jsx_trader Mengatasi Kebiasaan Buruk Trader Saham | Rekomendasi Saham Harian di Bursa Saham Indonesia

Mengatasi Kebiasaan Buruk Trader Saham


Belajar Bagaimana Mengendalikan Kebiasaan Buruk Trading Saham

Setiap trader pastilah memiliki kebiasaan buruk. namun kadang kita tidak menyadarinya, sehingga selalu dilakukan berulang-ulang. umumnya kebiasaan buruk ini yang akan membuat performance trading menjadi buruk ataupun cuma jalan di tempat saja.

kebiasaan buruk ini biasanya adalah reaksi spontan kita saat menghadapi sebuah kondisi. misalkan untuk trader pemula saat saham yang dipegang harganya turun biasanya akan melakukan average down dengan harapan harga modal rata-rata akan turun. dorongan untuk average down ini bukanlah sebuah hal yang langsung menjadi kebiasaan.

ini mungkin pelan-pelan terbentuk selama proses belajar, bisa saja pada masa awal trading dia mendapatkan tips dari "senior" untuk menurunkan modal, mungkin setelah 1-2 kali average down harga memang bisa kembali ke break even point. sehingga trader tersebut membuat pemahaman yang keliru bahwa saat harga turun tindakan yang harus diambil adalah beli lebih banyak lagi.

action ini jika diulang berkali-kali , akhirnya akan menjadi kebiasaan yang berakar kuat dan lebih sulit diubah. bukan hanya trader pemula yang memiliki kebiasaan buruk, bahkan trader veteran yang sudah mampu untung secara konsisten pun, masih akan memiliki kebiasaan buruk, jika kebiasaan buruk trader pemula karena kurangnya pengalaman, pada trader veteran umumnya  berhubungan dengan kepercayaan diri yang berlebihan.

Apa itu milis rekomendasi saham jsx_trader? kenali lebih dekat di sini 
kita kadang tidak menyadari kebiasaan buruk yang ada. karena saat melakukannya kita merasa bahwa itu memang action yang seharusnya diambil. jika tidak secepatnya diubah kebiasaan ini akan semakin mendarah daging

di sinilah pentingnya seorang trader membuat jurnal saham, karena ini akan membantu kita dalam melihat apa saja yang menjadi alasan kita membuat sebuah keputusan trading. sebuah jurnal trading yang baik haruslah juga berisi kondisi emosi yang kita rasakan saat sebuah kondisi terjadi, entah saat market koreksi, harga saham yang dihold mulai turun sedikit dll

dengan adanya catatan seperti ini , kita akan lebih mudah untuk mengenali pola destruktif yang kerap terjadi, karena musuh utama seorang trader adalah diri nya sendiri. sebelum mampu trading dengan benar, dia haruslah bisa mengenali kelemahan dirinya sendiri.

pertanyaan berikutnya, setelah mampu mengenali kebiasaan buruk yang ada , apa langkah selanjutnya?

umumnya kita akan mencoba untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. namun sebuah kebiasaan yang sudah berakar tidak akan semudah itu untuk diubah. sebuah kebiasaan jika berusaha untuk dibendung, tekanan baliknya untuk muncul akan semakin kuat. seperti sebuah pipa yang bocor , jika kita berusaha untuk menutupnya, dia akan berusaha untuk keluar lewat tempat lain.

Apa itu milis rekomendasi saham jsx_trader? kenali lebih dekat di sini 
daripada berusaha untuk mengubah paksa kebiasaan tersebut, lebih gampang untuk menyalurkannya dengan damage seminimal mungkin. contoh salah satu kebiasaan buruk yang saya miliki adalah langsung mengambil posisi beli untuk saham di luar trading plan saat chart nya sekilas terlihat bagus. ini karena keyakinan yang berlebihan pada indikator yang dimiliki.

yang mana kenyataannya sebagian dari transaksi tersebut hanya akan berakibat loss yang tidak perlu , karena jika dilakukan analisa lebih detail masih ada indikator yang belum confirm. cara yang saya gunakan untuk mengatasinya adalah, saat ada saham chartnya kelihatan bagus, saya TETAP LANGSUNG membeli, tapi hanya 1 LOT dulu. setelah itu secepatnya dilakukan analisa secara detail, apakah memang saham tersebut layak dibeli.

memang ada sebagian kecil yang layak beli, namun sebagian besar yang terjadi adalah breakout palsu. dengan cara seperti ini loss yang terjadi sangat kecil. meskipun nilainya sangat kecil namun sangat bagus manfaatnya. karena loss akan selalu mengingatkan kita agar jangan menjadi takabur, tetap waspada

mulai saat ini biasakanlah membuat trading journal. agar kita lebih mudah mengenali kebiasaan buruk yang ada, dan mencari cara untuk menyalurkannya dengan loss seminimal mungkin

kebiasaan buruk yang paling parah adalah malas membuat trading journal

Good Luck




Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317




No comments:

Post a Comment