Strategi Trading Saham saat Bear Market

Banyak kejadian di mana keuntungan saham yang sudah diperoleh selama market bull , habis saat bear market datang. hal ini umumnya dialami oleh para trader pemula yang baru mulai trading saham saat market sedang bull.

saat market bull, semua saham akan sama-sama naik. bahkan jika anda tidak memiliki kemampuan untuk analisa saham secara fundamental maupun teknikal, masih bisa untung. bagi seorang trader berpengalaman saat market bull pertanyaannya bukanlah saham apa yang akan naik, tapi saham apa yang akan naik paling kencang.
analisa saham fundamental, analisa saham teknikal, belajar saham pemula, psikologi trading, tips investasi, trading plan, trading yang benar, modal saham, rekomendasi saham, profit saham konsisten
karena saat market bull, beli saham apapun masih bisa untung, meski anda ngotot tidak mau cut loss, pada akhirnya harga saham mungkin masih bisa naik kembali. berkali-kali mengalami hal seperti ini pastilah akan memberikan anda pemahaman bahwa tindakan cut loss adalah hal yang percuma. karena untuk mendapatkan untung di bursa saham yang paling penting adalah kesabaran. sehingga cut loss hanyalah untuk orang yang tidak sabar menunggu sahamnya berbalik arah.

seorang trader perlahan-lahan akan membentuk sebuah pola trading yang menurutnya sangat menguntungkan. namun pola trading yang baru dibuat saat market bull belum bisa dinilai. jika selama ini transaksi nya menguntungkan itu mungkin saja bukan karena trading sistemnya yang bagus. namun cuma kebetulan saja market sedang naik, sehingga sahamnya ikut naik.

kemudian market beralih memasuki fase pre-bear... market tidak akan otomatis beralih dari bull ke bear dalam waktu sehari dua hari, market mungkin belum turun , tapi kekuatan kenaikan nya mulai melambat.

Apa itu milis rekomendasi saham jsx_trader? kenali lebih dekat di sini 

pada masa ini , bisa saja trader mulai merasakan keuntungan sudah tidak semudah dulu, mungkin harga saham cuma bergerak di tempat saja. atau bisa juga ditandai dengan semakin banyaknya saham yang mulai nyangkut.

bagi trader berpengalaman yang sudah memiliki trading sistem yang bagus, pembalikan market sebenarnya mudah sekali di lihat dari histori transaksi. untuk saya pribadi, jika dalam 5 transaksi berturut-turut saya terpaksa cut loss, ini sudah merupakan warning bahwa ada sesuatu yang tidak beres. dan perubahan style harus mulai dipersiapkan

setelah fase pre-bear , datanglah bear. para trader pemula yang sudah memiliki keyakinan telah memahami cara kerja market akan mulai kebingungan , saat floating loss semakin membengkak. saat ini tujuan sudah bukan untuk mendapatkan keuntungan, tapi harapan semoga harga bisa kembali ke modal. atau setidaknya bisa keluar dengan loss seminim mungkin.

ini karena banyak trader pemula yang sama sekali tidak siap menghadapi bear. dan tetap menggunakan strategi yang selama ini dipakai saat bull. akibatnya keuntungan yang sudah dikumpulkan selama ini harus dikembalikan lagi ke market. dan mungkin saja dengan modal awal yang semakin tergerus.

untuk trader yang telah berpengalaman, mereka sudah menyadari bahwa bull dan bear akan selalu datang silih berganti. sehingga saat market berbalik arah, mereka telah siap menggganti strategi nya.

menurut pandangan pribadi saya, jauh lebih baik seorang pemula mulai belajar trading saham saat market sedang bear. sehingga dia bisa melihat kehancuran yang bisa ditimbulkan. sehingga saat market mulai bull, dia sudah lebih dari siap untuk menikmati hasilnya

Good Luck

SHARE THIS ARTICLE ON :





Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via WA, SMS dan email , untuk info selengkapnya silakan WHATSAPP/ Telegram di 0819-3393-3317 atau email ke milisjsxtrader@yahoo.com
analisa saham fundamental, analisa saham teknikal, belajar saham pemula, psikologi trading, tips investasi, trading plan, trading yang benar, modal saham, rekomendasi saham, profit saham konsisten

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post