jsx_trader Rekomendasi Saham Harian di Bursa Saham Indonesia: Agustus 2015

Menjaga Kondisi Mental Saat Untung/Rugi dalam Trading Saham

Alkisah jaman dahulu kala ada seorang petani miskin yang hidup dengan seorang putera nya. Mereka hanya memiliki seekor kuda kurus yang sehari-hari membantu mereka menggarap ladang mereka yang tidak seberapa.

Pada suatu hari, kuda pak tani satu-satu nya tersebut menghilang, lari begitu saja dari kandang menuju hutan.Orang-orang di kampung yang mendengar berita itu berkata: “Wahai Pak Tani, sungguh malang nasibmu!”. Pak tani hanya menjawab, “Malang atau beruntung? Aku tidak tahu …”

Keesokan hari nya, ternyata kuda pak Tani kembali ke kandangnya, dengan membawa 100 kuda liar dari hutan. Segera ladang pak Tani yang tidak seberapa luas dipenuhi oleh 100 ekor kuda jantan yang gagah perkasa. Orang2 dari kampung berbondong datang dan segera mengerumuni “koleksi” kuda-kuda yang berharga mahal tersebut dengan kagum.

Pedagang-pedagang kuda segera menawar kuda-kuda tersebut dengan harga tinggi, untuk dijinakkan dan dijual. Pak Tani pun menerima uang dalam jumlah banyak, dan hanya menyisakan 1 kuda liar untuk berkebun membantu kuda tua nya. Orang-orang di kampung yang melihat peristiwa itu berkata: “Wahai Pak tani, sungguh beruntung nasibmu!”. Pak tani hanya menjawab, “Malang atau beruntung? Aku tidak tahu …”

Keesokan hari nya, anak pak Tani pun dengan penuh semangat berusaha menjinakan kuda baru nya. Namun, ternyata kuda tersebut terlalu kuat, sehingga pemuda itu jatuh dan patah kaki nya. Orang-orang di kampung yang melihat peristiwa itu berkata: “Wahai Pak tani, sungguh malang nasibmu!”. Pak tani hanya menjawab, “Malang atau beruntung? Aku tidak tahu …”

Pemuda itupun terbaring dengan kaki terbalut untuk menyembuhkan patah kaki nya. Perlu waktu lama hingga tulang nya yang patah akan baik kembali. Keesokan hari nya, datanglah Panglima Perang Raja ke desa itu. Dan memerintahkan seluruh pemuda untuk bergabung menjadi pasukan raja untuk bertempur melawan musuh di tempat yang jauh.

Seluruh pemuda pun wajib bergabung, kecuali yang sakit dan cacat. Anak pak Tani pun tidak harus berperang karena dia cacat. Orang-orang di kampung berurai air mata melepas putra-putra nya bertempur, dan berkata: “Wahai Pak tani, sungguh beruntung nasibmu!”. Pak tani hanya menjawab, “Malang atau beruntung? Aku tidak tahu …”

Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

cerita diatas saya ambil dari postingan di facebook.

dalam kehidupan,kita akan mengalami berbagai macam hal, yang baik maupun yang buruk. namun tidak selamanya hal yang kelihatanya menyenangkan itu akan bagus untuk kita. demikian juga sebaliknya.

demikian juga halnya dalam trading saham, seorang trader pastilah akan mendapatkan untung dan juga akan menderita loss. kebanyakan trader saat berhasil mendapatkan keuntungan akan senang sekali, ada yang memakai keuntungan saham untuk pergi liburan ataupun membeli barang impiannya. ada juga yang menginvestasikannya kembali.

sedangkan saat menderita loss, mungkin kita akan menjadi down, merasa diri sangat bodoh, berusaha memperbaiki cara trading kita. mungkin juga kita akan menyalahkan orang yang memberi tips saham, atau bahkan menyalahkan bandar.

dengan kondisi seperti ini, baik gain maupun loss , kita akan selalu dipermainkan oleh market. kondisi emosional kita akan selalu bergerak seperti roller-coaster sesuai dengan hasil yang diperoleh. saat baru mendapatkan gain, kita akan sangat optimistis. kepercayaan diri kita akan sangat tebal. namun setelah menderita loss kita akan menjadi orang yang pesimis, sangat down dan menjadi trauma untuk mencoba trading kembali.

dalam kondisi seperti ini bagaimana kita masih memiliki energi untuk memperbaiki trading sistem? jika kondisi mental kita selalu berubah-ubah?

seperti cerita di atas, sebenarnya gain tidak selalu akan mendatangkan hal yang bagus. karena saat baru mendapatkan keuntungan , kepercayaan diri kita sedang tinggi-tinggi nya, sehingga kadang kewaspadaan akan berkurang. dan kita cenderung akan over-trading atau mengambil resiko yang tidak semestinya.

posisi terlemah seorang trader biasanya justru saat dia baru saja mendapatkan keuntungan yang sangat besar. saat itu biasanya money management sudah tidak terlalu diperhatikan lagi. dan kita mengambil posisi yang lebih besar dari biasanya. dan biasanya 1 saja posisi trading yang salah , sudah cukup untuk menghanguskan sebagian besar keuntungan yang telah di dapatkan sebelumnya.

sehingga saat berhasil mendapatkan keuntungan , kita harus bisa tetap mengendalikan emosi kita, jangan terjebak pada euforia yang berlebihan. mensyukuri keuntungan yang sudah didapatkan adalah wajar, namun jangan terjebak pada kegembiraan yang berlebihan, saat membuka posisi berikutnya kita harus tetap konsisten pada system yang biasa, karena tidak ada jaminan bahwa kita akan berhasil mendapatkan keuntungan sebesar transaksi sebelumnya.

tidak selamanya kerugian memberikan efek yang buruk untuk seorang trader. justru biasanya titik balik atau "penemuan" system yang bagus diawali karena menderita kerugian. ada trader yang setelah rugi akan menjadi sangat down bahkan memutuskan untuk berhenti main saham. ada juga trader yang malah menjadi semakin tertantang dan belajar semakin giat.

dan biasanya kerugian yang kita dapatkan adalah cara dari market untuk menunjukkan di mana letak kesalahan trading kita. seorang trader yang memandang loss adalah kesempatan  untuk belajar akan bisa mendapatkan pelajaran dari market, karena what doesn't kill you, will make you stronger.

coba tanyakan kepada trader veteran, darimana mereka mendapatkan inspirasi untuk memperbaiki trading sistemnya, apakah dari transaksi yang untung, atau dari transaksi yang rugi?

saya yakin, sebagian besar akan mengatakan dari transaksi yang rugi, karena kita tidak bisa belajar hal yang baru dari transaksi yang berhasil, sebuah trading system adalah kumpulan dari berbagai pengalaman rugi kita. untuk setiap kerugian yang diperoleh, kita belajar 1 lagi cara untuk rugi di market.

sehingga mulai saat ini pandanglah keuntungan dan kerugian apa adanya, jangan sampai emosi kita ikut dipermainkan. karena gain belum tentu baik efeknya , dan loss juga tidak selamanya buruk untuk kita. Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Crisis = Danger + Opportunity

Setiap kali market turun, selalu saja ada orang yang melihatnya sebagai kesempatan untuk membeli barang murah. bayangkan minggu lalu saham A harganya 7000, sekarang turun menjadi 6500 , ini seperti mendapatkan barang diskon. tidak perlu menunggu naik di atas 7000, harga balik ke 7000 saja kita sudah untung 500 perak.

dengan pola pikir seperti ini , banyak trader yang berusaha menunggu titik reversal . memang selama masa panik adalah waktu yang paling tepat untuk trading karena tingkat volatilitas yang tinggi. persentase range harian cenderung meningkat selama masa panik.

ada interpretasi tentang karaktek mandarin "crisis" , yang merupakan gabungan dari karakter "danger" dan "opportunity" . dimana dikatakan bahwa selama masa krisis memang penuh dengan bahaya, namun juga memiliki peluang yang tersembunyi. orang yang bisa melihat peluang tersembunyi selama masa krisis akan mengalami kesuksesan yang luar biasa saat krisis telah selesai.

meskipun oleh ahli linguistic, interpretasi ini disebut tidak terlalu akurat berdasarkan makna sebenarnya dalam bahasa mandarin. namun harus kita sadari bahwa dalam setiap krisis memang selalu ada peluang yang mengintip. termasuk juga dalam bursa saham. saat market dalam fase sell-off, ini adalah kesempatan untuk membeli barang murah.

namun menangkap peluang dalam masa krisis juga memerlukan tekniknya. karena saat market dalam masa sell-off tidak ada seorang pun yang bisa dengan tepat menentukan dimana titik yang paling menguntungkan untuk belanja. janganlah kita dengan naif nya menganggap bahwa setiap kali market turun itu adalah kesempatan emas untuk belanja.



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317
trend pasar bisa bertahan dalam waktu yang lama. downtrend bisa berlangsung sampai bulanan. major bear bahkan bisa bertahan sampai tahunan. sehingga setiap usaha untuk menangkap peluang harus dilakukan dengan perhitungan yang matang.


setiap kali belanja selama masa downtrend kita harus sadar bahwa resiko kita meningkat 2 kali, sehingga pembelian harus di kurangi bobotnya. dan jika ternyata market tidak bergerak sesuai prediksi , kita harus rela secepatnya cut loss. karena cut loss adalah satu-satunya perlindungan bagi kita selama masa yang tidak stabil.

namun bagi anda yang belum lihai untuk menentukan titik entri dan cut loss poin, yang selama masa bull saja masih kesulitan dalam mengikuti irama market. sebaiknya selama masa bear, kita duduk manis di samping saja. full cash, sambil memperhatikan pola market dan juga menganalisa kesalahan di masa lalu.

sebagai seorang trader tidak berarti kita harus selalu memiliki portofolio saham. apa gunanya memaksakan belanja jika potensi keuntungan sangat kecil. selain kita mengambil resiko yang tidak perlu , energi dan konsentrasi kita juga akan tersita pada saham yang sedang turun.

masa bear adalah masa yang tepat untuk meningkatkan kemampuan kita. agar saat bull mengambil alih kembali, modal kita tidak berkurang terlalu banyak , namun kemampuan kita telah meningkat. kita lebih siap menghadapi market.

memang selama masa krisis penuh dengan bahaya dan peluang, yang penting saat berusaha mengambil peluang, kita waspada dengan bahaya yang mengintai

Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317