The Art of Cut Loss


Teknik Melakukan Cut Loss


semua teknik analisa saham yang ada, baik analisa fundamental maupun analisa teknikal , hanyalah sebagai alat untuk membantu mengenali kondisi saat ini. ibaratnya kita ada dalam sebuah ruangan yang gelap gulita, analisa saham seperti sebuah senter yang membantu menerangi daerah yang diarahkan, sedangkan daerah lain nya akan tetap gelap

sehingga sebelum memulai terjun di bursa saham, kita harus menyadari ketidakpastian ini.

selanjutnya harus di kenali bahwa dalam bursa saham, ada 2 pilihan gaya yang bisa diambil, sebagai INVESTOR SAHAM atau TRADER SAHAM 

anda bisa mengatur portofolio sebagian di invest dan sebagian di trading, tapi jangan pernah mengubah gaya pada saham yang sedang open position. karena banyak trader yang awalnya membeli saham dengan tujuan trading, hendak mengambil untung setelah naik sekian persen. namun saat harga sahamnya malah turun. karena tidak rela cut loss, sehingga langsung diubah menjadi investasi. dengan alasan bahwa fundamental perusahaan cukup bagus.

ada perbedaan yang sangat jelas antara investasi saham dan trading saham, anda bisa menerapkan keduanya, namun tidak bisa mencampur adukkan ataupun berganti style di tengah jalan.
biaya traning trading profit ellen may premium access 
misalkan kita memiliki target hendak untung 20% , ada 2 cara :
1. membeli saham yang akan naik 20% , atau
2. bolak-balik membeli dan menjual saham dengan keuntungan per saham 5% , sampai total keuntungan menjadi 20% pakar saham ellen may instagram
smart traders not gamblers 
cara 1 adalah investasi, sedangkan cara 2 adalah trading, masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan.
portofolio saham lo kheng hong
dalam investasi , kelebihannya adalah anda hanya membeli sekali dan menjual saat mencapai target, sehingga tenaga dan waktu yang diperlukan tidak terlalu besar, anda tidak perlu sepanjang hari memperhatikan monitor .

Apa itu milis rekomendasi saham jsx_trader? kenali lebih dekat di sini 

kekurangan dalam investasi adalah kita tidak akan tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh saham tersebut untuk mencapai target. bisa cepat bisa juga sampai tahunan, dan bisa juga tidak pernah mencapainya. analis saham terbaik

inti dari investasi adalah memilih perusahan yang memiliki fundamental bagus yang masih akan bertahan 5-10 tahun akan datang. di mana dengan pertumbuhan perusahaan yang bagus diharapkan harga sahamnya juga akan ikut meningkat.
ebook teguh hidayat saham
yang menjadi masalah adalah , dari ratusan perusahaan yang listing di bursa saham, bagaimana caranya kita memilih 1-2 perusahaan bagus ? jangan sampai kita malah membeli perusahaan bagus yang harganya stagnan selama bertahun-tahun.

berbeda dengan investasi , trading saham memiliki jangka waktu lebih pendek. jika investasi berusaha menikmati hasilnya 5-10 tahun akan datang, trading saham berusaha menikmati hasilnya bulan depan.

dengan analogi hendak mencapai sebuah tujuan, investasi seperti kita menggunakan sebuah kendaraan yang sama dari awal sampai di tujuan. meskipun kendaraan tersebut mogok di tengah jalan, atau bergeraknya lambat sekali, kita tetap akan bertahan di dalam kendaraan tersebut sampai mencapai tujuan.
Anggun trader Creative Trading System
sedangkan dalam trading, saat mulai dari titik awal, meskipun sudah memiliki kendaraan, namun kita tetap mencari kendaraan lain yang lebih kencang , yang bisa lebih cepat membawa kita ke tujuan. seorang trader akan lebih banyak melakukan switching dibandingkan investor dengan tujuan agar mengikuti arah trend yang paling kencang

kekurangan dari switching ini adalah bisa saja seorang trader salah memindahkan modalnya. di mana saham yang dibeli tidak bergerak ataupun malah turun, sedangkan saham yang dijual malah naik lebih kencang.

seorang trader dituntut untuk memiliki mental pantang menyerah, dan siap mengakui kesalahan serta sigap memperbaiki kesalahan. karena jangka waktu trader lebih singkat sehingga modal harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. berbeda dengan investor, saat harga sedang turun investor bisa saja mengacuhkannya, malah menjadi kesempatan untuk membeli lebih banyak lagi.

oh karena itulah, cut loss adalah sangat penting bagi seorang trader, saat market bergerak berlawanan dengan prediksi awal. seorang trader tidak memiliki waktu yang lama untuk berharap dan menunggu sampai harga naik kembali. jika memang kondisi market sudah tidak memungkinkan , seorang trader harus rela untuk menjual rugi sahamnya demi untuk melindungi modal.

cut loss juga tidak selamanya karena market bergerak turun. sebuah saham yang masih dalam kondisi break-even ataupun hanya turun 1-2 poin, bisa saja di cut loss jika ada saham lain yang memiliki potensi yang lebih bagus.

inti dari tindakan cut loss adalah untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, entah itu untuk melindungi modal maupun agar modal bisa dialokasikan pada saham yang lebih kencang.

dan harus selalu diingat , bahwa selalu ada kemungkinan saham yang di cut loss malah akan naik lebih kencang. itu adalah kondisi yang sangat normal. tidak ada gunanya menyesali tindakan yang sudah diambil, ataupun merasa bodoh. jangan memperparah kerugian yang timbul dengan rasa penyesalan diri.

Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317