Crisis = Danger + Opportunity

Setiap kali market turun, selalu saja ada orang yang melihatnya sebagai kesempatan untuk membeli barang murah. bayangkan minggu lalu saham A harganya 7000, sekarang turun menjadi 6500 , ini seperti mendapatkan barang diskon. tidak perlu menunggu naik di atas 7000, harga balik ke 7000 saja kita sudah untung 500 perak.

dengan pola pikir seperti ini , banyak trader yang berusaha menunggu titik reversal . memang selama masa panik adalah waktu yang paling tepat untuk trading karena tingkat volatilitas yang tinggi. persentase range harian cenderung meningkat selama masa panik.

ada interpretasi tentang karaktek mandarin "crisis" , yang merupakan gabungan dari karakter "danger" dan "opportunity" . dimana dikatakan bahwa selama masa krisis memang penuh dengan bahaya, namun juga memiliki peluang yang tersembunyi. orang yang bisa melihat peluang tersembunyi selama masa krisis akan mengalami kesuksesan yang luar biasa saat krisis telah selesai.

meskipun oleh ahli linguistic, interpretasi ini disebut tidak terlalu akurat berdasarkan makna sebenarnya dalam bahasa mandarin. namun harus kita sadari bahwa dalam setiap krisis memang selalu ada peluang yang mengintip. termasuk juga dalam bursa saham. saat market dalam fase sell-off, ini adalah kesempatan untuk membeli barang murah.

namun menangkap peluang dalam masa krisis juga memerlukan tekniknya. karena saat market dalam masa sell-off tidak ada seorang pun yang bisa dengan tepat menentukan dimana titik yang paling menguntungkan untuk belanja. janganlah kita dengan naif nya menganggap bahwa setiap kali market turun itu adalah kesempatan emas untuk belanja.



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317
trend pasar bisa bertahan dalam waktu yang lama. downtrend bisa berlangsung sampai bulanan. major bear bahkan bisa bertahan sampai tahunan. sehingga setiap usaha untuk menangkap peluang harus dilakukan dengan perhitungan yang matang.


setiap kali belanja selama masa downtrend kita harus sadar bahwa resiko kita meningkat 2 kali, sehingga pembelian harus di kurangi bobotnya. dan jika ternyata market tidak bergerak sesuai prediksi , kita harus rela secepatnya cut loss. karena cut loss adalah satu-satunya perlindungan bagi kita selama masa yang tidak stabil.

namun bagi anda yang belum lihai untuk menentukan titik entri dan cut loss poin, yang selama masa bull saja masih kesulitan dalam mengikuti irama market. sebaiknya selama masa bear, kita duduk manis di samping saja. full cash, sambil memperhatikan pola market dan juga menganalisa kesalahan di masa lalu.

sebagai seorang trader tidak berarti kita harus selalu memiliki portofolio saham. apa gunanya memaksakan belanja jika potensi keuntungan sangat kecil. selain kita mengambil resiko yang tidak perlu , energi dan konsentrasi kita juga akan tersita pada saham yang sedang turun.

masa bear adalah masa yang tepat untuk meningkatkan kemampuan kita. agar saat bull mengambil alih kembali, modal kita tidak berkurang terlalu banyak , namun kemampuan kita telah meningkat. kita lebih siap menghadapi market.

memang selama masa krisis penuh dengan bahaya dan peluang, yang penting saat berusaha mengambil peluang, kita waspada dengan bahaya yang mengintai

Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post