagaimana kondisi psikologis pada saat membeli. berapa lot dll. agar pada saat direview kembali, saya bisa memiliki gambaran yang jelas. demikian juga saat sell, saya akan langsung mencetak chartnya. setelah itu print-out chart waktu beli dan sell akan diarsipkan bersebelahan, jadi saat di review akan gampang, tidak perlu capek bolak-balik halaman lagi.

kumpulan print-out chart ini kemudian akan saya jilid berdasarkan tahun. sehingga sangat membantu sekali jika saya hendak mereview kembali sistem beberapa tahun yang telah lewat, karena datanya masih terkumpul dengan rapi. meneliti transaksi pribadi di masa lalu jauh lebih berguna dibandingkan membaca buku teknikal karangan orang lain.

selain mencetak chart, saya juga menyediakan catatan khusus untuk masing-masing saham. ini terinspirasi dari kartu pasien yang biasa digunakan dokter. dengan catatan ini saya mencatat semua action yang saya ambil sehubungan dengan saham tersebut. termasuk juga pada saat mulai masuk dalam radar. sehingga memudahkan saya jika hendak menganalisa saham secara individual, karena dari catatan tersebut akan dapat menggambarkan bagaimana pola gerakannya, dan seberapa bagus sistem kita dapat mengikuti polanya.

sampai di sini, mungkin anda akan berpikir, betapa repotnya membuat catatan individual saham. di BEI ada 300 lebih emiten bisa-bisa waktu kita habis hanya untuk membuat  jurnal. tidak perlu khawatir, semakin lama anda di bursa , anda akan sadar bahwa tidak semua saham di bursa layak beli. mungkin hanya 80-90 emiten yang layak beli. yang cocok buat trading mungkin hanya 50-an saham. dan yang gampang di ikuti swingnya hanya sekitar 30-an saham. lebih bagus fokus pada 30 saham yang bisa kita ikuti gerakannya daripada berusaha menangkap semua pergerakan di market


selain itu jangan lupa untuk membuat catatan khusus kumpulan kesalahan yang telah kita lakukan. setiap pagi sebelum open usahakan selalu di baca kembali. agar kita tidak mengulanginya lagi. karena biasanya penyebab loss adalah kesalahan sama yang selalu diulangi kembali. apa gunanya kita berusaha mengidentifikasi kesalahan, jika kita tetap mengulanginya kembali? hargailah setiap kesalahan yang telah kita lakukan, karena itu artinya kita berhasil mendapatkan 1 lagi cara supaya tidak rugi di market.

metode journal di atas adalah yang biasa saya gunakan, semoga bisa menjadi referensi bagi anda, semoga anda bisa mengembangkan metode journal versi anda sendiri.

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317