jsx_trader Rekomendasi Saham Harian di Bursa Saham Indonesia: April 2016

3 Detik Yang Menentukan


Membuat Keputusan Trading Dengan Kepala Dingin


Trading saham adalah bisnis yang menuntut kita untuk selalu membuat keputusan, harus beli saham apa, beli di harga berapa, cut loss di mana, beli berapa lot, kapan harus jual, kapan harus cut loss dll. bahkan tidak membeli saham pun adalah sebuah keputusan juga

idealnya semua keputusan haruslah diambil dengan kepala dingin agar bisa memberikan hasil yang optimal. namun dalam kenyataannya kita jarang mengambil keputusan dengan kepala dingin. saat market close memang kita bisa dengan tenang menyusun trading plan. namun saat market sudah open, semua trading plan tinggal lah rencana, action yang kita ambil pure berdasarkan emosi kita terhadap arah market.

dengan kondisi seperti ini, bukan kah bisa dikatakan bahwa upaya kita untuk menyiapkan trading plan sia-sia? jika ternyata transaksi tersebut untung , mungkin kita tidak akan menyadari ada yang salah. namun seandainya transaksi tersebut rugi, barulah kita menyesalinya. menyesal mengapa tidak disiplin mengikuti plan.

trading di bursa saham bisa diibaratkan seperti berada dalam medan pertempuran. trading plan adalah pedoman bagi kita untuk bertahan hidup. tanpa memiliki trading plan, kita hanyalah seperti prajurit yang berlari kesana kemari menghindari hujan peluru sambil berusaha menembak apapun yang bergerak.

untuk bisa berhasil dalam bursa saham, kita haruslah memiliki sistem yang bisa menjamin bahwa keuntungan yang diraih saat ini, masih bisa di-duplikasi dalam transaksi berikutnya jika kita mengikuti pola yang sama. dan bukanlah keuntungan sproradis yang kita sendiri tidak yakin apakah kali berikut kita masih cukup beruntung untuk bisa mendapatkan transaksi seperti itu lagi. dan trading plan adalah penerapan dari sistem tersebut.

sebagian besar trader umumnya bisa bertahan sampai fase pembuatan trading plan. saat malam hari kita bisa dengan tenang melakukan analisa saham, menentukan action apa yang akan kita ambil besok, saham apa yang akan dibeli, berapa banyak, dimana letak cut loss poin saham yang saat ini sedang dihold.

namun saat market open, biasanya sangat sedikit trader yang bisa cukup disiplin untuk mengikuti plan yang telah dibuat. karena umumnya action yang diambil sepenuhnya di dorong oleh sentimen market pada saat itu, dan bagaimana kondisi mental kita menghadapi market.

keberhasilan sebuah transaksi ditentukan dari awal, sejak saat pembelian, jika dari awal sudah tidak benar, sangat jarang transaksi itu akan menghasilkan keuntungan. sehingga usahakanlah kita selalu membuat keputusan trading yang sesuai dengan sistem.

anda bisa menggunakan metode 3 DETIK, yaitu setiap kali hendak melakukan transaksi, berhentilah sejenak selama 3 detik, tariklah nafas yang panjang, usahakan tenangkan diri. cobalah bertanya pada diri sendiri apakah transaksi ini memang sesuai dengan trading plan? apakah memang transaksi ini sudah ada dalam rencana action akan dilakukan? jika memang transaksi ini sesuai dengan plan, pastikan membeli sebesar jumlah lot yang telah direncanakan.

namun jika transaksi ini tidak ada dalam plan, jangan membeli dulu ( ataupun anda bisa membeli SATU LOT terlebih dahulu, untuk memuaskan keinginan beli) kemudian analisa lah chart saham tersebut, jika memang sistem mengizinkan untuk masuk, lanjutkan membeli. tapi jika ternyata sistem kita tidak memberi sinyal untuk beli, jangan sentuh saham tersebut dan segeralah jual pembelian 1 lot sebelumnya.

cara yang sederhana ini bisa membantu kita menghindari transaksi yang tidak perlu, transaksi yang dapat menimbulkan kerugian yang tidak perlu, dan metode ini hanya membutuhkan waktu 3 detik saja

Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Can't Catch Them All


Bagaimana Menyusun Portofolio Saham Yang Optimal

salah satu masalah dengan bull market adalah semua saham bergerak naik bersamaan, ada ratusan saham yang ada di bursa, tidak mungkin modal kita disebar pada semua saham tersebut.

disinilah tantangan seorang trader. untuk bisa untung saat bull market adalah sangat gampang. beli saham hanya berdasarkan feeling atau asal tunjuk saja masih bisa untung.

seseorang baru bisa dikatakan trader yang bagus jika bisa menyusun portofolio yang berisi saham-saham yang paling tinggi kenaikannya.

untuk itu diperlukan skill management portofolio. syarat pertama adalah kita harus mampu mengenali karakter swing masing-masing saham.

pertama-tama harus disadari saham memiliki "gang" nya masing-masing. mereka cenderung bergerak bersama-sama sebagai sebuah gang



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317
kemudian , di antara kelompok-kelompok tersebut, biasanya masing-masing kelompok tidak bergerak secara bersamaan tapi bergiliran. maksudnya meskipun dalam waktu yang sama kelompok-kelompok itu bersamaan naik, tapi ada kelompok yang persentase kenaikannya lebih besar dari kelompok lain.

penjelasan sederhananya, "bandar" /  "smart money" sedang berfokus pada kelompok tertentu. bahkan ada saham yang gerakannya selalu berlawanan, saat pasangannya naik saham tersebut malah akan turun atau setidaknya stagnan. dengan mengetahui pola seperti ini, kita bisa mengatur strategi yang paling baik

tujuan utama kita pastilah untuk memiliki portofolio dengan performance yang terbaik, namun dalam kenyataannya, meskipun kita sudah melakukan analisa saham dengan sebaik mungkin , pastilah ada saja saham yang tidak berhasil kita tangkap

ini adalah hal yang sangat normal, kita harus bisa menerima kenyataan bahwa tidak semua peluang akan bisa di tangkap. selain ada banyak sekali saham yang harus diperhatikan, dana yang kita miliki juga terbatas. sehingga dana kita dialokasikan pada saham yang berdasarkan asumsi kita adalah yang terbaik pada saat itu.

salah adalah bagian dari analisa. setiap keputusan trading kita akan memiliki peluang salah. sangat sering terjadi saat switching, saham yang dibeli malah tidak naik malahan saham yang dijual yang naik. menghadapi kondisi seperti ini tidak ada yang perlu disesali.

di sanalah seninya trading, bagaimana kita menyikapi kesalahan, dan segera melakukan action untuk meminimalisir kesalahan tersebut. yang penting setiap keputusan trading diambil berdasarkan analisa yang mendalam dan bukan hanya karena emosi saja.

Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317