Trader Loser : Mengendalikan Rugi Dalam Bermain Saham

Bagi trader yang baru terjun bermain saham, mungkin akan merasa frustasi saat terus-menerus menderita kerugian. apalagi jika melihat performance trader-trader lain yang untung melulu. saat melihat status yang dipasang di social media lengkap dengan foto yang menampilkan sudah berapa banyak mereka untung,  pasti dalam hati kita akan bertanya-tanya, apa indikator yang mereka pakai? apa teknik rahasianya?

dalam situasi seperti ini, reaksi kita adalah mungkin akan semakin tertantang belajar untuk juga bisa memiliki performance sekinclong mereka, atau kita malah semakin kalap dalam bertransaksi, berusaha secepatnya bisa mendapatkan saham yang akan naik berkali-kali lipat. supaya kita juga bisa share di social media.

sebelum membahas tentang cara mengendalikan rugi dalam  bermain saham, perlu anda sadari 1 fakta. adalah hal yang sangat wajar seseorang cenderung memamerkan keberhasilannya dan cenderung menutupi kegagalannya. pada saat untung lumayan banyak , sangat wajar seseorang akan menceritakan kepada semua kenalannya. namun saat menderita loss , sangat jarang mereka akan menceritakan kepada orang lain, bahkan jika ada yang bertanya sebisa mungkin mereka akan menutupinya atau cuma mengakui sebagian kecil kerugiannya.

akibatnya ini membentuk pandangan yang bias bagi para trader pemula. tercipta kesan bahwa para master trader selalu akan untung dalam transaksi nya. pertama-tama kita harus menghilangkan pandangan tersebut. sebuah hal yang didasarkan pada asumsi yang salah tidak akan memberikan hasil yang optimal.

kita harus menyadari bahwa rugi dalam bermain saham adalah hal yang tidak bisa dihindari, itu adalah cost dari bisnis kita. untung dan rugi seperti 2 sisi mata uang, yang akan selalu hadir bersamaan. tidak mungkin kita hanya mau menerima untung tapi sama sekali tidak bisa menerima rugi. pada saat anda mulai bisa menerima kenyataan bahwa potensi rugi akan selalu hadir berdampingan dengan potensi untung, saat itu anda sudah mulai ada di jalan yang benar.


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

untuk bisa bertahan di bursa saham, kita BUKAN berusaha MENGHILANGKAN potensi rugi, tapi kita haruslah berusaha agar keuntungan kita bisa lebih besar daripada kerugian. dan untuk bisa untung secara konsisten kita harus memiliki sebuah SOP- standard operating procedure. bagaimana kondisi yang mendasari pembelian dan penjualan.

dalam bermain saham kita tidak bisa mengandalkan luck saja, memang luck pasti memiliki pengaruh juga. luck yang saya maksud di sini adalah misalkan dari 4 pilihan saham yang ada, kita asal memilih 1 dengan harapan saham itu yang akan naik dengan kencang. dalam jangka pendek orang yang memiliki luck yang tinggi mungkin akan bisa berhasil beberapa kali membeli saham yang bagus. tapi untuk jangka panjang akan sulit untuk bertahan.

dengan merancang sebuah trading sistem, kita akan memiliki pedoman tindakan yang harus diambil dalam kondisi tertentu. sehingga keuntungan yang kita dapatkan memang karena mengikuti pola yang ada, dan bisa diulangi lagi prosesnya. sehingga keuntungan dalam bermain saham bukan sebuah peristiwa yang terjadi secara dadakan dan diluar rencana.

merancang sebuah TRADING SYSTEM seperti menyusun sebuah PUZZLE, setiap pengetahuan kita tentang market, setiap teori yang kita buat tentang arah pergerakan market seperti SEPOTONG PUZZLE, kita harus bisa MENYUSUNNYA menjadi sebuah puzzle yang UTUH, semakin banyak kita belajar, potongan puzzle di tangan kita akan semakin LENGKAP. sebuah trading system yang belum optimal penyebabnya adalah kita BELUM MEMILIKI semua potongan puzzle nya.

terus menderita rugi di masa awal bermain saham adalah hal yang wajar, karena kita masih belajar juga, yang paling penting pelajari setiap penyebab kerugian kita, namun jika setiap kali rugi kita malah menyangkalnya, berusaha melupakannya, agak sulit untuk maju karena kita sama sekali tidak belajar apa pun.

seorang trader loser karena dia belum berhasil merancang trading sistem yang sesuai buat dirinya, potongan puzzlenya belum lengkap, sehingga harus lebih banyak lagi mempelajari market

Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post