Kemampuan Master, Hati Newbie

Sudah berapa lamakah anda trading saham?
untuk trader saham yang baru aktif kurang dari 1 tahun, mungkin semangatnya masih berkobar-kobar. masih rajin bertanya kiri-kanan mencari ilmu, rajin membaca berbagai buku trading untuk menambah wawasan. sibuk mengutak-atik indikator untuk mencari parameter yang paling optimal.

Namun untuk trader saham yang sudah aktif lebih dari 2-3 tahun, biasanya semangatnya sudah tidak sebesar para newbie. apalagi pada saat berhasil memiliki system yang cukup bagus, biasanya perlahan-lahan semangat kita untuk mempelajari hal yang baru akan mulai berkurang. saat itu mungkin fokus kita hanya berusaha menjaga agar sistem kita bisa tetap sinkron dengan market.

sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal tersebut. namun harus kita sadari market berubah sangat cepat. sistem yang bagus saat ini, mungkin akan berkurang efektivitas nya 4-5 tahun lagi. jika kita lengah tidak berusaha up to date , mungkin beberapa tahun berikut sistem kita sudah kesulitan mengikuti market, dan lagi jika kita sudah terlanjur malas untuk terus belajar, sulit untuk mengembalikan semangat kita kembali.

belajar saham bisa diumpamakan seperti mendayung perahu menentang arus, pada saat berhenti mendayung, kita akan mundur terseret arus. jika telah memutuskan untuk trading, kita harus menerima konsekuensi bahwa kita harus siap selalu belajar selama kita masih aktif trading.

kadang ada pandangan yang salah, bahwa semakin lama seseorang telah terjun di bursa saham, semakin tinggi kemampuannya dalam trading. sebenarnya KEMAMPUAN SEORANG TRADER TIDAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN BERAPA LAMA DIA TELAH TRADING.



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

seorang trader yang sudah belasan tahun trading, tapi sama sekali tidak pernah mereview transaksinya, semua transaksi hanya lewat begitu saja. ini menandakan bahwa dia sama sekali tidak berusaha belajar dari market. dengan kondisi seperti ini kemampuan tradingnya sama sekali tidak berbeda dengan orang yang baru membuka account minggu lalu.

namun seorang trader meskipun baru trading 1 tahun, asalkan dia konsisten mempelajari dengan serius segala hal di market, akan bisa memiliki kemampuan seorang master.

kadang juga kita bisa terjebak memiliki perasaan telah menjadi seorang ahli saham, saat mengetahui kita adalah seorang trader saham, mungkin saja teman/keluarga kita tertarik untuk mencoba bermain saham juga, otomatis mereka akan minta diajar. pada saat itu harus diingat bahwa kita hanya sharing ilmu karena kita KEBETULAN lebih dulu mengetahui dibanding mereka. dan bukanlah karena kita telah memahami sepenuhnya teknik yang kita ajarkan. mengajarkan anak TK 1 + 1 tidak menjadikan kita seorang ahli matematika bukan?

ada banyak sekali hal yang harus dipelajari di market. JANGAN PERNAH berpuas diri pada pencapaian kita saat ini, selalu lah memiliki HATI SEORANG NEWBIE, selalu pertahankan semangat seperti saat pertama kali anda mulai trading, menganggap kita tidak mengetahui apa-apa. selalu terbuka pada hal baru, tidak perduli sudah seberapa lihai anda saat ini dalam menganalisa market, kita harus selalu memiliki rasa penasaran seorang newbie

Good Luck




Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post