Mind Control


Mempersiapkan Kondisi mental dalam bermain saham

kebiasaan kita dibentuk oleh pikiran kita.
pikiran kita dibentuk oleh alam bawah sadar kita.

orang yang punya kebiasaan malas berusaha, tidak mau bekerja keras , kemungkinan besar tidak akan mencapai apapun dalam hidup ini, make sense kan? jadi untuk sukses dalam apa pun yang kita kerjakan, kita harus memperbaikinya dari hal yang paling mendasar, yaitu pikiran kita. jika kita memiliki mental pekerja keras, tidak mudah menyerah, niscaya apapun yang kita kerjakan akan berhasil.

Trading saham juga demikian, kesuksesan bukan ditentukan oleh seberapa bagus analisa teknikal yang kita gunakan, seberapa tepat kita berhasil memprediksi bottom-top, tapi pada seberapa siap psikologi kita menghadapi market, dalam hal ini mind-set, bagaimana kita memandang market, bagaimana reaksi kita menghadapi loss, bagaimana kita disiplin pada planning yang telah ditetapkan.

2 orang yang menggunakan system yang sama, trading di market yang sama, tidak akan memberikan hasil yang sama, karena performance ditentukan oleh mind-set masing-masing trader.

ubahlah sudut pandang anda terhadap market, niscaya performance anda akan berubah juga, jika kita memandang market sebagai mesin pencetak uang , demikianlah adanya. jika kita memandang market sebagai mesin penghancur uang, akan demikian yang terjadi.

yang menjadi masalah sekarang adalah bagaimana membentuk mind-set kita agar bisa memberikan performance yang optimal, seandainya ada ahli yang bisa masuk ke alam bawah sadar kita seperti di film Inception untuk menanamkan pikiran bahwa make money secara konsisten di bursa saham adalah hal yang lumrah, performance kita pasti akan optimal.

yang bisa kita lakukan adalah pelan-pelan menanamkan kebiasaan trading yang benar ke alam bawah sadar kita, kita tidak bisa secara instan mengubah kebiasaan trading kita, harus secara perlahan-lahan ditanamkan. usahakan selalu membuat catatan atas trading kita, catat apa yang mendasari kita melakukan trading tsb, dan review lah secara berkala agar anda bisa memahami apa yang mendorong kita.

dengan adanya catatan itu, kita akan memiliki gambaran bagaimana cara pandang kita terhadap market, jika memang sudah benar teruskan, tapi jika ternyata cara pandang kita salah, harus secepatnya diubah.

jangan memandang remeh mind-set kita terhadap market, karena ini yang menjadi central dari segala tindakan kita. bayangkan anda akan berjalan sejauh 10 Km dari sebuah titik , anda bebas memilih arah yang akan dituju, perbedaan arah yang anda pilih meskipun cuma berbeda 1 MM saja, setelah 10 Km jaraknya akan jauh sekali berbeda dibandingkan jika anda memilih bergeser 1 MM dari titik awal.

you change your mind-set, you change everything
Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post