Kegigihan, Muka Tebal dan Fleksibel Mengikuti Perubahan

Meskipun gambar di samping hanyalah editan buat lucu-lucuan saja, ada pelajaran yang bisa kita petik di dalamnya. yaitu sikap si penipu yang sangat fleksibel mengikuti perubahan, muka tebal dan kegigihannya. sikap seperti ini sangatlah penting dimiliki oleh trader saham.

seorang trader haruslah lincah dalam mengenali arah trend. kita harus mengambil action yang sesuai dengan arah trend. dan kita haruslah cepat mengambil tindakan jika arah trend mulai berbalik arah. pada saat market mulai naik kita membeli, tapi saat market mulai berbalik arah kita harus segera menutup posisi. atau bahkan mengambil posisi short.

arah market sangat cepat berubah. dan dalam setiap kondisi market membutuhkan strategi trading khusus. sebuah strategi tidak akan bisa diterapkan di berbagai market. sehingga seorang trader akan selalu siap dengan berbagai strategi untuk setiap kondisi market. dia akan selalu cepat beradaptasi dengan perubahan kondisi market

seperti air yang selalu berubah bentuk sesuai dengan wadah yang ditempatinya, atau juga seperti seekor bunglon yang selalu berubah warna sesuai dengan lingkungannya. saat market lagi bull kita akan menjadi orang yang sangat optimistis. saat market lagi bear kita akan menjadi orang yang pesimistis, paranoid. saat bear mungkin kita akan belanja seminimal mungkin untuk mengurangi exposure risk. atau malah seperti kura-kura yang bersembunyi sampai situasi aman kembali.

jika anda tidak mampu mengenali perubahan market, kita bisa mengambil langkah yang keliru, seperti menjadi super optimistis saat market lagi bear. sibuk terus membeli saham mumpung lagi murah, atau tetap bertahan pada saham yang lagi turun, karena kita optimis bottom sudah dekat. belajarlah mengenali kemana saat ini trend lagi bergerak, dan transaksi lah sesuai dengan arahnya. dengan cara ini anda bisa bertahan lama di market.



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

kemudian sifat yang  kedua, kegigihan. untuk menjadi sukses dalam  bidang apapun. kita harus gigih berusaha mencapai tujuan. tidak mudah menyerah. setiap kegagalan hanyalah sebagai bahan pembelajaran untuk kita. setiap kali menghadapi loss kita siap untuk mencoba lagi sampai bisa memahami bagaimana pola gerakan market.

untuk membuat sistem atau menyusun strategi trading yang bagus membutuhkan waktu yang tidak sedikit, sangat jarang sebuah sistem akan langsung sempurna dalam waktu sehari atau sebulan saja. karena sistem adalah hasil penyulingan dari semua kesalahan kita, setiap loss yang kita derita akan menjadi pondasi dari sistem yang dibangun, dan untuk mencapainya kegigihan sangatlah penting, tetap berusaha sampai kita menemukan sistem yang pas dengan personality kita.

sifat ketiga mengenai muka tebal, gengsi atau harga diri kadang menjadi faktor penghambat kemajuan kita. untuk bisa sukses sebagai trader saham, kita harus memiliki kerendahan hati. menerima kenyataan bahwa kita tidak akan bisa selalu gain di market. menyadari bahwa sistem kita masih memiliki banyak kekurangan, \

sehingga saat posisi kita mulai merah karena market bergerak berlawanan dengan prediksi awal, kita harus bisa menerima bahwa ini mungkin karena analisa kita yang salah, dan segera menutup posisi jika memang terbukti asumsi kita salah. dan bukannya malah tetap bertahan dengan menyakini bahwa analisa kita telah benar, penurunan ini hanyalah sementara saja karena faktor regional atau faktor lain yang tidak terlalu signifikan.

salah satu kelemahan dari social media adalah kita menjadi orang yang haus akan pengakuan orang lain. mungkin saat sudah mulai jago menganalisa , seorang trader mulai aktif update status untuk setiap posisi belinya. secara tidak sadar biasanya karena dorongan hendak mendapatkan pujian dari teman-temannya. ini adalah hal yang sangat wajar, termasuk dalam kebutuhan psikologi manusia, untuk mendapatkan pengakuan.

pada saat prediksi kita benar, otomatis rekan-rekan kita pasti akan menuliskan pujian di wall. pastilah kita akan merasa sangat bangga . bagusnya adalah hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri kita, dan juga kita akan semakin tertantang untuk belajar lebih giat, agar bisa memberikan prediksi yang lebih jitu lagi.

namun pada saat prediksi kita salah, bukannya berusaha untuk melihat dimana letak kesalahannya, kita malah mulai mengkhawatirkan "nama baik" yang akan tercoreng seandainya kita mengakui kesalahan prediksi. sehingga secara tidak sadar kita mencari-cari fakta yang bisa mendukung bahwa analisa kita masih on track, ini hanyalah koreksi kecil saja. pengingkaran seperti ini biasanya efeknya fatal.

jika anda tidak cukup rendah hati mengakui kesalahan analisa , sebaiknya jangan posting posisi apapun di wall. karena selain bisa menjerumuskan teman-teman sendiri, pengaruh terbesarnya sebenarnya kembali kepada diri kita sendiri. karena tujuan analisa kita sudah bukan lagi bagaimana mencari peluang untung di bursa, tapi bagaimana bisa mendapatkan pengakuan dari orang lain.


Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post