jsx_trader Kunci Sukses Trading Saham | Rekomendasi Saham Harian di Bursa Saham Indonesia

Kunci Sukses Trading Saham


Pengaruh Kesabaran Dalam Bermain Saham

Syarat belajar investasi saham bagi pemula adalah melatih kedisiplinan. karena untuk bisa  untung secara konsisten di bursa saham, seorang trader dituntut untuk memiliki kedisiplinan dan kesabaran tingkat tinggi. dalam beberapa artikel yang lalu saya telah membahas mengenai kedisiplinan, bagaimana kita harus disiplin pada plan yang telah di tetapkan, disiplin menjalankan SOP trading dll.

dalam artikel kali ini , saya akan membahas mengenai kesabaran. banyak sekali proses trading yang membutuhkan kesabaran kita.

mulai sejak pertama kali kita terjun bermain saham, pada saat itu skill kita masih rendah, namun semangat sangat menggebu-gebu, kita ingin secepatnya menjadi kaya lewat bermain saham, kita rajin membaca berbagai macam buku saham , menghadiri banyak seminar saham. tujuannya cuma satu, agar bisa secepatnya menjadi seorang master trading.

namun mengetahui teori tentang sesuatu bukanlah berarti kita sudah akan menjadi ahli dalam hal tersebut, dibutuhkan pengalaman untuk mengasah pemahaman kita atas teori tersebut agar sedikit demi sedikit kita akan semakin ahli. sama halnya dengan mahasiswa kedokteran, di semester awal mereka mungkin telah mempelajari teori kedokteran, namun dibutuhkan waktu bertahun-tahun barulah mereka bisa menjadi dokter


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

mungkin para pemain saham pemula pernah mendengarkan nasihat mulailah trading dengan modal kecil dahulu. ini karena masa awal trading adalah masa belajar saham. banyak sekali kesalahan trading yang akan kita lakukan. tentunya jauh lebih baik jika kita rugi dengan modal sedikit, dibandingkan jika kita langsung trading dengan seluruh modal. pada saat kita sudah bisa untung secara konsisten barulah perlahan-lahan modal trading di tambah. pada saat ilmu kita masih sedikit , bersabarlah untuk belajar dan trading dengan modal kecil.

kesabaran juga dibutuhkan saat anda telah mulai ahli , pada saat anda telah memiliki trading sistem. semua keputusan trading haruslah berdasarkan rule yang telah kita tetapkan. apa gunanya susah payah menyusun trading sistem, jika pada akhirnya kita malah tidak disiplin mengikutinya?

kadang saham membutuhkan waktu berhari-hari sampai sinyalnya konfirm sesuai dengan trading sistem kita. seorang trader yang baik haruslah cukup sabar sampai trading sistem memberikan sinyal OK untuk beli, sama halnya seperti memancing ikan, kita harus duduk dengan sabar menunggu sampai umpan digigit ikan, barulah kailnya ditarik.

mencuri start membeli saham saat sinyal belum confirm memang bisa saja membuat kita berhasil membeli di harga yang lebih murah. namun sisi negatifnya adalah bisa saja kita terjebak membeli saham yang seharusnya tidak perlu dibeli karena sinyalnya tidak pernah confirm.

bahkan setelah kita membeli saham sesuai dengan sinyal dari system, kesabaran masih juga dibutuhkan. kesabaran untuk menunggu saham tersebut bergerak sesuai dengan prediksi. karena bisa saja setelah dibeli ternyata saham lain bergerak lebih kencang daripada yang kita beli. apakah anda cukup sabar untuk menunggu ataukah segera switch ke saham lain yang lebih kencang?

disinilah pentingnya alokasi pembelian, jangan menumpuk semua modal pada 1 saham saja, karena kita tidak akan pernah tahu mana saham yang akan bergerak paling kencang. namun diversifikasi yang terlalu banyak juga tidak bagus, karena modal kita tersebar dimana-mana. kita harus mengenali karakter masing-masing saham , seperti yang pernah saya jelaskan tentang kasta saham. agar modal kita terkonsentrasi pada saham yang terbaik

pada saat kita sedang dalam posisi winning, kesabaran juga menjadi faktor penentu. memegang saham yang sedang naik sangatlah sulit. karena ada banyak sekali godaan untuk segera take profit. harga turun 2-3 poin saja, kita sudah khawatir apakah ini adalah reversal? dan kita cenderung untuk segera mengamankan profit yang sudah di depan mata.

tapi kesabaran tidak dibutuhkan saat kita salah memilih saham, pada saat harga sudah turun melewati cut loss poin, segeralah di jual, jangan berusaha sabar menunggu reversal

Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317