Trading Plan


: Membuat rencana trading untuk meningkatkan untung dalam bermain saham

untuk bisa gain secara konsisten dalam bermain saham, kita harus memiliki trading sistem yang bagus. namun tidak cukup sampai di sana saja, kita juga harus membuat trading plan untuk menggambarkan trading sistem kita.

sebuah trading system hanyalah seperangkat rules yang membantu menunjukkan kepada kita tindakan apa yang harus diambil dalam situasi tertentu. kita akan melakukan pembelian jika indikator xxx menunjukkan pola demikian, jika market sedang sideway apa yang akan kita lakukan, berapa banyak yang akan kita beli jika kondisi market lagi naik, lagi sideway maupun lagi turun.

sebuah trading sistem yang bagus akan bisa membimbing kita menghadapi berbagai situasi market, untuk setiap perubahan kondisi market , action kita sudah standar. sehingga sebuah trading sistem harus tertulis tidak bisa cuma mengandalkan ingatan, karena ingatan sulit di andalkan.

saya pribadi membuat trading sistem berdasarkan model decision tree, untuk setiap kondisi yang mungkin timbul sudah sangat jelas tertulis tindakan apa yang harus diambil, ini sangat membantu dalam setiap proses pengambilan keputusan.

tapi kita tidak berhenti sampai perancangan sistem saja, karena sebuah sistem hanyalah menunjukkan tindakan apa yang harus diambil, nah.. kita membutuhkan trading plan yang merupakan implementasi dari sistem , trading plan juga harus tertulis, dan harus memuat tindakan yang bisa kita ambil sepanjang sesi trading

plan idealnya dibuat saat market close, saat kita bisa melihat market dengan tenang, kita sudah harus tahu apa saja action yang kita ambil besok saat market lagi running, DAN JANGAN MELAKUKAN ACTION DI LUAR PLAN KITA . karena apa gunanya plan jika tidak dilaksanakan?

plan sangat membantu kita berpikir jernih saat market sedang running, apalagi dalam market yang sangat fluktuatif, tanpa plan kita bagaikan pasukan yang pergi perang tanpa ada komandan, cuma sibuk lari kiri-kanan menghindari tembakan musuh, sambil balas menembak apapun yang kelihatan bergerak, kacau kan?

Good Luck

Untuk Mendapatkan Rekomendasi Saham via BBM, SMS, email & YM  silakan add pin BBM kami : 76A6A78B untuk info selengkapnya  atau kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post