Mind Games

pada prinsipnya trading saham di bursa saham bisa dikatakan hanyalah sebuah mind games saja. kita sebenarnya bukanlah trading saham yang ada di market namun kita hanyalah trading berdasarkan persepsi kita tentang market.

umumnya pada saat membeli saham ( entah itu karena berdasarkan analisa/rumor/feeling) , kita mempersepsikan bahwa saham tersebut akan naik dalam waktu dekat. sehingga kita membelinya dengan harapan bisa menjual di harga lebih tinggi dibanding harga modal. apapun persepsi kita itu tidak akan mempengaruhi pergerakan harga saham.

karena persepsi yang kita bentuk itu hanya ada dalam kepala kita saja, persepsi itu timbul dari kumpulan pengalaman kita di masa lalu, mungkin berdasarkan pola chart di masa lalu yang memiliki kesamaan dengan saat ini. ataukah kita pernah memperoleh gain dari saham tersebut sehingga kita berusaha mengulangi kenangan manis bersama saham tersebut.

setiap trader akan memiliki persepsi yang berbeda dalam menghadapi kondisi yang sama. ini karena setiap trader dipengaruhi oleh hal-hal yang telah di alaminya dimasa lalu yang berhubungan dengan saham tersebut. dan juga tergantung pada interpretasi nya dari teori saham yang dipelajarinya. bahkan indikator saham standar yang umum dipelajari oleh trader, tidak akan sama penerapannya oleh setiap trader.



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

karena adanya perbedaan persepsi inilah , sehingga terjadi transaksi di market. dalam kondisi harga tertentu, ada pihak yang memiliki persepsi bahwa harga akan naik sehingga mereka memutuskan untuk membeli saham, di lain pihak ada yang memiliki persepsi bahwa harga akan bergerak turun sehingga mereka memutuskan untuk menjual saham.

persepsi kita terhadap market pada dasarnya telah bias karena dibumbui oleh banyak hal. kemudian di perparah oleh kondisi emosional kita. baik itu fear maupun greed. akibatnya transaksi yang kita lakukan sudah jauh menyimpang dari pergerakan market. sebagai seorang trader seharusnya kita melakukan transaksi yang bergerak sesuai dengan arah market. namun ternyata kita malah sibuk keluar masuk market karena perubahan emosional kita saja

apapun metode analisa anda, baik itu analisa fundamental maupun analisa teknikal seharusnya sudah cukup membantu untuk bisa gain secara konsisten di market, DENGAN CATATAN kita menerapkan metode analisa tersebut dengan benar sesuai dengan standarnya. beli hanya jika indikator memberi sinyal untuk beli. dan jual hanya jika indikator memberi sinyal untuk keluar.

sering kali seorang trader memutuskan untuk membeli / menjual saham bukan berdasarkan sinyal yang diberikan oleh indikator mereka, tapi hanya karena perubahan emosinya saat jam trading. sehingga untuk mencapai performance yang optimal, kita harus memperbaiki kesalahan yang paling mendasar.

kita terlalu terikat pada modal.

seorang trader yang tenang akan bisa melihat peluang yang ditampilkan oleh indikator nya dengan lebih objektif. dan ketenangan ini barulah bisa dicapai jika seorang trader bisa mengembangkan "detachment" terhadap modalnya.

seorang trader yang emosinya selalu berubah setiap kali saham yang dipegangnya bergerak 1 poin, akan sulit untuk bisa trading dengan benar. karena akan sering terjebak oleh perubahan kecil yang sebenarnya tidak berpengaruh pada trader.

sehingga untuk bisa menampilkan kemampuan terbaiknya, seorang trader harus belajar untuk tidak terfokus pada fluktuasi portofolio nya, menjaga risk untuk melindungi modal adalah wajib, tapi bukan berarti harus mengawasinya sepanjang jam trading.

Good Luck



Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post