New Year's Resolution


Menanamkan Kebiasaan Baik dalam Trading Saham

setiap kali tahun baru, pastilah ada banyak resolusi yang diucapkan, tahun depan saya akan begini.... , akan lebih.... dll. namun apakah semua resolusi itu akan tercapai? umumnya tidak, mungkin hanya 10% saja resolusi yang akan terwujud. karena sebagian besar dari kita tidak cukup konsisten untuk berusaha mewujudkannya.

mungkin dalam minggu pertama tahun baru, kita masih semangat untuk mencapainya.
dalam bulan pertama kita masih mengingatnya, tapi setelah 3 bulan mungkin kita sudah lupa sama sekali tentang resolusi tersebut. hal ini akan selalu berulang setiap tahun.

demikian juga yang biasa dialami seorang trader saham. biasanya setelah menderita loss yang cukup besar, kita akan termotivasi untuk mencari di mana kesalahan trading yang sudah diperbuat. perbaikan trading system biasanya memang selalu di awali oleh loss yang cukup besar.

dan trader yang baru saja shock atas loss yang diderita biasanya akan sangat termotivasi untuk mencari di mana letak kesalahannya. biasanya kita akan selalu berhasil menemukan kesalahan tersebut, dan bahkan akan mampu membuat daftar "NOT TO DO" sebagai panduan agar kita tidak melakukan kesalahan trading yang sama di masa depan lagi.

namun , apakah perbaikan tersebut akan langsung membuahkan hasil?

biasanya tidak, umumnya penyebabnya  bukan dari perbaikan yang kurang sempurna, namun dari KE-TIDAK-KONSISTENAN kita dalam menjalankan perbaikan tersebut.

dalam 1-2 minggu pertama kita pastilah akan disiplin mengikuti system baru, namun biasanya perlahan-lahan kita akan mengulangi kebiasaan lama kembali. ini karena system baru itu belumlah menjadi kebiasaan kita. saya pernah membuat sebuah artikel tentang bagaimana menanamkan kebiasaan baru dalam 21 hari.

bisa dikatakan 21 hari pertama dalam menjalankan sebuah sistem yang baru adalah masa yang krusial, apabila kita bisa bertahan dalam 21 hari tersebut, kemungkinan besar sistem tersebut sudah akan cukup berakar dalam diri kita, dan akan dijalankan secara otomatis

Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

cara yang saya  lakukan untuk menanamkan kebiasaan trading yang benar adalah dengan menuliskan semua "TO DO LIST" dan "NOT TO DO LIST" pada selembar kertas. setiap pagi sebelum menyalakan komputer saya berusaha untuk terlebih dahulu membaca kembali semua hal tersebut. ini bertujuan agar daftar tersebut bukan hanya tertulis di kertas saja, namun betul-betul masuk dalam kepala kita

untuk awalnya memang agak merepotkan, tapi dari sini bisa dilihat. untuk membaca list tersebut saja kita sudah malas, menanamkan kebiasaan untuk membacanya saja sudah sulit, apalagi menanamkan kebiasaan untuk menjalankannya?

namun setelah bertahun-tahun, sekarang kebiasaan itu sudah menjadi ritual, setiap pagi sebelum menyalakan komputer, otomatis saya terlebih dahulu akan mencari kertas tersebut dan mulai membacanya.

saya menyarankan anda juga untuk setiap pagi membaca trading rule/trading sistem yang sudah dibuat. agar sistem tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan

Good Luck
 


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post