jsx_trader Konsistensi : Perancangan Trading System | Rekomendasi Saham Harian di Bursa Saham Indonesia

Konsistensi : Perancangan Trading System


Bagaimana Membuat Trading System Yang Profitable

Kunci utama dari sebuah trading system adalah konsistensi. sebuah trading sistem adalah template untuk semua transaksi kita. semua keputusan trading haruslah berdasarkan trading sistem. agar kita memiliki guidance , tindakan apa saja yang harus dilakukan dalam kondisi tertentu.

oleh karenanya semua aturan yang ditetapkan haruslah jelas, fixed, sudah tetap, tidak berubah, tidak fleksibel mengikuti perubahan market. sebuah trading system yang baik haruslah tertulis dengan detail, bagaimana tindakan yang harus di ambil dalam berbagai kondisi. bisa dikatakan trading system adalah SOP (Standard Operating Procedure) bagi seorang trader.

semua action yang akan kita ambil adalah baku, sudah standar. sehingga jika trading system ini dijalankan oleh trader lain, diharapkan akan menberikan hasil yang hampir sama seperti saat kita yang menjalankannya.

perbaikan trading sistem tetap dilakukan tapi dalam jangka waktu tertentu, setelah review terhadap performance dari transaksi di masa lalu. trading system yang diubah setiap kali sebuah transaksi ditutup, bukanlah sebuah trading sistem. itu hanyalah tahap awal dari trading sistem. membuat trading sistem memang membutuhkan waktu bertahun-tahun, yang merupakan akumulasi dari semua perbaikan dari kesalahan trading yang telah kita buat di masa lalu.

market adalah siklus yang selalu berulang, sehingga intisari dari pembuatan sebuah system adalah bagaimana kita menemukan pola apa yang telah menyebabkan kita untung di masa lalu, dan kita berusaha untuk mengulangi nya kembali.

trading saham tidak bisa semata-mata mengandalkan keberuntungan saja. jika anda membeli saham dan berharap pada luck agar bisa gain, kita akan sulit bertahan dalam jangka waktu lama. sebagai seorang trader, kita harus jeli melihat transaksi masa lalu, harus mampu mengenali dalam kondisi bagaimana kita berhasil untung , dan dalam kondisi bagaimana kita sampai menderita loss

Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

pengembangan trading system sebaiknya dimulai dari kondisi saat kita berhasil gain, kenalilah apakah transaksi tersebut memiliki pola yang sama dengan transaksi gain lain nya, ataukah transaksi itu hanyalah sebuah kebetulan belaka dimana kita hanya kebetulan saja ikut membeli saham tersebut.

untuk saham yang kebetulan saja kita berhasil gain, tidak bisa dijadikan dasar dari trading sistem. karena kondisi seperti tersebut sulit untuk kita bentuk kembali. fokuslah pada saham yang memang sejak awal sudah kita pilih dengan seksama, kenali semua aspek yang berhubungan dengan pengambilan keputusan untuk membeli dan juga hal apa saja yang mendasari keputusan untuk menjualnya.

pada saat seseorang memamerkan chart transaksinya , entry dan exit di mana saja. anda dengan gampang bisa menilai apakah orang tersebut memiliki system atau tidak. untuk trader yang memiliki sistem sebagian besar keputusan tradingnya memiliki pola yang sama, keputusan beli dan jualnya cenderung menggunakan trigger yang sama.

pada saat anda telah memiliki system yang matang, anda akan sadar bahwa trading itu sangat membosankan. karena kita hanya mengulangi kembali hal yang sama berulang-ulang. screenshot chart transaksi seorang trader yang berpengalaman biasanya sangat monoton. karena setiap entry dan exit mereka selalu berdasarkan trigger yang sama , dengan variasi yang tidak terlalu berbeda.
Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317