Bersiap Menerima Keuntungan Besar


Mengendalikan Psikologi Saat Untung

sebagai seorang trader saham, kita harus selalu memperhatikan management resiko , setiap transaksi harus sudah diukur berapa besar potensi loss nya, dan kita sudah harus bersiap menerima kerugian yang timbul seandainya terpaksa cut loss.

seorang trader yang berpengalaman sudah siap menghadapi kondisi loss, karena dia tahu setiap analisa saham pasti memiliki potensi kesalahan. sehingga sudah memiliki kesiapan mental untuk menerimanya.

namun selain kesiapan menerima kerugian, kadang kita lupa mempersiapkan diri kita untuk menerima keuntungan jumbo

saat baru mulai trading, seorang trader yang belum berpengalaman mungkin menganggap bursa saham sebagai jalan untuk kaya mendadak. memandang bursa dengan harapan yang sangat tinggi, bersiap untuk mendapatkan keuntungan jumbo dalam waktu secepatnya.


Apa itu milis rekomendasi saham jsx_trader? kenali lebih dekat di sini 


Seiring pengalaman, kita akan mulai sadar bahwa bursa saham tidaklah seindah impian. dibutuhkan kerja keras dan disiplin yang sangat kuat agar bisa bertahan. saat ini kita sudah memandang bursa dengan realistis.

namun seiring dengan bertambahnya pengalaman dan semakin disiplin pada money management, kita jangan sampai melupakan fakta, bahwa bursa saham MEMANG bisa MEMBERIKAN KEUNTUNGAN YANG BESAR.


"I must have looked more like a man about to commit suicide than one who had just
made himself a small fortune" , itu adalah kutipan dari buku how i make $2.000.000 in the stock market. kondisi saat darvas mendapatkan keuntungan besar. saat itu dia tidak mampu memutuskan apakah hendak merealisasikan keuntungan, atau tetap menyimpan sahamnya.
keuntungan menabung saham
bahkan trader saham yang berpengalaman pun akan mengalami kesulitan saat mendapatkan keuntungan besar. karena dorongan untuk segera merealisasikan keuntungan sangatlah besar.
jangan memandang bahwa posisi loss akan sangat memusingkan, posisi untung bahkan bisa lebih memusingkan. karena kita akan menghadapi dilema apakah secepatnya merealisasikan keuntungan saham, ataukah tetap membiarkannya naik terus?
Terlebih jika anda adalah tipe trader saham yang sangat rajin memantau "perkembangan terakhir" portofolio. setiap harga naik 1 poin otomatis keuntungan anda akan bertambah juga. namun pada saat harga mulai koreksi kita akan mulai merasa was-was , apakah ini adalah awal dari koreksi?

kebiasaan ini sangat kontra produktif, karena anda akan selalu melihat kondisi keuntungan pada posisi tertinggi. setiap kali harga mulai turun, secara tidak sadar anda akan menghitung berapa rupiah yang sudah melayang seandainya tadi melepas di harga tertinggi. semakin harga turun kita akan merasa loss lebih banyak.

1 hal yang harus disadari, kita TIDAK MUNGKIN bisa secara KONSISTEN menjual di harga tertinggi. akan selalu ada sebagian kecil keuntungan yang terlepas. itu adalah kenyataan. lupakan keinginan untuk selalu berhasil menjual di harga tertinggi
Apa itu milis rekomendasi saham jsx_trader? kenali lebih dekat di sini 

Saat market lagi berpihak pada kita, usahakan jangan terlalu sering mengintip sudah berapa unrealized keuntungan yang ada. itu hanya akan mempengaruhi psikologi kita - dalam arti yang jelek. keuntungan saham idealnya cukup di intip saat akhir bulan saja untuk mengetahui performance. agar bisa membuat keputusan trading tanpa bias, kita cukup berpegang pada chart saham.


semua keputusan trading trading haruslah dibuat hanya berdasarkan kondisi yang ditampilkan chart. jangan menjual hanya karena harga mulai turun beberapa poin dari high nya. karena bisa saja itu hanyalah kondisi koreksi normal. semakin besar posisi kita dalam saham tertentu, semakin gampang kita terpengaruh oleh fluktuasi harian yang kecil.

dengan cara seperti ini kita bisa bertahan pada saham bagus lebih lama. dan tidak gampang digertak oleh sinyal koreksi palsu.
memegang saham yang sedang naik bisa disamakan dengan menunggang kuda liar, setiap saat kita bisa terlempar dari kuda jika tidak kuat bertahan. saat menyusun plan, tentukan di mana titik jual saat trend confirm patah. dan tetap disiplin pada plan tersebut

ada trader yang sudah menentukan take profit poin sejak awal, pola hitungannya berbeda-beda, ada yang ditentukan berdasarkan titik resistance, ada juga yang ditentukan berdasarkan rasio risk:reward, misalkan rasio 1:2 , artinya jarak take profit adalah 2 kali lipat dari jarak ke titik cut loss

namun perlu diingat penentuan take profit harus disesuaikan dengan kondisi market. dalam market yang sideway take profit bisa diterapkan , namun dalam trending market , take profit poin cenderung hanya akan menjadi cut profit, karena keuntungan max kita akan terbatas.

penentuan take profit poin, sebaiknya hanya menjadi acuan seberapa besar potensi keuntungan yang ada. bukan sebagai patokan untuk menjual. saat harga berhasil menyentuh take profit, terlebih dahulu kita memeriksa kekuatan trend, apakah masih ada harapan untuk naik lagi atau tidak

take profit juga sebaiknya dilakukan secara parsial, secara bertahap, karena tidak ada seorang pun yang bisa dengan konsisten menebak arah trend. bisa saja setelah kita take profit harga malah naik terus. dengan tetap memiliki sebagian saham, kepercayaan diri kita tidak akan terlalu terganggu, kita masih bisa dengan tenang memeriksa, apakah masih ada peluang untuk masuk kembali, atau segera melepas saham yang tersisa

setelah merealisasikan keuntungan besar, masih ada yang harus diperhatikan juga. setelah untung cukup besar, seorang trader cenderung akan melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak perlu. ini adalah hal yang sangat wajar. karena setelah untung besar, kepercayaan diri kita akan sangat berlebihan. kita akan cenderung untuk membuka posisi pada transaksi yang tidak perlu.

sehingga sangat disarankan untuk trader yang baru untung besar, untuk cooling down dulu. transaksi berikutnya usahakan selalu membeli dengan porsi yang kecil, setelah kondisi emosional kita mulai stabil, barulah membeli dengan porsi yang normal

Good Luck


SHARE THIS ARTICLE ON :




Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via WA, SMS dan email , untuk info selengkapnya silakan WHATSAPP/ Telegram di 0819-3393-3317 atau email ke milisjsxtrader@yahoo.com analisa saham fundamental, analisa saham teknikal, grup belajar saham, konsultasi saham, profit konsisten, psikologi trading, rekomendasi saham, saham nyangkut, screening saham, Trading yang benar, ulasan saham





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post