jsx_trader: Behind The Scene


: Mengenali Teknik Bermain Saham milis jsx_trader

Setiap kali menerima rekomendasi spt ini
"beli ADHI 3400 cl 3175 DR 0.8"
pernah kah terpikirkan oleh anda, bagaimana proses sampai muncul rekomendasi seperti itu?
saya coba share bagaimana proses sampai pada keputusan transaksi tsb.

setiap weekend, saya akan menganalisa chart weekly dari sektor2 yg ada, untuk mencari sektor apa yang paling kuat uptrendnya, setelah itu akan menganalisa chart weekly dari saham indivual. tujuannya adalah untuk menentukan saham yang terkuat dari sektor yang terkuat. berdasarkan proses ini saya sudah punya gambaran sektor dan saham apa yang harus diperhatikan selama 1 minggu ke depan.

proses tersebut juga diulangi setiap hari untuk chart daily, setiap malam saya akan menganalisa untuk menentukan saham apa yang layak diperhatikan untuk besok, analisa weekly untuk mendapatkan "big picture" arah trend, sedangkan analisa daily untuk menentukan timing entry dan exit. berdasarkan proses ini saya sdh punya gambaran saham apa yang layak di transaksikan untuk besok.

setelah menganalisa seluruh saham, akan ada beberapa kandidat kuat yang muncul, tapi kita tidak mungkin membelinya semua, saya pribadi maksimal cuma hold 8 jenis saham, agar konsentrasi kita tidak terpecah, oleh karena itu dari semua saham yg memberi sinyal, masih harus disaring lagi, ditentukan mana yang punya potensi kenaikan terbesar, mana yang gerakannya paling cepat, mana yang tingkat risknya paling rendah.

selain itu kita juga perlu memonitor portofolio kita, setiap saat perlu menganalisa kembali saham yg sedang dihold, apakah masih layak untuk dipertahankan, apakah sinyal entry yg muncul saat kita beli masih valid, juga perlu menentukan diantara saham yg kita hold mana yang paling jelek performancenya, jika ada saham yang memberi potensi keuntungan yang lebih cepat, kita jangan ragu-ragu untuk switching.

setiap hari saya juga membuat 3 skenario untuk keadaan market besok.
bagaimana jika market naik sesuai prediksi
bagaimana jika market cuma sideway saja
bagaimana jika market merah karena pengaruh regional.

untuk setiap keadaan yg mungkin terjadi, saya sdh menentukan tindakan apa yang harus dilakukan, mana yang harus dijual, mana yg harus di avg up dll, sehingga bagaimana pun keadaan market yg terjadi besok, saya sudah siap, karena semua kemungkinan action sdh ditentukan sebelumnya.

pada saat market running, saya cuma mengamati dan melaksanakan planning yg ditentukan jika kondisinya sesuai dgn plan, bisa dikatakan selama jam trading adalah masa yang sangat membosankan , karena kita cuma duduk menunggu saja.

jika anda berpikir bahwa seorang trader cukup punya kemampuan untuk menentukan saham apa yg memberi sinyal entry, semoga artikel ini bisa memberi anda bayangan apa saja yang perlu dilakukan seorang trader agar bisa mencapai hasil yang optimal

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post