Penerapan Analisa Teknikal + Fundamental Saham

Dalam analisa saham ada 2 metode yang umum digunakan trader yaitu fundamental dan teknikal. fundamental fokus pada proyeksi pertumbuhan perusahaan, sedangkan teknikal fokus pada pengenalan pola perubahan harga saham.

saya tidak berusaha untuk membandingkan mana metode yang lebih unggul, karena masing-masing metode saling melengkapi. analisa fundamental berusaha untuk mencari SAHAM APA yang layak dibeli, sedangkan analisa teknikal berusaha untuk menentukan KAPAN WAKTU yang tepat untuk membeli dan menjual.

dulu saya adalah pure teknikal, semua action hanya berdasarkan chart saja. namun dalam 2-3 tahun terakhir saya mulai memasukkan faktor analisa fundamental dalam keputusan trading. ada tambahan anggota team yang khusus menilai kondisi fundamental saham tersebut. setiap saham akan diberi poin berdasarkan kondisi fundamentalnya, semakin bagus fundamental semakin tinggi poin nya. poin ini yang akan dimasukkan sebagai faktor dalam perhitungan DR (dynamic risk)

seperti dalam artikel kami sebelumnya yang membahas tentang dynamic risk, faktor fundamental akan mempengaruhi bobot pembelian juga. misalkan ada 2 saham yang memiliki chart yang sama persis. namun saham A memiliki bobot fundamental yang lebih tinggi, maka DR nya akan lebih besar, yang berakibat value pembelian akan lebih besar juga.

Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

tapi analisa fundamental hanya kami gunakan untuk memberikan penilaian saja, sedangkan untuk timing entry maupun target price tetap berdasarkan chart. bisa dikatakan kami hanya 95% teknikal saja. penerapan analisa fundamental bertujuan agar kita hanya trading pada saham yang memang bagus secara fundamental.

secara garis besarnya alur yang biasa kami gunakan adalah sbb:
sebelumnya kami telah memiliki watchlist saham yang sering di tradingkan, jadi rekan yang fokus pada fundamental akan  memberikan bobot penilaian untuk masing-masing saham. range nya antara 1-10. penilaian ini biasanya berlaku dalam 3 bulan ke depan berdasarkan laporan keuangan dan juga kebijakan yang diambil perusahaan, dalam hal ada perubahan yang mendasar seperti perubahan core bisnis dari emiten perubahan bobot bisa langsung dilakukan sewaktu-waktu.

sedangkan kami yang fokus pada teknikal, setiap hari akan melakukan screening saham terhadap watchlist dan keseluruhan market. jika ada saham yang memenuhi kriteria entry kami, DR akan langsung dihitung, semua faktor penentu DR akan diperhitungkan, termasuk bobot fundamental saham. dalam hal ada saham baru yang belum memiliki bobot fundamental , biasanya kami akan mulai beli jumlah minimum terlebih dahulu sambil menunggu proses perhitungan bobot fundamentalnya.

entry poin , CL poin , target poin ditentukan berdasarkan teknikal. dengan menggunaan angka DR yang muncul, saya bisa tahu harus beli berapa lot. intinya semakin bagus sinyal yang muncul, semakin bagus kondisi market, semakin bagus performance dalam beberapa transaksi terakhir dan semakin bagus fundamental saham maka DR akan semakin tinggi, yang berakibat semakin banyak lot saham yang dibeli
Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317