Trading In The Zone : Mencapai Performance Puncak


Menjaga Kondisi Mental Puncak Dalam Trading Saham

kemampuan menganalisa market sangat menentukan hasil yang akan dicapai seorang trader. namun ada faktor yang lebih besar pengaruhnya yaitu kondisi mental trader tersebut pada saat mengambil keputusan trading.

indikator saham bagaimanapun bagusnya , apabila digunakan oleh trader yang kondisi mentalnya tidak dalam keadaan terbaik, sulit untuk memberikan hasil yang maksimal.

dalam kondisi bull seorang trader masih bisa juga loss, meskipun ada banyak sekali peluang. demikian pula sebaliknya dalam kondisi sideway atau malah downtrend, seorang trader yang kondisi mentalnya bagus masih bisa mencuri peluang untung

sehingga selain harus meningkatkan kemampuan analisa, seorang trader haruslah senantiasa menjaga agar kondisi mentalnya memungkinkan berada dalam kondisi terbaik.

seperti apakah kondisi mental puncak?


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

kondisi ini seperti pada saat anda berada dalam winning streak, pada saat hampir sebagian besar saham yang dibeli selalu untung. bagaimana saat itu anda sangat bersemangat, setiap kali ada peluang yang muncul dengan percaya diri langsung di sambar. kalaupun ada saham yang terpaksa di cut loss , bisa dengan cepat dilupakan karena kita yakin masih bisa tertutupi dari keuntungan saham lain.

sebuah transaksi yang untung, cenderung akan menarik transaksi untung berikutnya. penjelasan logisnya adalah karena kepercayaan diri kita semakin tebal, terlepas dari rasa khawatir dan bisa melihat market dengan jelas. semakin sering kita untung, kita akan semakin gampang menemukan peluang untung berikutnya.

demikian juga sebaliknya , sebuah transaksi rugi cenderung akan menarik transaksi buruk berikutnya. semakin besar loss yang di derita, efeknya akan semakin buruk. pada saat loss biasanya selain kerugian uang, ego kita juga akan terluka. sehingga dalam transaksi berikutnya, tujuan utama kita hanyalah membalas dendam pada market. berusaha agar kerugian yang diderita bisa secepatnya terbayarkan kembali.

namun yang biasanya terjadi malah kita akan semakin loss. ini akan menjadi lingkaran setan, saat seorang trader transaksi hanya berdasarkan emosi saja, meskipun market sedang bagus, dia masih bisa rugi. semakin sering rugi, dia akan semakin kalap dan kepercayaan dirinya akan semakin hancur. sehingga meskipun di depan matanya chart menunjukkan peluang yang sangat jelas, dia akan ragu untuk mengambilnya.


winning streak dan losing streak biasanya bergerak selaras dengan arah trend. jika market sedang bagus dan click dengan system kita, transaksi cenderung akan selalu untung. pada saat losing streak biasanya selain karena mental kita sedang jelek, penyebab utamanya adalah karena market memang sedang jelek, jangan memaksakan untuk masuk.

losing streak biasanya saya gunakan sebagai penanda pembalikan arah market. saat saya 3 kali berturut-turut terpaksa cut loss, ini menandakan bahwa market mulai berbalik arah. saya akan menurunkan angka DR, mengurangi bobot pembelian, dan mengurangi frekuensi trading, sampai transaksi berikutnya mulai untung kembali.

namun saat transaksi berikut masih rugi juga, saya akan semakin mengurangi bobot pembelian. tujuannya untuk membatasi kerugian yang tidak perlu, dan yang paling penting untuk menjaga kepercayaan diri. karena bangkit dari kerugian kecil lebih mudah dibandingkan bangkit dari kerugian besar. pada saat market mulai pulih kembali, saya lebih siap untuk menyambar peluang, karena kepercayaan diri belum hancur sampai di dasarnya.

sehingga menjaga kondisi mental puncak sangatlah perlu dalam kondisi market apapun. saat uptrend kita bisa menangkap banyak peluang. sedangkan saat downtrend kita bisa sabar menunggu pembalikan arah, dan masuk dengan percaya diri saat market mulai pulih
Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post