Cabe Rawit : Pengaruh Fee Transaksi Saham

Umumnya fee transaksi saham yang dikenakan oleh perusahaan sekuritas berkisar antara 0.1% sampai 0.25%, bahkan jika transaksi anda cukup besar anda masih bisa nego . jika dilihat sepintas fee transaksi ini kelihatannya kecil sekali, tapi sebenarnya pengaruhnya cukup besar terhadap performance transaksi kita.

Terlebih jika anda adalah seorang trader aktif, yang rajin beli-jual saham. fee harus sangat diperhatikan. kita ambil contoh , misalkan fee beli anda adalah 0.2% dan fee jual adalah 0.3%, ini artinya untuk breakeven (balik modal) saja anda harus bisa jual saham 0.5% di atas harga beli.

misalkan kita beli saham di 2000, jika kita menjualnya di 2010, kita belum untung, karena fee transaksi untuk jual dan beli adalah 2000 * 0.5% = 10

tujuan kita membeli saham pastilah untuk mencari untung, sehingga pada saat membeli saham, haruslah diliat potensi keuntungannya, apakah saham tersebut bisa naik LEBIH BESAR dari 0.5% dari harganya yang sekarang, dan SEBERAPA JAUH potensi kenaikannya?

setiap kali membeli saham, kita harus sudah memperkirakan, sampai di mana potensi kenaikannya, jangan asal membeli saham karena emosi saja, karena takut ketinggalan. karena setelah kita membeli saham tersebut, saat harganya masih tetap kita sudah rugi 0.5% .


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

jika ada saham yang potensi kenaikannya cuma 1-2 point di atas breakeven point, baiknya di skip saja, karena resikonya tidak sebanding dengan potensi reward.

dalam bisnis, untuk bisa meningkatkan laba kita harus bisa menekan biaya, sama juga halnya dalam trading saham, selain loss, fee transaksi juga adalah merupakan komponen biaya. JANGAN MELAKUKAN TRANSAKSI YANG TIDAK PERLU. setiap posisi beli yang dibuka tujuannya adalah untuk GAIN.

setiap transaksi hendaknya sudah melalui proses analisa yang mendalam, jangan sampai kita menderita loss yang tidak perlu, yang akibatnya akan mengerus keuntungan yang sudah ada, Untuk bisa dapat gain di bursa tidaklah terlalu sulit, tapi yang sulit adalah mempertahankannya , bagaimana kita mampu melindungi gain yang sudah ada dari LOSS yang TIDAK PERLU

selain mengurangi melakukan transaksi yang tidak perlu, jika bisa cobalah untuk nego fee transaksi dengan broker kita. dengan semakin banyaknya perusahaan sekuritas, ada beberapa yang berlomba-lomba memberikan fee yang seminimal mungkin dengan tujuan untuk menarik nasabah baru. daripada pindah ke perusahaan sekuritas baru yang kita sama sekali tidak kenal lebih bagus nego dengan broker kita yang sekarang.

bagaimanapun broker adalah sahabat dari trader, siapa lagi yang memberikan info paling update kepada kita selain dari broker? jadi pada saat nego usahakan bisa win-win solution. kita mendapat potongan fee dan broker tetap mendapatkan komisi yang sepantasnya.

Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post