jsx_trader Rekomendasi Saham Harian di Bursa Saham Indonesia: April 2014

Floating Loss


Menghadapi Kondisi Saham Yang Nyangkut

Bahkan Michael Phelps (peraih 8 Medali emas renang di olimpiade 2008) pun akan tenggelam jika kakinya di ikat batu

Ada anggapan bahwa posisi loss yang belum ditutup belumlah menjadi loss , itu hanya loss di atas kertas, selama kita belum jual itu hanyalah floating loss, kita bisa menggunakan teknik average down untuk menurunkan modal, atau kita short barang sendiri supaya bisa buy back di harga lebih rendah.

Setujukah anda dengan anggapan seperti itu? Saya Pribadi menganggap bahwa average down adalah salah satu kesalahan fatal seorang trader, dan kita sebagai trader pemula cenderung untuk melakukan hal itu, di masa-masa awal trading saya juga terjebak untuk avg down.

Memang jika secara sekilas kita melihat bahwa dengan avg down, modal/lembar kita akan mengecil, tapi ada yang lupa kita perhatikan, bahwa sebenarnya uang kita akan semakin besar yang nyangkut di saham tsb.

Pada prinsipnya kita membeli saham dengan harapan harganya akan naik sehingga kita bisa mendapat untung saat menjualnya. tapi jika setelah kita beli harga malah turun itu menandakan bahwa analisa kita salah. Dalam keadaan seperti ini seharusnya kita mengakui jika keputusan kita salah, bukannya malah membeli lebih banyak lagi , ini artinya kita malah menumpuk modal di saham yang jelek.

Sedangkan teknik "short barang sendiri" menurut saya pribadi itu adalah teknik pengingkaran kenyataan, apa bedanya itu dengan cut loss? bukannya mengakui bahwa kita cut loss, malahan kita berusaha menghibur diri sendiri bahwa saat ini kita sedang dalam posisi short, short dalam kondisi bearish sangat disarankan, tapi hanya untuk saham pinjaman bukan milik kita sendiri.

Cut loss memang menyakitkan, kebanyakan orang tidak rela cut loss karena BELINYA KEBANYAKAN, sehingga jika harus cut loss LOSS NYA AKAN BESAR SEKALI di sinilah pentingnya money management, sejak awal pembelian kita harus disiplin agar jika analisa kita salah, kita tidak akan loss terlalu banyak.

Namun kondisi yang paling parah adalah membiarkan loss yang ada semakin menggerogoti portofolio kita, karena kita tidak rela cut loss kita berusaha untuk hold dengan harapan harga akan berbalik arah lagi, tapi kenyataannya kadang harga akan semakin turun, akibatnya kita akan SEMAKIN TIDAK RELA untuk cut loss.

kondisi seperti ini selain merusak portofolio kita, juga merusak kondisi psikologis kita, kita akan semakin stress melihat setiap hari portofolio kita terkikis perlahan-lahan. akibatnya kita tidak bisa berpikir jernih menangkap peluang baru yang ada, bukannya ini berarti kita rugi 2 kali?

Seandainya kita disiplin cut loss sesuai rencana awal saat loss masih kecil, memang kita akan menyesalinya, tapi loss yang kecil lebih gampang untuk diterima, dan kita bisa segera siap untuk menangkap peluang berikutnya.

Money management adalah sangat penting usahakan agar kita mengambil resiko yang bisa diterima, agar saat terpaksa cut loss kita bisa menerimanya sebagai BIAYA OPERASIONAL, dan JANGAN PERNAH membiarkan LOSS KECIL bertumbuh menjadi LOSS BESAR 

Good Luck

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Apa Kata Dunia

Mencari Indikator Saham Terbaik

Alkisah ada seorang bapak dan anaknya yang hendak menjual keledai mereka di pasar. mereka pun menuntun keledai itu ke pasar.

ditengah jalan ada yang berkata " alangkah bodohnya kedua orang itu , punya keledai kok tidak di tunggangi? ". mereka berdua pun segera naik ke punggung keledai melanjutkan perjalanan ke pasar.

tidak jauh berjalan, ada lagi yang berkata " betapa kejamnya kedua orang itu, keledai yang badannya kecil dinaiki oleh dua orang" mereka pun merasa malu, akhirnya diputuskan sang anak saja yang duduk diatas kedelai karena badannya lebih ringan.

baru berjalan beberapa saat , ada yang berkata " dasar anak tidak berbakti, enak-enakan duduk diatas keledai, sedangkan bapaknya yang sudah tua dibiarkan berjalan kaki" sang anak pun merasa malu, dia menyuruh bapaknya yang naik di atas keledai.

berjalan beberapa saat, ada lagi yang menggosipkan mereka " bapak yang kejam, anak sekecil itu kok dibiarkan berjalan kaki, kasian sekali" sang bapak yang merasa malu segera turun, akhirnya mereka memutuskan bersama-sama menggotong keledai itu sampai kepasar untuk menghindari gunjingan orang lain.

baru berjalan beberapa jauh, masih ada yang menggosipkan mereka " dasar bodoh , keledai yang sehat begitu kenapa digotong? biarkan jalan sendiri saja"

akhirnya mereka tidak jadi menjual keledai, karena tidak tahan mendengarkan perkataan orang-orang di sepanjang jalan.

jika semua tindakan yang kita lakukan hanya berdasarkan pada pikiran " APA KATA DUNIA ? " jika kita hidup dalam standar yang diciptakan orang lain, hidup akan sangat menderita.

demikian juga di dalam trading, dalam menyusun sebuah trading system, buatlah yang sesuai dengan personality kita masing-masing, jangan mengutak-atik indicator yang menjadi base dari keputusan kita karena ada indicator yang lagi HOT.

bulan ini banyak yang membahas alligator ,kita pun ikut menggunakan alligator, bulan depan ternyata ada orang yang mampu gain secara konsisten dengan menggunakan bollinger band, kita pun beralih dari alligator ke bollinger, 2 bulan kemudian ternyata RSI + MACD lebih mampu mendeteksi arah trend, kita pun melupakan bollinger band, dan beralih ke MACD.

Banyak Indicator TA yang bagus, tapi tidak semuanya cocok dengan kepribadian kita, sebuah indicator tidak menghasilkan gain yang konsisten, bukan berarti indicator tsb jelek, tapi karena personality kita tidak cocok dengan indicator tsb.

dalam menyusun trading system, jangan ikut-ikutan pada indicator yang banyak digunakan oleh orang lain, carilah indicator yang paling comfort bagi kita. jangan biarkan DUNIA yang menentukan apa yang bagus bagi kita, tapi kita sendiri yang memilih apa yang terbaik

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Don't Buy When Your Indicator Tell You to Sell


Konsisten Dalam Trading Saham

Belajar teori TA tidak memerlukan waktu yang lama, tapi belajar untuk disiplin menerapkannya butuh waktu yang sangat lama.

Indicator TA dibuat untuk memberi kita gambaran bagaimana kekuatan trend saat ini, apakah sudah overbought / oversold, apakah ada di support atau ada di resistance dll. semuanya bertujuan agar kita bisa mengambil keputusan trading yang sesuai dengan kondisi market.

jika market menunjukkan saat ini ada di support, dan sudah oversold, serta pattern sudah confirm, kita seharusnya BUY. demikian juga sebaliknya jika market ada di resist, indicator2 kita menunjukkan market lagi downtrend , kita seharusnya SELL.

Itu yang seharusnya kita lakukan, buy jika indicator menyatakan buy , sell jika indicator menyatakan sell. tapi dalam prakteknya, meskipun telah tahu indicator kita saat ini menunjukkan sinyal sell, kita kadang malah sibuk mencari indicator baru yang menunjukkan bahwa saat ini masih uptrend. hanya karena kita tidak rela CUT LOSS, sibuk bertanya di milis-milis, bertanya kepada "PARA SENIOR" untuk membenarkan keputusan kita tetap hold saham kesayangan kita.

dan jika "PARA SENIOR" itu menyatakan memang lagi downtrend, kita akan mencari second opinion, sampai ada orang yang menyatakan kepada kita, bahwa market cuma koreksi normal, cuma strategi bandar untuk mengusir para retail. barulah kita tenang...

jika keadaan ini sering anda alami, apa gunanya belajar TA ? apa gunanya belajar sesuatu jika kita tidak menerapkannya? cuma buang-buang waktu saja...

di buku ... ( lupa judulnya) seorang trader ( lupa namanya juga..) yang mengajarkan kelas trading mengatakan butuh waktu 2 minggu untuk mengajarkan semua hal tentang trading, tapi dia butuh 8 minggu mendisiplinkan murid-muridnya untuk melaksanakan apa yang diajarnya

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

IMPERFECT is PERFECT


Merancang Trading System Yang Sempurna

Berapa parameter moving average yang terbaik?
Apa indicator TA yang paling mampu menangkap semua bottom dan top di market?
Mana yang lebih bagus?RSI atau stochastic? bagaimana settingan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang optimal?
masih banyak pertanyaan yang sering kita hadapi dalam usaha untuk mencapai hasil trading yang optimal.

berusaha untuk mencapai hasil yang terbaik adalah mutlak, tapi janganlah kita terjebak pada usaha itu, sehigga tidak fokus pada hal-hal lain, jangan sampai seperti peribahasa "mengharap hujan di langit, air di tempayan di buang" jangan sampai karena kita berusaha mencari indicator TA yang terbaik, kita malah tiap bulan gonta-ganti indicator, hasilnya malah akan berantakan. hal seperti ini sering dihadapi para trader pemula yang baru mulai main saham

yang terbaik, rancanglah trading system yang paling sesuai dengan personality anda , jangan memilih menjadi day-trader jika anda tidak rela untuk cut loss, jangan menjadi long term trader jika anda tidak sabar untuk take profit.

meminjam status yang biasa dipasang seorang teman " IMPERFECT IS PERFECT" pada saat telah memiliki trading system, perbaikan tetap perlu dilakukan, tapi terimalah bahwa trading system kita mungkin tidak sempurna tapi itu telah sesuai dengan personality kita.

trading system saya tidak mampu buy at bottom dan sell at top, tapi dia bisa memberikan gain yang konsisten, itu sudah lebih dari cukup, janganlah terjebak membuang waktu untuk berusaha menciptakan trading system yang sempurna . fokuslah pada kelebihan dari system kita

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Self Sabotage


Penghambat Trading saham Dalam Diri Kita Sendiri

Banyak sekali tantangan dalam trading saham, mulai sejak penentuan saham apa yang hendak dibeli, besarnya position sizing, pemilihan saham apa yang dikorbankan ( di cut loss) untuk memaintain risk, penentuan timing take profit dll.

Semua tantangan itu membutuhkan konsentrasi kita dalam pengambilan keputusan agar return kita optimal, ironisnya kadang kita malah tidak terfokus pada hal-hal yang perlu dilakukan, kita malah sibuk menyabotase diri sendiri.

jika melihat saham yang mulai naik, kita sibuk meyalahkan diri sendiri, kenapa tidak membelinya kemarin saat harga terendah.
jika saham yang kita beli malah turun, kita menyalahkan diri sendiri kenapa terpancing untuk beli saham ini.
jika saham yang kita hold saat ini sudah gain, ternyata mulai turun, kita mulai menyesal kenapa tidak take profit di high
masih banyak lagi contoh lainnya...

trading saham bukan mengenai perfectionisme, bukan mengenai buy at bottom dan sell at top, dengan menganalisa historical chart memang gampang sekali untuk menentukan top dan bottom, tapi kita tidak bisa trading dengan menggunakan data historical.

jika keputusan trading kita salah, jangan terfokus pada kesalahan tsb, jangan sibuk menyesalinya dan menyalahkan diri sendiri, ambil pelajaran dari kesalahan tersebut, dan move on . sibuk menyesali kesalahan yang kita buat hanyalah menyia-nyiakan energi kita, yang malah akan menjauhkan kita dari peluang berikutnya.

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Sniper Trader


Kesabaran Menunggu Peluang dalam Bermain Saham

Salah satu persyaratan yang harus dimiliki seorang trader untuk bisa gain secara konsisten adalah PATIENCE.. kesabaran.

Pada saat menunggu entry poin, kita harus sabar menunggu sampai sinyal yang diberikan oleh system kita sudah confirmed, pada saat lagi hold saham yg uptrend kita juga harus sabar menunggu sampai ada sinyal yang valid jika trend sudah berbalik arah dan sudah waktunya jualan.

penyebab kegagalan seorang trader, umumnya bukan karena systemnya yang jelek, tetapi dia tidak sabar untuk menunggu timing yang tepat untuk action, jika kita memaksakan beli pada saat system belum memberikan sinyal entry kadang kita terpaksa harus cut loss karena memang saham tersebut belum waktunya dibeli.

kadang juga kita cut profit, buru-buru menjual saham gainer, hanya karena takut unrealized profit akan berkurang jika tidak cepat-cepat direalisasi, padahal sama sekali tidak ada sinyal untuk sell.

seorang trader haruslah memiliki kesabaran seperti seorang sniper, seorang sniper harus sabar menunggu untuk mendapatkan momen yang tepat untuk melumpuhkan musuh dengan 1 kali tembakan, jika kesempatan belum ada mereka akan menunggu, karena jika memaksakan untuk menembak akibatnya malah target akan lari atau posisi persembunyian sniper akan ketahuan.

kita sebagai seorang trader haruslah juga memiliki mental seperti itu, terlalu banyak transaksi yang belum confirm hanyalah akan merugikan portofolio kita, satu-satunya orang yang senang adalah broker anda.

prinsip dalam trading yang efisien adalah LESS IS MORE , usahakan setiap transaksi yang kita buat adalah berdasarkan sinyal dari system kita, agar pada saat kita terpaksa cut loss, itu memang karena sinyal trading kita salah, jangan sampai kita cut loss sia-sia hanya karena kita tidak sabaran

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Preparing For The Worst


Persiapan Trader Menghadapi Kondisi Market Tak Terduga

Sering kita membaca mengenai kejatuhan/kebangkrutan seorang trader, keuntungan yang dikumpulkan selama bertahun-tahun di bursa hilang dalam sekejap karena sebuah kesalahan fatal. Bisa anda bayangkan bagaimana sakitnya keadaan tersebut?

Memang Money management berusaha membantu untuk memperkecil risk kita, dengan MM setiap trade kita akan terkontrol risknya, namun bagaimana pun juga kita adalah MANUSIA BIASA yang masih bisa membuat kesalahan, jangan sampai satu kesalahan yang kita buat akan menghancurkan seluruh portofolio kita.

Ada satu metode yang dapat menyelamatkan equity kita, saya terinspirasi dari buku jesse livermore, dimana gara-gara bangkrut sampai 3 kali Livermore kemudian mendisiplinkan diri untuk selalu "mengamankan" sebagian dari keuntungan yang diperolehnya.

Saya menerapkan prinsip ini sejak awal 2008, dan dengan sedikit modifikasi.
setiap bulan saya akan menarik 50% dari net gain bulan tersebut. dan jika bulan tersebut loss sampai 10% saya akan menarik 20% dari modal saya.

tapi yang PALING PENTING : DANA YANG TELAH DITARIK ITU TIDAK AKAN PERNAH DIMASUKKAN KE BURSA LAGI Dana itulah yang akan menjadi "UANG PENSIUN" kita

Paper profit belum menjadi milik kita sebelum di realisasikan.
Total Equity di rekening efek belum menjadi milik kita sebelum ditarik.

Tujuan trading adalah mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya, tapi kita harus selalu ingat untuk menarik sebagian hasil usaha kita. Jangan sampai gara-gara sebuah kesalahan kita tidak sempat menikmati jerih payah trading selama bertahun-tahun

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Mind Control


Mempersiapkan Kondisi mental dalam bermain saham

Apa yang akan kita capai dalam hidup ini tergantung dari kebiasaan kita.
kebiasaan kita dibentuk oleh pikiran kita.
pikiran kita dibentuk oleh alam bawah sadar kita.

orang yang punya kebiasaan malas berusaha, tidak mau bekerja keras , kemungkinan besar tidak akan mencapai apapun dalam hidup ini, make sense kan? jadi untuk sukses dalam apa pun yang kita kerjakan, kita harus memperbaikinya dari hal yang paling mendasar, yaitu pikiran kita. jika kita memiliki mental pekerja keras, tidak mudah menyerah, niscaya apapun yang kita kerjakan akan berhasil.

Trading saham juga demikian, kesuksesan bukan ditentukan oleh seberapa bagus analisa teknikal yang kita gunakan, seberapa tepat kita berhasil memprediksi bottom-top, tapi pada seberapa siap psikologi kita menghadapi market, dalam hal ini mind-set, bagaimana kita memandang market, bagaimana reaksi kita menghadapi loss, bagaimana kita disiplin pada planning yang telah ditetapkan.

2 orang yang menggunakan system yang sama, trading di market yang sama, tidak akan memberikan hasil yang sama, karena performance ditentukan oleh mind-set masing-masing trader.

ubahlah sudut pandang anda terhadap market, niscaya performance anda akan berubah juga, jika kita memandang market sebagai mesin pencetak uang , demikianlah adanya. jika kita memandang market sebagai mesin penghancur uang, akan demikian yang terjadi.

yang menjadi masalah sekarang adalah bagaimana membentuk mind-set kita agar bisa memberikan performance yang optimal, seandainya ada ahli yang bisa masuk ke alam bawah sadar kita seperti di film Inception untuk menanamkan pikiran bahwa make money secara konsisten di bursa saham adalah hal yang lumrah, performance kita pasti akan optimal.

yang bisa kita lakukan adalah pelan-pelan menanamkan kebiasaan trading yang benar ke alam bawah sadar kita, kita tidak bisa secara instan mengubah kebiasaan trading kita, harus secara perlahan-lahan ditanamkan. usahakan selalu membuat catatan atas trading kita, catat apa yang mendasari kita melakukan trading tsb, dan review lah secara berkala agar anda bisa memahami apa yang mendorong kita.

dengan adanya catatan itu, kita akan memiliki gambaran bagaimana cara pandang kita terhadap market, jika memang sudah benar teruskan, tapi jika ternyata cara pandang kita salah, harus secepatnya diubah.

jangan memandang remeh mind-set kita terhadap market, karena ini yang menjadi central dari segala tindakan kita. bayangkan anda akan berjalan sejauh 10 Km dari sebuah titik , anda bebas memilih arah yang akan dituju, perbedaan arah yang anda pilih meskipun cuma berbeda 1 MM saja, setelah 10 Km jaraknya akan jauh sekali berbeda dibandingkan jika anda memilih bergeser 1 MM dari titik awal.

you change your mind-set, you change everything
Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Amatir VS Pro


Bagaimana Trading Saham Secara Professional

Seorang amatir maupun pro pasti akan membuat kesalahan, yang membedakan hanyalah reaksi mereka.  seorang amatir akan sibuk menyalahkan orang lain. Sedangkan seorang pro akan mengambil satu langkah ke belakang untuk introspeksi diri.

Trading saham adalah pekerjaan yang penuh dengan kesalahan. Setiap saat kita pasti akan membuat kesalahan. Baik itu salah beli saham, terlalu cepat take profit,  salah dalam penentuan position sizing dll.

Pada saat loss, amatir akan sibuk menyalahkan orang lain atas loss nya, entah  itu menyalahkan broker yang memberi info yang salah,  jaringan internet yang tidak stabil sehingga terlambat untuk transaksi, maupun 1001 alasan lainnya. Intinya penyebab loss tersebut adalah karena banyak hal- hal yang menghambat keberhasilan dirinya.

Sementara itu seorang pro, meskipun dia telah merencanakan trading plan nya dengan seksama,tetap ada kemungkinan untuk loss, berbeda dengan amatir, dia akan menganalisa apa penyebab nya, mengapa setelah melalui proses analisa yang seksama dia masih juga loss, dia berusaha mencari tahu agar dalam transaksi berikutnya dia tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

jangan pernah mengharapkan anda akan selalu benar dalam setiap keputusan trading. Proses menganalisa market sudah cukup melelahkan jangan menambah beban pikiran anda lagi dengan memikirkan kesalahan yang anda perbuat

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Mental Trader


Mengenali Karakter untuk Menjadi Trader Saham Sukses

Bagaimanakah sikap mental yang diperlukan oleh seorang trader sukses?
1. Pantang Menyerah
menyusun sebuah trading system yang sesuai dengan personality kita membutuhkan waktu, kita tidak bisa asal copy-paste system yang digunakan oleh orang lain, trading system dirancang berdasarkan proses trial and error, sehingga sebelum trading system tercipta kita harus tetap berusaha untuk mencobanya.

2. Gigih
trading system yang bagus kadang mengalami losing streak juga, setelah mengalami loss yang beruntun, jika indicator anda memberikan sinyal entry yang bagus apakah reaksi anda? apakah akan tetap melakukan pembelian atau mundur dulu karena masih trauma terhadap loss yang lalu? seorang trader harus tetap konsisten dengan systemnya, jika kita menderita losing streak yang harus kita lakukan adalah memperkecil risk yang diambil dalam trade. yang saya bicarakan adalah system yang sudah teruji selama bertahun-tahun, bukan system yang baru mulai dipakai

3. Mental maling
pada saat system kita memberikan sinyal reversal, kita harus segera lari secepat kilat seperti maling yang ketahuan, jangan pernah mencoba untuk sok positive thinking pada saat ada sinyal reversal, jika pun ternyata sinyal reversal itu salah, selalu ada kesempatan untuk entry kembali

4. muka tembok
disekeliling kita pasti ada segelintir orang yang senang menjatuhkan mental orang lain. ada orang yang hobynya menghina apapun yang kita lakukan. perhatikan saja pada saat anda menceritakan saham yang anda beli, pasti ada orang yang memberi respond negatif, makanya sangat dibutuhkan muka setebal tembok agar kita tidak terpengaruh oleh omongan mereka, tapi cara yang paling efektif sebenarnya adalah tidak menceritakan posisi kita kepada siapapun
Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Price For Success


Pengorbanan Untuk Menjadi Pemain Saham Sukses

Little friend, do you have a lot of questions?
Why others are reading comic books,
But I am learning painting and talking to the piano.
Others are playing games, but I am leaning on the wall memorizing my ABCs.
I said I wanted a large airplane, but I got an old recorder.Why listen to mom's words, after you grow up you will start to understand this section of words.
After I got older I started to realize,Why I run faster than others, fly higher than others.
In the future, people will be reading the comic books I draw,
All the songs they sing will be written by me.

itu adalah penggalan lirik dari lagunya jay chou "Listen to Mother's Words"  konon lirik lagu tersebut menceritakan masa kecilnya, bagaimana dia sejak umur 4 tahun sudah belajar piano, pada saat anak sebayanya masih asyik bermain, dia sudah belajar musik. akhirnya saat ini dia sudah menjadi superstar dengan jutaan penggemar

jika anda mau memperhatikan, sebagian besar orang sukses adalah mereka yang MULAI LEBIH AWAL dari orang lain, dan BERUSAHA LEBIH KERAS dari orang lain. warren buffet sudah mulai main saham sejak umur 9 tahun, darvas belajar dengan giat selama bertahun-tahun sebelum berhasil menciptakan teori box -nya.

untuk sukses dalam bidang apapun, kita di tuntut untuk siap bekerja keras, sangat jarang ada orang yang mencapai kesuksesan cuma dengan duduk santai saja ( saya tidak menyebutkan tidak ada, karena beberapa orang mungkin terlahir dengan keberuntungan yang sangat besar, sehingga dia bisa sukses tanpa perlu bersusah payah membanting tulang, sedangkan bagi kita yang belum seberuntung mereka, kerja keras adalah syarat mutlak.

untuk setiap keberhasilan, pasti menuntut pengorbanan. kadang kita cuma mau langsung merasakan hasilnya tanpa mau melalui prosesnya, bagaimana anda bisa memanen padi jika anda tidak mau bekerja untuk menanam benihnya?

pengorbanan bagi seorang trader mungkin yang paling besar adalah waktu untuk belajar, kita harus komitmen untuk menyediakan waktu khusus untuk mempelajari market, pada masa awal trading saya, setiap malam kerjaanku hanyalah membaca buku trading, pada saat itu belum ada ipad, sehingga semua ebook yg mau kubaca harus diprint dulu. sekarang sudah lebih praktis karena semua ebook sudah bisa masuk ke dalamnya.

jika anda mempunyai tujuan untuk bisa mendapatkan penghasilan secara konsisten di market, pertanyaan pertama yang harus anda jawab adalah : BERSEDIAKAH ANDA BERKOMITMEN UNTUK MENYEDIAKAN WAKTU UNTUK MEMPELAJARI MARKET ?

jika anda masih ragu-ragu, mungkin ada baiknya anda tidak usah trading

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Fearless Trader


Mengendalikan Rasa Takut dalam Trading Saham

"Berani gak beli saham ABC?"

pernah kah anda mendengar pertanyaan seperti itu?
dari pertanyaan tersebut, bagi orang awam mungkin akan menyimpulkan bahwa untuk bermain saham perlu mental baja, orang yang siap mengambil resiko, yang tidak mengenal rasa takut sama sekali, semakin berani anda, semakin besar peluang anda gain.

apakah memang demikian?
pertanyaan demikian mungkin ada benarnya, untuk trader yang cuma mengandalkan feeling saja, cuma melihat running trade, dan kita tidak punya bayangan kira-kira saham tersebut akan naik atau malah turun, untuk memutuskan hendak beli jelas sangat membutuhkan NYALI YANG BESAR

tapi jika kita adalah trader, yang sebelum belanja mempelajari arah market secara keseluruhan, mencari sektor yang paling bagus, mencari saham terbaik dalam sektor tersebut, mempertimbangkan TA dari saham tsb apakah sudah waktunya untuk entri, mengukur probabilitas kebenaran analisa kita, menggunakan money management untuk menghitung berapa lot kita harus belanja agar resiko terkendali, jika anda melewati proses tersebut sepertinya kita tidak membutuhkan nyali yang sangat besar.

main saham seharusnya bukanlah sebuah kegiatan UJI NYALI , jika seandainya setelah melakukan analisa yang mendalam, kita menyimpulkan bahwa peluang untuk gain kecil sekali, ataukah kita tidak yakin dengan hasil analisa kita, ya.... tidak usah belanja, tidak ada paksaan kita harus selalu transaksi, kita tinggal menunggu peluang berikut yang lebih bagus

pada saat kita sedang hold saham tertentu , dan jantung kita selalu berdebar-debar mengikuti gerakan harga saham, itu artinya kita sendiri tidak yakin dengan analisa kita, entah karena kita beli cuma berdasarkan rumor, tanpa analisa yang memadai , atau karena tidak memakai money management sehingga kita takut akan menderita loss yang sangat besar

jadilah seorang trader yang tidak mengenal rasa takut , yaitu dengan mempertimbangkan segala hal sebelum transaksi, melakukan analisa yang mendalam dan di dukung oleh money management yang bagus.

Beli saham tanpa analisa adalah nekad
Beli saham tanpa analisa dan money management adalah ....

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

AQ : Adversity Quotient


Mampu Bertahan terhadap Kegagalan Trading saham

Beberapa waktu lalu saya ikut membantu pelaksanaan  pelatihan 4Q, yang menarik dari pelatihan tsb selain IQ EQ SQ ada tambahan AQ (Adversity quotient) yang menyangkut tingkat ketahanan seseorang saat menghadapi situasi sulit.

dalam hidup kita pasti menghadapi banyak rintangan, cobaan, hambatan, yang menjadi masalah adalah seberapa kuat kita menghadapi nya, apakah kita masih cukup tegar untuk berdiri kembali setelah kita jatuh, semakin cepat anda bangkit kembali itu menandakan AQ anda makin tinggi.

dalam trading kita membutuhkan AQ yang tinggi untuk bisa bertahan, bayangkan jika anda mengalami loss beruntun, jika kita memutuskan untuk menyerah setelah mengalami loss yg bertubi-tubi, mungkin itu adalah akhir dari karir kita sebagai seorang trader

para master trader umumnya memiki AQ yang tinggi, contohnya jesse livermore, dia bangkrut sampai 3 kali, namun setiap kali bangkrut dia masih bisa bangkit kembali, dan melunasi setiap sen utangnya. seorang trader tetaplah seorang manusia, saat kita menderita loss, pasti kita akan mengalami tekanan juga, yang membedakan adalah bagaimana kita mengatasi rasa trauma akibat loss tersebut. semakin cepat anda berhasil mengatasi trauma atas loss, semakin cepat anda akan mampu menyambar peluang yang ada berikutnya.

dalam trading peluang selalu hadir setiap saat, mampu tidaknya kita melihat peluang tersebut tergantung dari suasana mental kita. jika kita masih trauma/shock atas loss dari transaksi terakhir, maka kita akan ragu untuk melakukan pembelian berikut, meskipun sinyal yang diberikan sangatlah jelas, akibatnya kita akan kehilangan kesempatan, pada saat menonton saham tersebut terus naik , ini akan semakin memukul kepercayaan diri kita, akibatnya kita semakin down.

namun jika anda mampu mengendalikan diri, loss yang lalu adalah masa lalu, kita sudah memetik pelajaran dari kesalahan kita, maka pada saat kesempatan muncul, kita bisa dengan pikiran jernih untuk melakukan transaksi, trader dengan AQ tinggi akan mampu melihat setiap kesempatan yang ada karena mereka mampu mengatasi bayang-bayang trauma dari loss di waktu lalu.

disamping AQ kita juga membutuhkan penerapan money management yang disiplin, karena percuma anda mampu bangkit kembali tapi sudah kehabisan modal untuk berbelanja.

cara untuk mengembangkan AQ kita adalah menetapkan target yang jelas, sampai dengan bulan sekian kita hendak mencapai keuntungan berapa banyak, semakin spesifik target anda, semakin tinggi "keharusan" anda harus mencapai target, segala rintangan yang muncul dalam proses trading tidak akan menjadi masalah yang besar.

trading is a journey, kita harus tahu dengan jelas kita hendak kemana dalam 1 tahun kedepan, berapa besar portofolio yang kita inginkan, bagaimana gaya hidup yang hendak kita capai dari hasil trading kita, jika anda bisa membayangkan dengan sangat jelas sekali, bagaimana keadaan anda pada saat anda telah berhasil mencapai target tersebut, kita harus fokus pada target, meskipun jatuh kita masih akan berdiri, tidak mampu berdiri pun kita akan merangkak mencapai target tersebut, dengan memakai prinsip seperti itu dijamin peluang sukses anda pastilah akan sangat tinggi

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317