3 idiots


: Memahami Makna Belajar Saham Yang Sesungguhnya

Yang sdh pernah nonton film "3 idiots" pasti bisa menangkap pesan bahwa system pendidikan yang selama ini dianut masyarakat adalah bahwa seorang murid ditentukan tingkat kepandaiannya berdasarkan seberapa tepat dia mampu menghapalkan teori yang diajarkan oleh gurunya. seorang murid yang mampu menghapalkan / menuliskan kembali teori-teori yg persis sama dengan buku akan dicap sebagai murid yang jenius.

parahnya kebiasaan ini terbawa sampai saat kita belajar trading, banyak orang menganggap bahwa untuk trading secara profitable kita harus menguasai analisa teknikal , penguasaan analisa teknikal diasosiasikan adalah harus menghapalkan semua teori-teori TA secara sempurna. aku pernah ketemu orang yang sepertinya telah menghafalkan nama semua pattern candlestick, saat berbicara dengan lincahnya dia menggunakan nama2 pattern candlestick yang aku gak hafal polanya.

meskipun aku banyak membaca buku candlestick, tapi nama-nama pattern yang kuhafal mungkin tidak sampai 10, aku cuma ingat nama yang umum saja, karena saat membaca buku, aku berusaha untuk mengerti pola yang terbentuk mengindikasikan stage market seperti apa, sama sekali tidak terpikirkan untuk menghapalkan namanya.

a test for you, saat melihat candle bar, apa yang pertama terlintas di pikiran anda? apakah anda berusaha untuk mengingat-ingat apa nama pattern yang sedang terbentuk , ataukah anda berusaha untuk mengidentifikasikan kondisi market yg digambarkan chart... jika bukannya berusaha untuk menilai kondisi market, tapi anda malah sibuk mengingat nama dari pattern yang ada, sebaiknya segeralah introspeksi pada pola belajar anda, sepertinya fokus belajar anda sdh menyimpang, anda cuma belajar kulitnya saja bukan esensi dari pelajaran.

sama seperti saat belajar indicator TA yang baru, jika anda malah sibuk mengecek kehandalan indicator TA tsb di masa lalu, menghitung berapa % kehandalannya berdasarkan historical transaksi, something is wrong, fokus belajar anda telah menyimpang, sebaiknya saat mempelajari indicator baru pelajarilah apa yang sebenarnya hendak dihitung oleh indicator tsb, utak-atik lah rumus yang mendasari perhitungannya, dengan cara ini anda bisa mengerti secara mendalam indicator tsb. anda bahkan dapat menciptakan indicator yang lebih bagus jika anda dapat menangkap logika yang mendasarinya.

tidak ada indicator bagus yang menggunakan pola berpikir yg kompleks, aku ingat saat alligator lagi hot , saat kuperhatikan rumusnya sebenarnya pola perhitungannya berdasarkan logika trading yang sederhana, logika trading yang memang valid yang banyak dibahas di buku-buku trading, trading system ku juga menggunakan logika trading yang sama. alligator sebuah indicator yang bagus krn pola berpikirnya gampang dipahami, jika anda menemukan indicator yang rumusnya terlalu rumit, yang pola berpikirnya susah dipahami mgkn indicator itu tidak terlalu bagus.

harapan saya , anda juga mampu menciptakan trading system yang bagus setelah mempelajari analisa teknikal , jangan hanya terfokus pada kulit luar, belajar tanpa memahami esensi nya hanyalah membuang-buang waktu saja.

Good Luck

Untuk Mendapatkan Rekomendasi Saham via BBM, SMS, email & YM  silakan add pin BBM kami : 76A6A78B untuk info selengkapnya  atau kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com

1 komentar:

  1. Tulisan yang bagus..
    Sangat sependapat sekali, ngapain menghapal, yang terpenting paham logikanya.

    BalasHapus

Related Post