jsx_trader Rekomendasi Saham Harian di Bursa Saham Indonesia: Februari 2015

Bagaimana Cara Menjadi Full Time Trader??

Selama ini banyak orang yang salah mengartikan konsep full time trader dalam trading saham, jika berbicara tentang FTT kesan yang muncul adalah seseorang yang penghasilan utamanya berasal dari memperdagangkan instrumen pasar modal baik itu saham, forex, index, komoditi, option dll. dimana kebutuhan hidup mereka dipenuhi dari gain yang diperoleh dari keuntungan tiap bulannya.

jika gambaran anda tentang FTT cuma sampai di sana, sepertinya baru 1/2 benar saja. memang sumber penghasilan kita berasal dari keuntungan tiap bulan, NAMUN "gaji" kita tidak bisa diperhitungkan berdasarkan keuntungan bulanan. seorang trader yang paling hebat pun pasti akan mengalami masa sulit, selalu terbuka peluang jg kita bisa saja mengalami kerugian dalam 1 bulan. bahkan selama beberapa bulan berturut-turut.

sehingga pada saat market sedang jelek, saat sedang loss , bagaimana nasib FTT? apakah harus MAKAN MODAL untuk bertahan hidup? kadang ada trader yang setelah merasakan gain selama beberapa bulan menjadi yakin atas potensi dari trading saham dan memutuskan untuk full time saja. tapi harus di sadari market mempunyai siklus, jangan sampai anda kebetulan masuk di tengah siklus bull yang kadang bisa bertahan sampai 2-3 tahun, namun saat bear yang mengambil alih, sudah siap kah anda?



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

saya sudah sejak tahun 2005 menjadi full time trader, selama ini saya disiplin mengambil gaji 1% dari total portofolio. tidak perduli seberapa besar gain yang didapatkan atau loss yang di derita, setiap awal bulan saya selalu akan menarik dana 1% dari total modal. sedangkan penghasilan dari iuran milis jsx_trader semuanya akan saya masukkan menjadi modal bulan berikutnya. dan juga saya mempunyai kebiasaan menarik 50% dari gain yang di dapat sebagai dana cadangan tapi itu bukan sebagai gaji, tapi di simpan khusus untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga.

agar perhitungan performance tidak bias, perhitungan kenaikan / penurunan modal hanya memperhitungkan hasil transaksi saja, dan tidak memperhitungkan penambahan modal.

sehingga jika anda saat ini sedang mempertimbangkan untuk menjadi FTT, cobalah hitung dulu berapa kebutuhan minimal anda dalam sebulan, setelah itu bagi dengan 1% , itulah kebutuhan modal minimal anda agar bisa trading dengan optimal. karena sebagai seorang trader kita harus bisa trading tanpa beban, jika anda trading dengan rasa takut atau target khusus hendak chuan berapa banyak bulan ini, biasanya kita malah akan terjebak melakukan hal-hal konyol.

pada saat kita trading tanpa beban, biasanya kita akan bisa trading dengan benar, pada saat itu gain akan lebih mudah di dapatkan

Pada dasarnya mencari uang di bursa saham tidak ada bedanya dengan menjalankan bisnis yang lain. jangan hanya karena sebagai trader kita tidak menggunakan tenaga fisik atau berhubungan langsung dengan costumer, kita merasa pekerjaan ini sangat santai, hanya mengandalkan klik mouse di komputer kita sudah bisa menghasilkan uang. gunakanlah gain yang di peroleh dengan bijaksana, biasakan untuk re-invest. jangan sampai gain yang diperoleh langsung dihabiskan, akibatnya modal kita tidak akan berkembang dan malahan saat market lagi jelek kita mungkin terpaksa makan modal.

namun bagi part-time trader hal tersebut sebenarnya wajar saja, karena mereka memiliki penghasilan utama lain di luar bursa saham, sehingga bahkan saat market sedang jelek, part-time trader tidak akan terlalu terpengaruh.

sebagai seorang FTT, pengawasan modal adalah hal yang sangat penting, karena kita menggunakan modal untuk "memancing" uang, jika modal kita sudah habis bagaimana caranya bertransaksi lagi? disiplinlah dalam menarik gaji, hanya 1% tiap bulan nya, hiduplah sesuai dengan kemampuan kita, jangan terpancing untuk menarik lebih dari 1% tiap bulannya, jika anda hendak meningkatkan gaya hidup , tingkatkanlah portofolio anda
Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Miss Opportunity : Menangkap Peluang dalam Bermain Saham

Untuk bisa untung secara konsisten dalam bursa saham, kita harus gesit menangkap peluang. bursa saham bergerak sangat dinamis. pada saat anda berhasil mendeteksi sebuah peluang, saat trading sistem kita sudah memberikan sinyal konfirm untuk beli, mungkin 10 menit berikutnya peluang tersebut sudah terlepas karena harganya sudah bergerak naik.

decision making sangat penting dalam bermain saham, mengambil keputusan secara cepat sambil tetap tenang tanpa terpengaruh market sangatlah penting. namun decision making baru 1/2 jalan saja, setelah kita memutuskan untuk membeli atau tidak saham tertentu. kita haruslah gesit untuk menjalankannya.

itulah sebabnya seorang trader sangat wajib untuk menyusun trading plan, sebelum market open kita sudah harus memiliki list action pembelian/penjualan yang akan kita lakukan sepanjang hari tersebut.
karena pada saat market sedang close kita bisa menganalisa dengan tenang, mampu melihat arah trend secara jelas. sehingga keputusan trading yang kita buat bukanlah berdasarkan faktor emosional saja. sehingga pada saat market bergerak sesuai dengan analisa kita, dan saham yang menjadi watchlist kita sudah konfirm, kita tinggal menjalankannya. ini artinya kita sudah 1/2 langkah di depan trader lain.

namun dalam prakteknya , kadang ada saham yang berdasarkan analisa kita di hari sebelumnya belum memberikan sinyal beli, namun saat ini sudah memberikan sinyal untuk masuk. di sinilah skill decision making sangat menentukan, bagaimana kita bisa secepat mungkin mempertimbangkan semua faktor , sambil tetap mempertahankan objektivitas, agar keputusan kita membeli saham memang KARENA SUDAH WAKTUNYA beli, dan BUKAN karena terburu-buru beli karena kita takut ketinggalan kereta.



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

kadang ada saham yang saat mulai bergerak , sudah berhasil tertangkap oleh radar kita, trading sistem juga sudah memberikan sinyal OK untuk masuk, tapi kita masih ragu untuk membelinya, ternyata tidak lama kemudian, saham tersebut terbukti naik dengan cepat, meninggalkan kita yang hanya bisa gigit jari menonton kenaikannya. bagaimana kah reaksi anda?

ada orang yang tetap membeli di harga lebih tinggi tapi dengan jumlah lot yang lebih sedikit , jika anda menggunakan money management, kita masih bisa mengendalikan resiko, coba anda menggunakan file money management yang kami berikan, anda bisa lihat dengan harga CL poin yang sama, jika kita membeli di harga yang lebih tinggi otomatis jumlah lot nya akan berkurang. sehingga jika disiplin pada money management di harga berapa pun kita beli, resikonya akan tetap.

ada juga orang yang segera memperhatikan saham lain yang berada dalam sektor yang sama dengan saham yang naik tersebut. dengan harapan bisa segera membelinya sebelum harganya naik. ini tidak dianjurkan meski memang ada teori yang mengatakan saham yang berada dalam sektor yang sama cenderung untuk bergerak bersamaan. tapi tidak ada jaminan bahwa saham alternatif tersebut akan bisa bergerak secepat saham yang pertama.

bagaimana pun reaksi anda terhadap peluang yang lepas, JANGAN PERNAH sampai mempengaruhi emosi kita, menyesali kebodohan kita yang tidak berani untuk langsung membelinya. kita harus berpegang pada prinsip bahwa performance kita TIDAK DIPENGARUHI oleh satu transaksi saja. sebagai seorang trader dalam sebulan mungkin kita akan melakukan puluhan pembelian/penjualan. artinya performance kita merupakan akumulasi dari semua transaksi tersebut.

dengan menjadi seorang trader artinya kita memiliki keyakinan bahwa semua transaksi kita baik untung maupun rugi, pada akhirnya akan menghasilkan nilai tambah pada portofolio kita

dengan menyesali peluang yang lepas, ini menunjukkan KETIDAK-PERCAYAAN pada sistem kita untuk BISA KEMBALI memberikan sinyal yang menguntungkan. yang paling penting kita haruslah menyiapkan mental kita agar bisa sigap dalam menangkap setiap peluang yang timbul, karena di dalam bursa saham setiap waktu selalu ada peluang baru.

pada saat 1 pintu tertutup, percayalah tidak lama lagi akan ada 2 pintu yang terbuka
Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317