Cost of Business : Mengendalikan Rugi Dalam Trading Saham

Dalam bisnis apapun, perhitungan keuntungan selalu berdasarkan selisih pendapatan dan biaya. untuk meningkatkan laba kita bisa melakukan dengan cara memperbesar pendapatan dan juga menekan biaya. ini adalah prinsip paling dasar dalam bisnis.

prinsip ini juga berlaku pada trading saham, jika anda hendak menjadikan bursa saham sebagai sumber penghasilan yang konsisten, kita harus menganggap ini adalah bisnis yang serius. perlakukanlah layaknya bisnis yang lain.

pendapatan dalam trading saham adalah gain yang kita peroleh, sedangkan biaya adalah loss yang kita derita. gain dan loss harus mendapatkan perhatian yang seimbang. jangan sampai kita hanya terfokus berusaha mendapatkan gain sebanyak mungkin sehingga mengambil resiko yang terlalu besar.

contohnya seperti dalam permainan sepak bola. tim yang menang 4-2 sebenarnya sama saja dengan yang menang 2-0. karena sama-sama unggul 2 bola. hanya yang menang 4-2 ini menunjukkan bahwa mungkin mereka bermain lebih agresif sehingga sektor pertahanan sampai kebobolan 2 gol.

sama halnya dalam bermain saham. keuntungan kita dihitung dari selisih bersih gain dan loss. net gain ini harus juga sudah memperhitungkan fee transaksi yang terjadi. dalam menganalisa performance coba lah pertama-tama mengelompokkan semua transaksi yang untung dulu. kemudian kelompokkan transaksi yang loss.

tujuannya, pertama-tama kita hendak mencari tahu di mana kekuatan trading sistem kita. kita berusaha untuk mencari pola saham yang gampang memberi keuntungan. pengenalan  pola ini penting, agar bisa menjadi patokan di bulan berikutnya. kita berusaha mencari cara paling gampang untuk mendapat uang di bursa saham

selanjutnya pada kelompok saham yang rugi, berusahalah untuk mengenali kesalahan kita ada di mana, di mana titik kelemahan kita. cari tahu saham-saham apa saja yang cenderung menyebabkan kita rugi. karena ini menandakan bahwa trading sistem kita tidak berhasil mendeteksi gerakannya. sehingga pada bulan berikutnya jikapun ada sinyal entry pada saham ini sebaiknya dihindari atau bisa tetap kita ambil dengan porsi resiko yang lebih kecil.



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

perbaikan trading sistem bisa dilakukan dengan memperbaiki titik lemah kita. dan juga bisa dilakukan dengan meningkatkan keunggulan kita. saran saya, pertama-tama kenali dulu pola winning dari system kita. usahakan kita bisa mengenali pola-pola saham yang pas dengan indikator kita. agar di bulan berikutnya kita bisa mengulangi transaksi gain kita lagi.

selanjutnya barulah kita berusaha memperbaiki titik lemah dari sistem. tapi kita harus berpegang pada prinsip bahwa trading sistem kita tidak akan mungkin bisa mengikuti semua gerakan saham, karena masing-masing saham memiliki karakteristiknya masing-masing. jika ada saham yang sulit di prediksi dengan indikator kita, skip saja. jangan memaksakan diri untuk mencari cara agar bisa untung di saham itu, karena ini hanya membuang energi kita, lebih bagus kita fokus pada saham yang gampang memberikan kita keuntungan.

dengan mengenali pola saham yang merugikan, kita jadi lebih mudah untuk mengambil langkah menekan loss/biaya. seperti yang sudah pernah saya tulis dalam artikel mengenai 2 jenis loss. ada loss yang memang tidak bisa dihindari, namun ada loss yang timbul karena kesalahan kita akibat tidak disiplin, pengendalian loss yang saya maksud adalah pada loss yang timbul karena kita tidak disiplin.

selain pengendalian loss ,seorang trader juga harus belajar untuk mengenali siklus market, ada masa sangat gampang mencari uang, dan kadang ada masa yang sulit. secara umumnya biasa dibedakan menjadi siklus bull dan bear, tapi saya biasanya membagi menjadi 7 phase market.

jika berbicara tentang siklus market ini berkaitan dengan pos pendapatan kita. pada saat market sedang susah di ikuti , otomatis akan berpengaruh pada keuntungan yang kita peroleh, dalam masa sulit umumnya gain yang akan kita dapatkan menjadi terbatas juga, sehingga agar performance kita bagus, kita juga harus mengendalikan resiko/potensi loss yang kita ambil.

pada saat market jelek otomatis kita juga harus menekan biaya, agar jangan sampai gain sedikit yang susah didapatkan, malah habis dipotong oleh loss yang tidak perlu. disinilah faktor DR memainkan peranan, karena di dalam perhitungan DR saya juga memasukkan faktor siklus market. pada saat market lagi susah otomatis DR yang diambil akan kecil, sehingga resiko kita akan kecil juga

seperti kemarin saya ada merekomendasikan pembelian saham tertentu, karena dalam minggu ini market memang jelek, namun sistem saya memberikan sinyal entry, sehingga saya cuma mengambil DR 0.4 , biasanya dalam market normal kita bisa mengambil risk sampai DR 1.2 . berdasarkan perhitungan ini dengan modal 100 juta, cuma disarankan beli 2.7 juta saja.

ada beberapa member yang sempat bertanya kenapa belinya sedikit sekali, penjelasan saya karena saat ini marketnya memang sedang sulit diprediksi sehingga kita mengambil risk yang kecil. hari ini saham tersebut turun, untuk sementara floating loss adalah Rp.64.000, dengan potensi loss Rp200.000 jika terpaksa cut loss di level trailing stop.

loss Rp 200.000 dari modal 100 juta apakah masih bisa di toleransi? disinilah contoh pentingnya pengendalian biaya. pada masa kita kemungkinan akan sulit mendapatkan gain, ambillah resiko yang kecil
Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317