jsx_trader Rekomendasi Saham Harian di Bursa Saham Indonesia: Agustus 2014

Trade Like a Pro


Mengenal karakteristik Pemain Saham Profesional


Main saham secara profesional bukan berarti bahwa kita akan selalu gain, bukan berarti bahwa semua prediksi kita akan benar. itu hal pertama yang harus kita yakini sebelum membahas tentang konsep pro dalam trading. sama halnya seperti seorang pemain sepakbola pro yang juga bisa saja gagal dalam mengeksekusi penalti.

saya coba menguraikan beberapa perbedaaan pemain saham pro dan amatir :

1. Pro memiliki Trading Plan
sebelum market open, seorang pro sudah memiliki list action yang akan dia ambil dalam sesi trading hari ini. list action ini dibuat berdasarkan analisa terhadap market saat market close. list ini meliputi saham apa yang akan dibeli, beli di berapa, CL poin di berapa, beli berapa lot, kondisi seperti apa yang menjadi patokan agar rencana bisa di jalankan, sehingga selama jam trading dia hanya menunggu terciptanya kondisi tersebut.

sedangkan trader awam umumnya tidak mau repot membuat planning, jadi keputusan beli/jual dibuat secara instan pada saat terjadi perubahan di market, ada juga tipe trader semi-pro , yang melakukan analisa saat market close, tapi hanya mencatat saham apa yang di incar besok, tanpa menuliskan detail lebih jauh lagi, sehingga saat sinyal konfirm baru buru-buru menghitung berapa lot yang hendak dibeli dl.

seorang pro selalu disiplin mengikuti plan yang telah dibuat, sedangkan trader awam karena plan nya tidak jelas sehingga tidak punya patokan action, akibatnya keputusan tradingnya sepenuhnya tergantung pada kondisi market dan keadaan psikologi nya saat itu

2. Pro Selalu Membuat Catatan Atas Keputusan Transaksinya.
setelah transaksi done, seorang pro selalu menyimpan kondisi chart yang menjadi patokan dalam mengambil keputusan beli/jual. ini sangat berguna untuk mereview keputusan tradingnya, mencari di mana kelemahan dari sistemnya. metode jurnal seperti ini sangat sederhana, pencatatannya mungkin tidak sampai 5 menit, karena kita tinggal capture screen dan menuliskan kondisi saat keputusan itu dibuat, tapi manfaatnya besar sekali

seorang trader awam jarang melakukan pencatatan , biasa karena dianggap merepotkan, dan biasa juga karena keputusan yang diambil merupakan spontanitas saja, sehingga kalaupun hendak membuat jurnal , sama sekali tidak ada patokan logis yang menjadi bahan jurnal.

3. Pro Tetap Cool Menghadapi Loss
Loss adalah hal yang wajar sekali dalam trading, gain dan loss bisa diibaratkan seperti 2 sisi mata uang, di dalam main saham kita tidak bisa hanya mengharapkan gain saja dan sama sekali menolak loss. yang menjadi pembeda adalah pro tetap tenang menghadapinya, alasan utamanya karena dalam setiap transaksi , seorang trader pro sudah terlebih dahulu menghitung resikonya, selalu mengendalikan resiko sampai batas toleransi yang bisa diterima, sehingga pada saat terpaksa cut loss tidak akan memberikan efek psikologis yang luar biasa.

Risk Management selalu menjadi perhatian pro, meskipun sebuah transaksi memberikan sinyal yang bagus sekali, trader pro tetap akan melakukan pembelian dengan perlakuan yang sama seperti sinyal yang lain, karena sinyal yang bagus pun tidak selamanya akan memberikan gain. pada saat seorang trader over-confident terhadap sinyal entri tertentu , dan mengambil resiko jauh lebih besar, ini sangat berbahaya sekali. karena pada saat market tidak bergerak sesuai dengan prediksi kita, biasanya rugi yang di derita akan jauh lebih banyak

4. Pro Tahu Kapan Harus Pause Trading
sebagus-bagusnya trading sistem kita, kadang ada masa dimana kita tidak bisa konek dengan market, semua keputusan beli kita salah, sehingga kita menderita losing streak (rugi bertubi-tubi). seorang pro sudah menyadari kemungkinan hal tersebut. pada saat beberapa transaksi terakhir kurang bagus, seorang pro akan mulai mengurangi bobot pembeliannya. semakin sering loss bobot pembelian akan semakin diperkecil. karena loss cenderung akan menarik loss berikutnya sehingga kita harus membentengi diri kita.

setiap bulan seorang pro selalu mengalokasikan "JATAH LOSS". total exposure risk dari trade yang open tidak bisa melebihi jatah tersebut. pada saat loss bulan berjalan sudah melewati jatah loss, seorang pro akan berhenti trading sampai akhir bulan, karena ini berarti ada yang salah, berusaha untuk tetap trading cenderung akan memperburuk keadaan, sehingga kita perlu berdiam diri, mereview semua transaksi bulan tersebut, mencari tahu apa yang salah, sehingga bulan berikut kita bisa kembali on track

trader awam cenderung melakukan sebaliknya, semakin besar loss yang diderita , semakin rajin dia untuk trading demi bisa menutup kerugian yang timbul.

5. Pro Punya Kesabaran Tinggi
Sebuah sinyal entri kadang perlu beberapa hari sampai beberapa minggu baru konfirm, selama masa itu harga mungkin cuma bolak-balik dalam range yang sangat membosankan. seorang pro akan menunggu sampai sinyal betul-betul konfirm baru masuk.

setiap malam trader pro juga akan melakukan analisa saham terhadap seluruh watch list nya. memeriksa ulang parameter yang telah diperiksa kemarin apakah telah ada perubahan atau belum. pekerjaan seperti ini betul-betul sangat membosankan, kita harus memiliki kesabaran tingkat tinggi

6. Pro Cenderung Bermental Baja
Kadang market seakan mempermainkan kita. setelah kita cut loss harga malah rebound, bagaimana reaksi kita? apakah langsung masuk kembali atau menunggu harga turun kembali? hal ini akan sering sekali kita alami. jika kita masih mau mencoba kembali untuk beli , artinya mental kita cukup kuat. Tapi yang paling penting bahwa pembelian ulang kita itu karena memang masih ada potensi untuk naik kembali, dan bukan bertujuan untuk balas dendam atau berusaha mengurangi loss.

Itu beberapa perbedaan Trader pro dan awam, semoga bermanfaat

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

150 Cara Berbakti Kepada Ibu


Penerapan Bakti Kepada Ibu dalam Kehidupan sehari-hari

Anak yang berbakti rezeki nya akan lancar, berikut saya share 150 cara berbakti kepada ibu , artikel ini kiriman dari seorang teman, semoga bermanfaat
150 Cara Berbakti Kepada Ibu:
1. Pilihlah hadiah yang cocok untuk setiap moment yang tepat, seperti di hari raya, pada saat pernikahan putra-putrinya, ketika sembuh dari penyakit, dll.
2. Membuatkan rekening khusus di Bank atas nama ibu, kemudian anak-anak dapat bekerjasama untuk mentransfer uang ke rekening tersebut setiap bulan agar segala kebutuhan ibu dapat terpenuhi.
3. Memahami kondisi kehidupan ibu, kemudian memperlakukan ibu dengan perlakuan yang sesuai dengan kondisi saat itu.
4. Berhati-hati dalam memilih kalimat-kalimat yang akan dikatakan di hadapan ibu.

5. Berusahalah sekuat tenaga agar ibu menjadi orang terakhir yang anda berpamitan kepadanya jika akan bepergian. Jadikanlah ia orang terakhir yang anda lihat sebelum berangkat. Berpamitanlah kepadanya dengan langsung berhadapan muka.
6. Pastikan bahwa ia adalah orang pertama yang anda datangi jika pulang dari bepergian. Ucapkan salam kepadanya, duduklah bersamanya, dan hiburlah ia. Sebelumnya, beritahukan rencana kepulangan dan kedatangan anda, sehingga ia tidak kaget. Dan jangan menunda-nunda untuk menemuinya, atau anda beranggapan bahwa waktunya belum tepat untuk mengunjunginya.
7. Selama dalam perjalanan, berusahalah untuk selalu berkomunikasi dengannya setiap hari, sekalipun hanya sesaat dalam waktu singkat.
8. Berusaha keraslah untuk menjumpainya setiap hari jika anda satu kota dengannya, Janganlah kesibukan dunia menjauhkan anda darinya, dan dari beramah tamah dengannya.
9. Jika ibu tidak satu kota dengan anda, maka hendaklah anda selalu berkomunikasi dengannya setiap hari.
10. Hendaknya anda mendekatkan diri dan berkasih sayang dengan siapa pun yang ia cintai.
11. Kecuplah keningnya atau tangannya atau kakinya ketika berjumpa dengannya.
12. Ajarilah anak-anak anda tentang tingginya kedudukan ibu anda (yakni nenek mereka). Ajarkanlah itu dengan perkataan dan perbuatan anda.
13. Berusaha keras untuk memenuhi tuntutannya, dan berusaha keras untuk memenuhi keinginan-keinginan tepat pada waktunya.
14. Janganlah anda berjanji kepadanya kemudian tidak menepatinya.
15. Sandarkanlah segala kesuksesan dalam hidup anda kepada Allah, kemudian katakanlah bahwa hal itu berkat didikan dari ibu anda.
16. Janganlah anda membantahnya, sekalipun anda benar. Akan tetapi gunakanlah cara yang ringan untuk mengemukakan pendapat anda, itupun jika dalam hal itu terkandung suatu manfaat.
17. Jangan menyepelekan pendapatnya di hadapan orang lain atau di hadapan saudara-saudara anda.
18. Janganlah ketidaktahuannya terhadap sebagian urusan kehidupan menyebabkan anda kurang menghargainya atau meremehkannya.
19. Janganlah anda tertawa terbahak-bahak di hadapannya, atau mengeraskan suara di sisinya, atau memandang dengan pandangan yang tajam di hadapannya, atau dengan pandangan kebencian, atau dengan bermuka masam di depannya.
20. Pastikan bahwa ibu menjadi orang pertama yang mendengar setiap berita gembira dalam hidup anda.
21. Jaga dan peliharalah kesehatannya.
22. Buatlah jadwal bulanan untuk medical check up lengkap, untuk memastikan kesehatannya yang membuatnya tenang.
23. Penuhilah kebutuhan-kebutuhannya sesuai dengan tingkat usianya.
24. Ketika ia sakit dan ia merasa kesakitan, maka rasakan pula kesakitannya oleh anda. Jika ia kembali sehat, maka tampakkan kegembiraan anda. Lakukanlah ruqyah terus-menerus oleh anda.
25. Tenangkanlah ia ketika sakit. Katakan bahwa ia akan sehat seperti sedia kala, Insya Allah. Dan jangan beritahukan tentang dampak buruk apa pun dari penyakitnya.
26. Datangkanlah dokter-dokter spesialis ke tempat tinggalnya.
27. Tolonglah ibu  dalam bersilaturrahim kepada kaum kerabatnya. Bawalah ia untuk mengunjungi sahabat-sahabatnya serta sanak saudaranya yang dekat di hatinya.
28. Sediakan kotak khusus untuk ibu, yang selalu diisi dengan berbagai macam biscuit, makanan yang manis-manis, mainan-mainan, dan hadiah-hadiah kecil. Tujuannya agar ibu dapat memberikannya kepada cucu-cucunya ketika mereka mengunjunginya.
29. Ketika ibu mengadakan safar atau bepergian jauh, maka usahakanlah untuk selalu menghubunginya.
30. Janganlah anda mengungkapkan kesedihan yang memilukan kepadanya. Jangan pula mengeluhkan rasa sakit kepadanya, karena akan membuat ia sedih.
31. Janganlah anda membicarakan kesulitan rumah tangga dihadapannya, karena urusan itu akan membuatnya sedih.
32. Janganlah anda sering memuji isteri anda sendiri di hadapannya.
33. Demikian pula, janganlah anda ceritakan setiap hubungan anda dengan ibu anda kepada isteri anda. Pereratlah hubungan diantara isteri dan ibu.
34. Jauhilah dari menghakimi permasalahan rumah tangga yang timbul antara ibu dan ayah.
35. Jangan mengkritik pakaiannya, penampilannya, pilihannya, suasana hatinya, atau gaya bicaranya, atau cara menangani sesuatu. Carilah jalan untuk mengingatkannya dengan cara yang tidak melukai sehingga hatinya sakit.
36. Jalinlah hubungan anda bersama saudara-saudara anda dengan kuat, meskipun diantara anda dan saudara anda terdapat masalah, namun jangan anda menampakkannya di hadapan ibu.
37. Bagaimanapun keadaan rumah tangga kedua orangtua anda, maka janganlah anda mendukung ayah anda untuk menikah lagi. Jika anda terpaksa melakukannya untuk mendukung ayah anda menikah lagi,  maka jangan sampai ibu anda mengetahuinya.
38. Ajarilah ibu perkara-perkara agama dengan bijaksana dan nasehat yang baik.
39. Janganlah anda menghalanginya untuk menghadiri majelis-majelis ilmu.
40. Bersemangatlah beramal ketika ibu sedang menunaikan ketaatan atau beribadah, seperti ketika sedang pergi haji.
41. Ajukanlah permohonan maafmu untuk saudara-saudaramu yang melakukan kesalahan.
42. Janganlah anda membesar-besarkan kesalahan orang lain di hadapan ibu.
43. Janganlah anda membuatnya terkejut dengan kabar berita yang menyedihkan atau bencana yang tiba-tiba, tanpa membuat ibu anda siap untuk mendengarnya.
44. Wanita, tanpa memandang usia, dia akan merindukan kata-kata yang emosional dan romantis. Maka jangan halangi mereka dari mendengar kata-kata puitis yang segar dari suara anda yang manis.
45. Jangan anda katakan bahwa ia telah tua, dan jangan anda katakan bahwa ia kini tidak mampu melaksanakan tugas-tugasnya, akan tetapi berilah semangat kepadanya.
46. Janganlah anda mencegah ibu dari menggunakan apa pun yang disukai wanita.
47. Jika ayah memiliki isteri-isteri yang lain selain ibu, maka janganlah anda memuji mereka di hadapan ibu, dan janganlah anda cenderung membela mereka dan mengorbankan ibu.
48. Janganlah anda banyak memuji hasil didikan orang lain di depan ibu anda. jangan pula berangan-angan ingin menjadi seperti mereka, atau ingin mencapai derajat seperti mereka.
49. Ketika ibu berbicara, pasanglah pendengaran anda, juga penglihatan dan hati anda.
50. Datangilah ibu anda selalu dengan senyum.
51. Ceritakanlah kejadian-kejadian dunia di sekitarnya.
52. Pujilah didikannya selamanya, berterima kasihlah atas segala pemberiannya, dan perbanyaklah menyebutkan jasa-jasanya disertai ucapan terima kasih.
53. Sampaikanlah bahwa obsesi terbesar dalam hidup anda adalah agar ibu anda hidup bahagia.
54. Berbuat baik kepada ayah dari ibu jika masih hidup.
55. Wakaflah atas nama ibu untuk menambah kebaikannya.
56. Ketika ibu menyebutkan kepada anda sebagian dari angan-angannya, atau sesuatu yang berkaitan dengannya, maka janganlah anda menunggu beliau memintanya kepada anda. Akan tetapi bersegeralah anda untuk memenuhi dan mewujudkan angan-angannya itu sesuai dengan kemampuan anda.
57. Dahulukanlah ibu anda di atas seluruh kesibukan anda.
58. Hormatilah ibu di rumah anda. Mintalah ia untuk berkunjung ke rumah anda kapan saja. Bujuk ia untuk bermalam di rumah anda.
59. Bawalah ia bertamasya bersama-sama dengan anda dan anak-anak anda, atau dengan saudara-saudara anda.
60. Di waktu yang lain, sekali-sekali ajaklah ibu untuk bersama-sama dengan anda menikmati salah satu makanan kesukaannya di restoran cukup baik.
61. Kunjungilah toko-toko atau tempat belanja bersamanya, untuk mewujudkan keinginan-keinginannya.
62. Berikanlah hadiah yang cocok untuk kaum pria, yang sekiranya dapat ibu berikan kepada ayah anda.
63. Memuji ayah anda dan memperlakukannya dengan baik di hadapan ibu.
64. Memuji apa yang ibu lakukan.
65. (Jika anda wanita), maka anak-anak wanita pada umumnya lebih dekat kepada ibu daripada anak-anak laki-laki. Maka dari itu, jagalah rahasia ibu, dan biarkan ibu mengetahui rahasia-rahasia anda.
66. Anak laki-laki akan dibutuhkan oleh ibu dalam menghadapi ujian-ujian hidup dan kesulitan-kesulitan. Oleh karena itu hendaklah mereka menjadi sandaran yang dapat melindunginya dalam menghadapi kesusahan dan penderitaannya.
67. Kelembutan anda terhadap saudara-saudara perempuan anda, keramahan anda kepada mereka, dan perilaku anda yang baik ketika berurusan dengan mereka, serta memberikan hadiah di setiap periode bagi mereka, semua itu akan memperkokoh kebahagiaan ibu.
68. Janganlah anda malu dengan tindakan apa pun yang dilakukan oleh ibu yang sesuai dengan usianya, namun tidak cocok dengan dunia di sekitarnya. Justeru berbanggalah dengannya.
69. Ajarkan kepada anak-anak anda untuk bersikap lemah lembut terhadap ibu.
70. Peganglah tangannya di masa tuanya, sodorkanlah sepatunya, tuntunlah ketika ia berjalan.
71. Sediakan hadiah atau penghargaan bagi anak-anak anda yang memperlakukan ibu dengan baik.
72. Seorang ibu akan mementingkan untuk tinggal di rumahnya. Oleh karena itu, bantulah ia untuk membuat rumahnya nyaman dengan suasana yang terbaik.
73. Sediakan tempat khusus di kamar tidur ibu.
74. Berbuat baiklah kepada kaum kerabat ibu, dan bantulah ibu untuk berbuat baik kepada mereka.
75. Jika ibu anda memiliki hobi tertentu, cobalah luangkan waktu anda bersamanya.
76. Dalam bidang apa pun hobi anda, persembahkanlah untuk ibu satu karya dari anda sendiri.
77. Dalam beberapa komunitas masyarakat, seorang ibu akan senang apabila namanya digunakan untuk menamai cucu-cucunya.
78. Ketika menaiki kendaraan, dahulukanlah ibu anda sebelum anda dan orang-orang selainnya.
79. Ketika berbicara dengannya, janganlah anda menggunakan kata-kata yang keras, kasar, atau berat (sulit dipahami).
80. Adakanlah ajang lomba untuk anak-anak anda yang masih kecil demi mendapatkan hadiah yang terbaik. Lalu hadiah itu diserahkan kepada ibu. Hal itu akan melatih mereka untuk memuliakan kedudukan ibu di mata mereka.
81. Pilihlah waktu-waktu mustajab untuk berdoa, dengan doa yang dikhususkan untuk ibu.
82. Perlihatkanlah kesan-kesan dan kekaguman teman-teman anda terhadap semua yang diberikan oleh ibu kepada anda.
83. Anda harus meluangkan waktu khusus untuk duduk bersamanya sepenuhnya.
84. Kepada para gadis, hendaklah mereka mempersilahkan ibunya untuk berkomunikasi dengan teman-teman mereka.
85. Banggakanlah ibu di setiap tempat dan kesempatan.
86. Perdengarkanlah kepadanya kisah-kisah tentang berbuat baik kepada orangtua.
87. Mintalah ibu untuk mendoakan anda, semoga Allah memberikan rizki berupa dapat berbuat baik kepadanya.
88. Mintalah selalu keridhaan ibu terhadap anda.
89. Berlombalah anda dengan semua orang untuk berbuat baik kepadanya. Jadikanlah selalu diri anda sebagai pemenang perlombaan itu.
90. Janganlah anda menaikkan suara di sisinya. Merendahlah di hadapannya.
91. Jika anda satu kota dengannya, namun masih dipisahkan oleh jarak yang cukup jauh antara anda dengannya, maka perdekatlah jarak itu semampu anda.
92. Jika anda bekerja di kota lain, berusahalah untuk menghubunginya dalam setiap kesempatan.
93. Jika anda berada di kota lain, maka tidak cukup jika anda berkunjung sendirian. Karena anak-anak dari anak-anak ibu anda pun menempati tempat yang sama (di hati ibu anda).
94. Dalam banyak hal, anda harus mengalahkan diri anda sendiri dan keinginan nafsu anda pribadi dalam rangka mendahulukan ibu anda.
95. Intropeksi diri anda sepanjang waktu dan periksalah dengan teliti, apakah anda telah benar-benar berbuat baik kepada ibu, atau masih melalaikannya?
96. Jadilah anda orang yang memiliki keyakinan (yang tidak tergoyahkan) selamanya, bahwa apa yang anda perbuat terhadap kedua orangtua anda, kelak akan kembali kepada anda, dengan kebaikan anak-anak anda kepada anda, segera atau nanti.
97. Di saat ibu jatuh sakit, tinggallah bersamanya, awasilah ia dengan segenap perhatian anda.
98. Pujilah selalu gaun yang ia kenakan.
99. Ceritakanlah peristiwa-peristiwa dalam perjalanan anda.
100. Sikapilah keprihatinannya dengan lapang dada. Terimalah kritikannya dengan jiwa besar. Seraplah nasehat-nasehat dan bimbingannya dengan kerendahan hati dan keridhaan.
101. Ajaklah ibu anda bermusyawarah dalam urusan anda.
102. Jika duduk di majelisnya, maka duduklah dengan sopan, sesuai dengan kedudukan dan derajatnya.
103. Pakailah etika makan di hadapannya.
104. Pelajarilah kepribadiannya, dan perlakukan ia sesuai dengan kepribadiannya.
105. Hendaklah anak-anak wanita tidak terlalu sibuk dengan kehidupan keluarganya, sehingga tidak memperhatikan ibunya.
106. Sebagian dari kebutuhan-kebutuhan seorang ibu tidak akan diketahui oleh anak laki-lakinya, maka alangkah baiknya jika anak-anak wanita memperhatikan hal itu, dan memberikan kebutuhan-kebutuhan tersebut kepada ibunya.
107. Ketika anda mengunjungi keluarga ibu, maka jagalah anak-anak anda agar tidak mengganggu perabotan rumah.
108. Ketika anak anda menghancurkan atau merusak beberapa perabotan rumah ibu, maka segeralah anda memohon maaf atas kelalaian anda dalam mengawasi anak anda, dan gantilah barang tersebut dengan yang lebih baik.
109. Selama ibu sakit, jiwanya akan berubah, maka sebaiknya kita menengoknya dan membantu dia agar dapat melalui ujian ini.
110. Jika anak cucu ibu anda banyak maka alangkah baiknya disusun jadwal kunjungan kepadanya, agar tidak merepotkan ibu anda.
111. Bagi orang yang memiliki anak-anak yang banyak, hendaklah ia memilih tempat yang tepat (untuk pertemuan).
112. Wakaf atas nama ibu.
113. Disarankan setiap anak menyadari kelebihan masing-masing yang disukai oleh ibunya, lalu dengan kelebihannya itu masing-masing melayani dan membantu ibu mereka dengan potensi yang ada pada mereka.
114. Sering-seringlah mengunjunginya, karena seorang ibu tidak akan bosan melihat anak-anaknya.
115. Berilah ibu anda perangkat komunikasi modern.
116. Jika ibu anda memiliki HP, kirimkanlah ungkapan yang indah melalui pesan atau SMS.
117. Ketika ibu telah berusia lanjut, anda dapat mengumpulkan hadiah-hadiah untuk diberikan kepada sekelompok teman-temannya.
118. Ketika menghubungi ibu melalui telephon, maka ucapkanlah salam terlebih dahulu, jangan tergesa-gesa untuk langsung berbicara.
119. Terapkanlah etika berbicara ketika anda berada di majelisnya.
120. Ketika anda baru tiba dari suatu perjalanan ke sebuah negeri, berikanlah kepada ibu anda suatu hadiah yang anda beli dari negeri tersebut.
121. Bawalah ibu ke tempat-tempat di mana ia lahir dan tumbuh dewasa, atau ke tempat-tempat khusus dimana ia meniti hari-hari pertama pernikahannya.
122. Mendidik saudara-saudara kita tentang keutamaan berbuat baik kepada ibu.
123. Ketika kedua orangtua anda berpisah, dan salah satunya meninggalkan yang lain, maka janganlah anda berbuat sesuatu yang tidak disukainya.
124. Ketika timbul beberapa masalah keluarga dalam rumah tangga, maka berikanlah solusi praktis dengan cara diplomatik untuk menyelamatkan biduk rumah tangga.
125. Ketika ibu menikah lagi setelah berpisah dengan ayah, maka hormatilah suami ibu.
126. Ketika ibu menikah lagi setelah berpisah dengan ayah, maka tinggikanlah kedudukannya.
127. Hubungilah orang-orang yang sulit menghubungi ibu, dan biarkan ibu berkomunikasi dengan mereka.
128. Di usia lanjutnya, kasihilah ia yang telah lemah.
129. Jika ibu mengungkapkan pandangan yang berbeda dengan anda, janganlah anda memaksakan diri anda dan pikiran anda sendiri kepadanya.
130. Jika ibu anda berlangganan beberapa majalah, maka berlanggananlah majalah yang cocok dengannya, lalu berikanlah kepadanya.
131. Berikanlah uang kepadanya setiap waktu dan kesempatan, jangan biarkan beliau meminta dari anda.
132. Belikanlah barang-barang keperluannya, dan jangan anda mengambil uang pembelian darinya.
133. Buatkanlah sebuah rekening bank khusus untuknya, dan ajarkanlah bagaimana mengoperasikan mesin ATM.
134. Jika anda melakukan kesalahan yang berkaitan dengan hak ibu anda, maka mintalah seseorang yang paling mulia di sisi ibu untuk menjadi penengah  antara anda dan ibu.
135. Ketika ibu memasuki usia tua, janganlah anda melontarkan julukan-julukan baginya yang membuat ia merasakan keuzuran, seperti julukan “nenek-nenek” atau “manula”.
136. Jika anda melihat perbuatan ibu yang tidak pantas dalam kehidupan rumah tangga dengan ayah, maka janganlah anda memberikan saran secara langsung.
137. Fikirkanlah selalu sarana-sarana baru untuk mendapatkan keridhaan ibu anda.
138. Janganlah anda terpaku pada satu cara tertentu saja dalam berbuat baik kepada ibu anda, akan tetapi jadikan seluruh aktivitas anda untuk berbuat baik kepadanya.
139. Apapun tindakan, ide, atau pandangan ibu, janganlah anda menyepelekannya, baik secara terang-terangan atau diam.
140. Janganlah anda memutus pembicaraannya atau menyela selama pembicaraan masih berlangsung. Janganlah anda berkata-kata kepada orang lain sementara ibu anda sedang berbicara kepada anda.
141. Tela’ahlah selalu hadits-hadits yang menerangkan keutamaan berbuat baik kepada ibu, dan tela’ah pula riwayat hidup mereka yang bebruat baik kepada ibu.
142. Jika anda melihat orang yang telah tertimpa bencana dengan menyakiti ibunya, maka ucapkanlah:
Alhamdulillahil ladzi ‘aafaanii mimmaa ibtalaahu bih.
“Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari cobaan yang menimpanya.”
143. Di majelisnya, janganlah anda membelakangi ibu, atau menjauh dari hadapannya, atau rela menjadi orang terakhir yang datang paling belakang.
144. Jika ibu anda ingin berjalan, maka sodorkanlah sandalnya, dan berjalanlah anda di sampingnya.
145. Janganlah anda menjadi orang yang terakhir mengetahui berita tentang ibu anda, atau orang terakhir yang mengucapkan selamat kepadanya.
146. Ketika ibu memarahi anda atau kesal kepada anda, maka janganlah anda menjawabnya, atau menjelaskan situasi anda kepadanya saat itu juga.
147. Sebagian ibu ada yang cepat marah, maka bersabarlah anda.
148. Tulislah sifat-sifat ibu anda dalam sehelai kertas, kemudian tulislah cara yang baik dalam menyikapinya agar berkenan di hatinya.
149. Renungkanlah orang-orang di sekitar anda. Lihatlah bagaimana orang yang sudah tidak memiliki ibu.
150. Ketika ibu anda sakit, tangguhkanlah perjalanan anda.

Trader's Evolution


Mengenal Perkembangan Seorang Pemain Saham

Gambar di samping adalah tampilan komik spiderman pada saat pertama kali terbit, tahun 1980-an dan edisi terakhir. terlihat jelas sekali perkembangan kualitas gambarnya.

Dalam hal apapun, kita tentunya berusaha agar semakin lama kita bisa melakukan semakin baik. hasil kerja kita hari ini bisa lebih baik dari kemarin. dengan berpegang pada prinsip seperti itu bisa dipastikan kita akan semakin ahli dalam bidang kita.

Sama halnya juga dalam bermain saham. setiap orang akan mulai dari awal yang sama. pada saat kita menandatangi form pembukaan rekening, kita  betul-betul buta terhadap bursa saham. bisa dipastikan cara bermain saham kita masih amburadul, membeli saham cuma berdasarkan feeling atau rekomendasi dari broker/teman saja.

perbedaan akan mulai terlihat dalam 1-2 tahun berikutnya, ada trader yang tetap tetap konsisten mengikuti saran dari broker, aktif di berbagai macam grup untuk mendapatkan tips dari master yang ada di sana. ada juga trader yang setelah menyadari bahwa performance nya tidak terlalu memuaskan, lalu semakin tertantang untuk mempelajari market, membaca buku trading atau bahkan mengikuti pelatihan saham.

tidak ada salahnya mengikuti rekomendasi saham dari orang lain sepanjang rekomendasi itu bisa secara konsisten memberikan kita chuan, yang terpenting kita selalu membuat laporan laba/rugi, untuk mengetahui performance dari transaksi saham kita. sepanjang hasil yang dicapai cukup memuaskan kita bisa tetap menggunakan rekomendasi dari mereka.

pencatatan historis transaksi sangat penting untuk trader yang melakukan analisa saham sendiri, kita akan memiliki pedoman bagaimana sistem kita bekerja, apakah sistem tersebut bisa mengikuti gerakan bursa saham atau tidak, sehingga akan membantu kita dalam membuat perbaikan yang diperlukan. pencatatan transaksi bisa diibaratkan seperti cermin, agar kita bisa mereview hasil transaksi kita, dan membantu mengenali kelemahan dari sistem kita.

pernahkah anda memperhatikan trading system yang dipakai 3-4 tahun lalu? jika ternyata trading system yang kita pakai saat ini masih sama dengan 3-4 tahun lalu tanpa ada perubahan yang berarti , ada 2 kemungkinan :

1. kita telah menemukan trading system yang sesuai dengan kepribadian kita, sehingga tidak perlu diperbaiki sama sekali. ini bisa dibuktikan dengan perkembangan modal kita yang telah naik secara konsisten setiap tahunnya.

2. kita sama sekali tidak belajar hal yang baru dari bursa, malah mungkin sama sekali tidak ada trading system yang digunakan, ini bisa dibuktikan dengan perkembangan modal yang seperti roller-coaster, dan banyaknya simpanan saham yang nyangkut.

dalam trading kita tidak berusaha menciptakan trading system yang sempurna, kita cuma berusaha agar trading system kita lebih baik daripada yang lalu. perbaikan kecil yang selalu dilakukan pastilah akan membuat trading kita lebih terarah.

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Market Language


Memahami Gerakan Sesungguhnya dari Arah Trend Saham

Seseorang kadang mampu menyembunyikan apa yang sebenarnya dia pikirkan dengan memanipulasi tutur kata dan sikapnya saat berinteraksi dengan orang lain. namun kadang secara tidak sadar gestur tubuhnya akan menampilkan apa hal sesungguhnya yang dipikirkannya, ini umum kita kenal dengan istilah body language.

seseorang bisa saja saat berbicara dengan kita penuh dengan rasa akrab, tapi dengan memperhatikan  body languagenya, kita bisa menilai apakah mereka memang natural atau hanya berbasa-basi saja, sebuah senyuman pun bisa kita nilai tulus atau tidaknya hanya dengan memperhatikan lengkungan sudut mata saja. kemampuan membaca body language ini perlu kita pelajari agar kita mampu menilai apa sebenarnya yang dipikirkan oleh lawan bicara kita.

Demikian pula dengan saham, pada saat kita merancang sebuah indikator, usahakan bisa menangkap inti gerakannya, bagaimana arah trend yang sebenarnya. janganlah kita membuang-buang energi berusaha untuk bisa mengidentifikasi setiap tikungan. belajarlah untuk menerima kenyataan bahwa pergerakan harga saham itu bergerak bukan dalam kondisi yang ideal, bahwa saat naik bergerak dengan mulus, selalu ada koreksi di antaranya.

fokus kita saat merancang indikator adalah bagaimana kita bisa mendapat gambaran kekuatan trend yang saat ini kita identifikasi, apakah masih akan lanjut atau sudah mulai mendekati akhir. dan bukan berusaha untuk bisa menebak dimana kira-kira top dan bottomnya.

Bursa Saham penuh dengan info / sinyal yang menyesatkan, usahakan kita bisa membentengi diri kita dari informasi yang tidak terlalu penting. jika anda sudah berhasil menyusun sebuah trading sistem, dan yakin pada indikator anda, jangan lagi berusaha untuk mencari-cari info dari orang lain.

apa gunanya kita bersusah payah menganalisa jika pada akhirnya kita malah mencocokkan hasil analisa kita dengan dengan hasil analisa yang dikeluarkan oleh tim/lembaga yang lebih "bonafide"? percayalah pada kemampuan diri kita sendiri, tidak ada jaminan bahwa para analis dari perusahaan sekuritas lebih jago daripada kita. dan yang pasti analisa yang kita buat sendiri motifnya sudah jelas: untuk perkembangan portofolio kita sendiri.

pada saat mengamati market, usahakan kita tidak bias terhadap hal lain diluar arah trend kita. pelajarilah faktor-faktor external seperti arah index regional, kurs mata uang asing, data inflasi dll, tentukan seberapa besar pengaruhnya terhadap arah trend yang kita identifikasi, ini semua akan membantu kita untuk tetap fokus dalam proses analisa kita

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Delusional Trader


Mengendalikan Psikologi Saat Nyangkut di Saham


2 Tahun lalu ada kerabat yang mengajak saya ikut program investasi yang dikelola seorang trader forex, investor dijanjikan return 200% per bulan. sejak awal saya sudah peringatkan dia hati-hati. 3 bulan pertama memang dia dibayar , tapi sesudahnya macet. alasannya saat ini peserta yang ikut sudah terlalu banyak, sehingga uangnya ditahan oleh BI , karena jika masuk di indonesia bisa merusak keseimbangan rupiah karena jumlah yang harus dibayar sudah triliunan.

karena penasaran saya menanyakan nama program investasinya, dan ternyata pendirinya sudah masuk dalam DPO karena ada laporan membawa lari uang nasabah, namun saat saya menceritakan hal ini , kerabat saya mengatakan bahwa yang melaporkan ke polisi hanya investor yang tidak punya akses langsung, karena berdasarkan info orang dalam dananya sudah masuk ke indonesia cuma masih ditahan oleh BI.

beberapa hari lalu, saat kami membahas skema ponzi yang lagi hot saat ini, saya iseng saja menanyakan nasib dananya yang ditahan BI, dia masih mengatakan bahwa masih diurus di BI untuk pencairannya, dan ternyata sebenarnya investasi forex itu hanyalah kedok untuk memasukkan dana harta karun majapahit yang ada di luar negeri. saya sampai speechless mengetahui "perkembangan terakhir" ini, dan ternyata mereka kadang masih harus mengumpulkan uang sebagai pelicin negosiasi agar dananya bisa secepatnya dicairkan.

Pada saat ada begitu besar jumlah uang yang dipertaruhkan, kadang kita cuma mau menerima kenyataan yang sesuai dengan harapan kita, dan secara tidak sadar menolak menerima kenyataan yang tidak mendukung kita ,meskipun hal itu sudah sangat jelas sekali.

A delusion is a belief held with strong conviction despite superior evidence to the contrary. Kebanyakan delusional ini timbul pada orang yang lagi nyangkut, pada saat kita lagi nyangkut kadang kita sangat yakin sekali bahwa saat ini market sudah ada di dasar dan tidak lama lagi akan rebound. meskipun saat ini chart SANGAT JELAS SEKALI menunjukkan bahwa trend sedang turun dan belum ada tanda-tanda akan naik kembali.

Pada saat kita sedang memiliki saham yang sudah turun di bawah harga beli kita. dan kita sedang sibuk mencari-cari indikator yang bisa membantu kita mencari support terdekat, berhati-hatilah mungkin saat ini kita mulai menderita delusional.

delusional ada banyak tingkat, tingkat yang ringan mungkin kita akan melakukan average down untuk menurunkan modal, kemudian kita sibuk mencari-cari indikator atau berita saham positif yang kira-kira mampu mendorong kembali harga naik. tingkat berikutnya kita mematikan komputer, sama sekali tidak mau melihat price dan berharap market secepatnya rebound.

sulit menerima rugi bermain saham adalah hal yang wajar sekali, siapa yang tidak sakit hati saat menderita loss? kunci utama penyebab delusional adalah loss kita terlalu besar karena kita mengambil posisi yang terlalu banyak.

sehingga untuk mencegah delusional dan bisa trading saham dengan benar, usahakan kita mengendalikan setiap pembelian kita, resiko harus diukur dengan benar, ambil resiko yang bisa kita toleransi

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317