jsx_trader All We Have to Do is Follow The TREND | Rekomendasi Saham Harian di Bursa Saham Indonesia

All We Have to Do is Follow The TREND

"All we had to do was follow the damn train trend , CJ" quote itu saya ambil dari game GTA san andreas yang pernah hit 10 tahun lalu.

quote itu bisa menjadi patokan kita dalam trading. selalu lah ingat bahwa dalam trading, yang perlu kita lakukan hanyalah mengikuti trend yang ada.

Prinsip paling dasar dalam trading saham adalah TREND IS YOUR FRIEND

semua teknik analisa teknikal yang diciptakan , hanyalah bertujuan untuk mengidentifikasi trend yang ada saat ini, agar kita bisa berada pada sisi yang benar, ikut menumpang gerakan trend yang sedang berlangsung

untuk sukses dalam trading saham tidak perlulah indikator saham yang paling hebat, tidak memerlukan teknik management resiko yang sangat kompleks. lakukan hal yang sangat sederhana saja.

Jika trend sedang naik ... BELI
Jika trend sedang turun.. JUAL

ada 3 macam trend yang umum dikenal:
- UPTREND = trend naik
- DOWNTREND = trend turun
- SIDEWAY = harga bergerak dalam menyamping dalam range harga tertentu

dan ada 1 kondisi lagi yang saya definisikan sebagai NO TREND , ada saham yang sama sekali tidak memiliki pola trend, gerakan harganya sama sekali tidak memiliki pola, naik turun seenaknya , tidak bisa diprediksi.

dalam uptrend, strategi trading yang digunakan adalah hold selama mungkin. banyak trader pemula yang terjebak dalam pola ini. saat saham yang dipegang turun harganya, mereka entah melakukan average down atau duduk manis menunggu harga naik lagi. pada saat harga memang mulai naik, trader pemula ini secara tidak sadar akan menanamkan pola pikir, bahwa saat harga turun, kita tinggal melakukan average down saja agar harga modal semakin kecil, atau duduk manis saja karena harga pasti akan naik kembali

hal ini sangat berbahaya, karena kebetulan saja saat itu sedang uptrend, harga biasanya memang hanya akan mengalami koreksi kecil sebelum naik kembali. jika trader pemula memiliki prinsip seperti ini. saat dipraktekkan 1-2 kali ternyata berhasil. perlahan-lahan hal ini akan tertanam dalam pikirannya. semakin sering dilakukan, akan menjadi kebiasaan yang susah diubah.

masa uptrend / bullish memang adalah masa yang paling indah bagi seorang trader. profit gampang sekali diraih, manfaatkan masa ini untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. pilihlah saham yang gerakan harian nya paling besar, dan trend nya paling mudah diikuti. maksimalkan modal yang ada. pada masa ini hampir semua saham akan naik harganya. namun kenaikannya akan bervariasi ada saham yang naiknya pelan-pelan, ada yang naiknya kencang. tentu saja kita cukup fokus pada saham yang memberikan keuntungan tercepat

berikutnya downtrend, dalam trend ini harga akan cenderung terus turun . memang akan ada sesekali rebound, namun berikutnya diikuti oleh penurunan yang lebih besar. pada masa ini kesabaran seorang trader betul-betul diuji.

apakah anda akan cukup sabar menunggu harga turun ke dasar, dan menunggu pola konfirmasi bahwa downtrend sudah selesai , sebelum masuk kembali.

ataukah anda akan langsung membeli saat harga mulai naik 1-2 poin?

banyak yang mengatakan downtrend adalah masa belanja, karena saham sedang dijual murah. jangan salah paham. kita tidak akan pernah tahu harga akan diobral sampai diharga berapa. membeli saat downtrend sama seperti berusaha menangkap pisau jatuh, bukan nya berhasil menangkap pisau malahan bisa saja tangan kita terluka

memang puas rasanya jika berhasil membeli di harga paling dasar dan harga ternyata betulan rebound. tapi berapakah probabilitasnya? jika anda perhatikan di social media, orang-orang yang mengklaim berhasil membeli diharga terendah, biasanya mereka membanggakan saat harga sudah naik, sangat jarang ada yang berani posting menyebutkan dengan spesifik harga pembelian saat market sedang turun.

kita harus menerima kenyataan , bahwa kita tidak akan pernah secara KONSISTEN berhasil membeli di harga terendah, berikanlah sedikit ruang untuk chart memberikan konfirmasi reversal, agar kita membeli saat harga memang berpeluang untuk naik lebih tinggi.

jangan pernah memaksakan diri untuk membeli jika sinyal belum sempurna konfirm reversal. kita cuma harus mencari lebih teliti saham lain yang sedang uptrend. percayalah selalu ada peluang untung di bursa saham. bahkan saat market secara keseluruhan sedang downtrend, selalu ada 1-2 saham yang cukup bandel untuk tetap naik.

pola trend berikut adalah sideway, dalam keadaan ini market hanya bergerak naik turun dalam ranger tertentu. dalam masa ini kita bisa memanfaatkan titik support dan resistance untuk menentukan timing membeli dan menjual.

gunakan indikator analisa teknikal yang sesuai dengan kondisi sideway, karena ada beberapa indikator yang tidak sesuai diterapkan dalam masa sideway. dan carilah saham yang memiliki range yang cukup lebar agar memberi ruang cukup besar untuk saham bergerak. range yang terlalu sempit memberikan rasio risk:reward yang kurang bagus juga

dan jika tidak saham yang cukup bagus potensinya , jangan memaksakan untuk membeli.

kenali trend yang sedang berlangsung, dan ambil tindakan yang sesuai

karena : ALL WE HAVE TO DO IS FOLLOW THE TREND

Good Luck







Tidak ada komentar:

Posting Komentar