jsx_trader Rekomendasi Saham Harian di Bursa Saham Indonesia: February 2014

The Best Strategy Game Ever


: Investasi Di Bursa saham Yang Sangat Menguntungkan

Bursa saham adalah medan pertempuran para trader saham, ada yang menggunakan analisa teknikal , analisa fundamental maupun bandarmologi . di bursa saham kita sendirian melawan semua orang, setiap trader akan menggunakan analisa terbaiknya untuk mengalahkan ( mengambil uang ) trader lain. demi sukses di bursa setiap orang akan memeras otaknya untuk bisa memilih saham yang terbaik.

bayangkan kita bertempur melawan otak/pikiran tercerdas di indonesia :) game2 strategy seperti three kingdom, civilitation, age of empire dll tidak ada apa-apanya dibandingkan dgn bursa. dalam game jika menang kita tidak akan mendapat hal yang real, tapi dalam bursa jika strategy kita benar, uang kita akan bertambah. (tapi jika strategy kita salah uang kita pasti akan ludes )

bayangkan pada saat menganalisa chart, kita adalah seorang ahli strategy yang memperhatikan medan pertempuran dan kondisi musuh kita, kita harus menentukan kapan saatnya menyerang ( buy ), kapan harus menambah pasukan (avg up) , jika kemungkinan kita akan kalah terpaksa menarik mundur pasukan (cut loss) , namun jika strategy kita benar daerah musuh akan dapat kita taklukkan (take profit)

pada saat masa bull , beli saham apapun pasti akan naik, tapi seorang trader sejati tidak puas cuma pada kenaikan saham semata, dia akan berusaha untuk mendapatkan saham yang naik paling kencang. inilah hal yang paling mengasyikkan dalam trading , bagaimana kita mengatur posisi portofolio kita agar sebagian besar dana dibelanjakan pada saham yang paling kencang, harus lincah untuk switching, rela mengorbankan saham yang kenaikannya paling lambat.

kadang keputusan kita salah, saham yang dilepas malah yg naik lebih kencang, itulah seninya, dalam game jika salah kita tinggal load dari save point terakhir, tapi di bursa mana bisa, loss is loss , itu yang menjadikannya lebih menantang

Good Luck

Untuk Mendapatkan Rekomendasi Saham via BBM, SMS, email & YM  silakan add pin BBM kami : 76A6A78B untuk info selengkapnya  atau kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com

Trading Plan


: Membuat rencana trading untuk meningkatkan untung dalam bermain saham

untuk bisa gain secara konsisten dalam bermain saham, kita harus memiliki trading sistem yang bagus. namun tidak cukup sampai di sana saja, kita juga harus membuat trading plan untuk menggambarkan trading sistem kita.

sebuah trading system hanyalah seperangkat rules yang membantu menunjukkan kepada kita tindakan apa yang harus diambil dalam situasi tertentu. kita akan melakukan pembelian jika indikator xxx menunjukkan pola demikian, jika market sedang sideway apa yang akan kita lakukan, berapa banyak yang akan kita beli jika kondisi market lagi naik, lagi sideway maupun lagi turun.

sebuah trading sistem yang bagus akan bisa membimbing kita menghadapi berbagai situasi market, untuk setiap perubahan kondisi market , action kita sudah standar. sehingga sebuah trading sistem harus tertulis tidak bisa cuma mengandalkan ingatan, karena ingatan sulit di andalkan.

saya pribadi membuat trading sistem berdasarkan model decision tree, untuk setiap kondisi yang mungkin timbul sudah sangat jelas tertulis tindakan apa yang harus diambil, ini sangat membantu dalam setiap proses pengambilan keputusan.

tapi kita tidak berhenti sampai perancangan sistem saja, karena sebuah sistem hanyalah menunjukkan tindakan apa yang harus diambil, nah.. kita membutuhkan trading plan yang merupakan implementasi dari sistem , trading plan juga harus tertulis, dan harus memuat tindakan yang bisa kita ambil sepanjang sesi trading

plan idealnya dibuat saat market close, saat kita bisa melihat market dengan tenang, kita sudah harus tahu apa saja action yang kita ambil besok saat market lagi running, DAN JANGAN MELAKUKAN ACTION DI LUAR PLAN KITA . karena apa gunanya plan jika tidak dilaksanakan?

plan sangat membantu kita berpikir jernih saat market sedang running, apalagi dalam market yang sangat fluktuatif, tanpa plan kita bagaikan pasukan yang pergi perang tanpa ada komandan, cuma sibuk lari kiri-kanan menghindari tembakan musuh, sambil balas menembak apapun yang kelihatan bergerak, kacau kan?

Good Luck

Untuk Mendapatkan Rekomendasi Saham via BBM, SMS, email & YM  silakan add pin BBM kami : 76A6A78B untuk info selengkapnya  atau kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com

Mendulang Emas di Bursa Saham


: Keuntungan Tak Terbatas dari Bermain Saham

Gambar disamping adalah proses mendulang emas secara tradisional, bayangkan untuk mendapatkan emas mereka harus dengan sabar memeriksa endapan lumpur sedikit demi sedikit, memisahkan tanah yang kemungkinan mengandung emas, kemudian diproses secara kimiawi untuk memisahkan lapisan emasnya, setelah melalui proses yang panjang, barulah mereka berhasil mendapatkan emas 1-2 gram.

Anda tentunya tidak berpikir bahwa mereka tinggal mencelupkan wajan, kemudian akan langsung mendapatkan sebongkah emas kan? bayangkan untuk mendapatkan 1-2 gram emas berapa banyak lumpur yang harus disortir? berapa lama mereka harus berjongkok di terik matahari, berbasah-basah di sungai.

Trading saham sama seperti mendulang emas, untuk mendapatkan winner stock, kita harus memiliki kesabaran dan ketekunan seperti pendulang emas. jika anda berpikir bahwa seorang trader profesional memilih saham hanya berdasarkan running trade, atau hanya menghabiskan 5-10 menit per hari menganalisa chart untuk mencari winning stock, wake up.... di dunia nyata hal tersebut tidak berlaku.

memang di metastock ada program explorer yang secara cepat bisa menyortir saham sesuai dengan kriteria yang kita tentukan. namun itu cuma untuk mendapatkan gambaran kasar atas kondisi market. saya tetap menganalisa satu per satu saham yang layak di trading ( tidak semua saham layak dibeli, saham yang kurang / tidak likuid sama sekali tidak perlu diperhatikan ) dengan cara ini kita bisa mendapatkan gambaran lebih jelas atas kondisi market.

dari sekian banyak saham yang di sortir ( sekitar 70-80 saham ), biasanya yang memenuhi kriteria cuma 2-3 saham saja. dan hal ini harus dilakukan secara rutin setiap hari, penguasaan TA belum cukup memadai untuk sukses dalam trading, anda harus mencintai proses analisanya, makanya jangan percaya jika ada yang mengatakan trading gampang, tinggal beli saham kemudian menunggu saham tsb naik ....

untuk sukses kita harus belajar ketekunan para pendulang emas, prosesnya melelahkan / membosankan tapi hasil yang kita peroleh sepadan

Good Luck

Untuk Mendapatkan Rekomendasi Saham via BBM, SMS, email & YM  silakan add pin BBM kami : 76A6A78B untuk info selengkapnya  atau kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com

Crazy Little Thing Called Right


: Analisa Saham Jitu untuk Keuntungan Saham Maksimal

Banyak trader baru yang memiliki pandangan bahwa untuk sukses di bursa saham , kita harus selalu benar dalam memprediksi gerakan saham, harus benar dalam memilih saham yang akan naik, sehingga mereka terobsesi untuk mencari indicator TA yang paling hebat, yang paling mampu menghasilkan sinyal yang selalu benar.

jika dalam 2-3 transaksi , sinyal yang dihasilkan oleh indicator tersebut salah, mereka biasanya buru-buru menyimpulkan bahwa indicator TA tersebut bukan yang terbaik, dan segera mulai lagi menggunakan indikator yg lain.

perlu disadari bahwa gain kita tidak berhubungan langsung dengan persentase kebenaran prediksi, malahan berdasarkan pengalaman saya, semakin bagus performance(semakin besar persentase gain bulanan) persentase transaksi yang salah semakin besar. persentase gain bulananku yg terbaik malah memiliki tingkat kesalahan 65%, artinya dari 10 transaksi cuma 3-4 transaksi yg benar, kenapa bisa demikian?

trading system ku menggunakan system avg up, artinya dana ditumpuk pada transaksi yang sudah gain, semakin naik harga saham tersebut selama belum menyentuh trailing stop akan terus ku tambah, jadi jika semua cash sudah habis, terpaksa saham-saham yang belum bergerak yang dikorbankan, meskipun para masih di titik BEP maupun loss dikit. makanya dalam performance bulanan, titik kebenaran rendah karena banyak saham yg dijual rugi.

sehingga, daripada terobsesi mengejar persentase kebenaran yag tinggi, lebih baik kita fokus pada bagaimana caranya memanage portofolio agar saham yang kita hold adalah the fastest gainer

Good Luck

Untuk Mendapatkan Rekomendasi Saham via BBM, SMS, email & YM  silakan add pin BBM kami : 76A6A78B untuk info selengkapnya  atau kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com

The Closer You Look, The Less You'll See


: Jeli Menangkap Peluang Gain dalam Bermain Saham

The Closer you look,
The less you'll see

Sebuah sinyal entry yang valid akan kelihatan dengan sangat jelas sekali, apalagi bagi anda yang setiap hari melakukan analisa terhadap pergerakan harga saham, karena sebuah sinyal yang valid membutuhkan beberapa hari untuk bisa terbentuk, kita seperti menonton gerakan slow motion sampai sinyal itu valid.

Yang perlu dilakukan oleh seorang trader adalah selalu memperhatikan pergerakan harian dari saham-saham yang masuk dalam watchlistnya, kita bisa mulai curi start dengan membeli sedikit terlebih dahulu supaya kita bisa langsung merasakan "fell" dari gerakan saham itu, tapi pembelian utama tetaplah hanya bisa dilakukan apabila sinyal sudah confirm

sayangnya, banyak trader yang tidak sabar untuk menunggu terbentuknya sinyal ini, bahkan mereka cenderung untuk "mencari" tanda-tanda awal dari sinyal entry. itulah sebabnya seorang trader harus mampu mengembangkan "detachment" terhadap saham tertentu, jangan sampai TA malah menjadi alat untuk membenarkan/menegaskan persepsi kita tentang gerakan harga.

contohnya: seorang trader sedang nyangkut di saham TLKM, dia akan sibuk mencari dimana titik support terdekat, tiba2 dia akan sibuk belajar fibonacci untuk menghitung dimana retracement terdekat, sibuk mencari di google bagaimana menghitung S1 S2 S3, mencari2 pola reversal candlestick sambil berharap semoga salah satunya mirip dengan pola chart TLKM sekarang, apakah sekarang sudah oversold, apakah MACD susah berbalik arah dsb

akibatnya TA malah cuma dijadikan alat untuk membenarkan posisinya yg  belum mau cut loss, semakin turun harga saham, dia akan semakin rajin mencari teknik2 baru untuk menghitung support, padahal jika kita bisa melihat dengan objektif, tanpa adanya "attachment" apa pun terhadap saham tersebut, mungkin kita bisa dengan jelas melihat bahwa saham tersebut sedang downtrend, satu2nya jalan yang harus ditempuh adalah cut loss, untuk melindungi modal, agar pada kesempatan berikutnya kita bisa masuk kembali.

salah satu tips agar kita bisa menganalisa dengan objektif adalah, dengan melakukan screening tanpa memperhatikan nama sahamnya, jadi kita cuma fokus pada chart saja, jika ada chart yang polanya bagus, baru lah kita memperhatikan nama sahamnya.

yang terpenting, haruslah kita ingat bahwa di dalam menganalisa , jangan berusaha "MENCARI-CARI SINYAL YANG MUNGKIN TIMBUL" lihat lah chart apa adanya, semakin anda berusaha mencari sinyal, anda akan semakin tidak bisa melihat trend yang sedang terjadi saat ini

Good Luck

Untuk Mendapatkan Rekomendasi Saham via BBM, SMS, email & YM  silakan add pin BBM kami : 76A6A78B untuk info selengkapnya  atau kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com

After Shock


: Membeli Saham setelah koreksi / crash di bursa saham

harga naik dan turun dalam bursa saham adalah hal yang sangat wajar, koreksi besar-besaran juga adalah hal yang wajar, sejak terjun di bursa saham sudah beberapa kali saya menyaksikan koreksi yang cukup besar. mungkin para trader pemula yang baru pertama kali menyaksikan koreksi akan timbul rasa was-was, khawatir jika market akan tiba-tiba koreksi saat mereka lagi memegang saham tertentu

sebenarnya, koreksi besar sangat jarang terjadi secara tiba-tiba, selalu ada tanda-tanda yang mendahului nya, biasanya sejak 1 minggu sebelumnya sudah ada tanda-tanda yang sangat jelas, untuk system saya pribadi biasanya jika dalam beberapa hari tidak ada sinyal beli baru yang muncul dalam screening, saya sudah mulai waspada ini artinya tidak lama lagi market akan mulai berbalik arah.

seorang trader harus selalu memperhatikan chart apa adanya, jika memang tidak ada sinyal yang muncul, jangan memaksakan untuk beli, jangan mencari-cari sinyal yang sebenarnya memang tidak ada, kita tidak perlu harus selalu memegang posisi, jika resiko terlalu besar lebih bagus kita menunggu dengan sabar, ini sudah berkali-kali menyelamatkan saya tidak terjebak dalam koreksi besar yang terjadi

selanjutnya yang menjadi pertanyaan, apa yang harus kita lakukan saat market jatuh?
cara paling aman adalah kita menunggu , biarkan saja market jatuh, tidak usah berusaha untuk bisa membeli tepat di bottom, usaha untuk membeli di bottom cenderung hanya untuk memuaskan ego kita, bangga kan jika kita berhasil membeli tepat di bottom dan membuat iri orang lain yang tidak berani masuk? tapi cost untuk tindakan seperti ini sangat mahal, tidak ada seorang pun yang bisa secara konsisten menebak bottom ada di mana

jika market jatuh, kita cukup menonton, menunggu saat guncangan nya sudah mereda, baru lah kita dengan tenang memilih saham yang layak di koleksi. market selalu berulang, untuk setiap siklus kejatuhan selalu ada saham tertentu yang akan memimpin untuk rebound, saya mengelompokkan saham-saham ini sebagai saham "AFTER SHOCK" saham2 ini biasanya akan naik paling kencang saat market rebound, malahan saat market sudah dekat di dasar, saham2 ini akan mulai melambat penurunannya, bahkan ada yang sudah mulai naik 1-2 poin saat yang lain masih turun

jadi, saat koreksi besar berikutnya, fokus lah pada saham2 after shock , ini lebih aman daripada berusaha menangkap pisau jatuh

Good Luck

Untuk Mendapatkan Rekomendasi Saham via BBM, SMS, email & YM  silakan add pin BBM kami : 76A6A78B untuk info selengkapnya  atau kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com

Kasta Dalam Saham


: Mengenali Pengelompokan Saham berdasarkan Karakteristik Saham

Main saham untuk pemula mungkin membingungkan, karakter saham haruslah anda pahami agar bisa untung bermain saham

setiap saham memiliki karakterisktiknya masing-masing, ada yang lambat swingnya, ada yang cepat, ada yang sebagai leader ( bergerak mendahului index) ada pula yg cuma sebagai follower, agar kita dapat mencapai hasil trading yg optimal kita harus mampu mengatur portofolio sesuai dengan karakter masing-masing saham

saya membentuk sistem kasta untuk saham2 yang ada di BEI, pengklasifikasiannya sbb:

1. Elite Team
ini adalah kelompok saham BEST OF THE BEST, bukan berdasarkan laporan keuangannya, tapi murni berdasarkan gerakannya. saham yg masuk dalam kasta ini adalah saham yg swingnya sangat gampang di ikuti, dan kita "click" dengan saham tersebut, kita mampu merasakan dimana saham ini akan berbalik arah, saya yakin rekan-rekan sekalian pasti jg memiliki 1-2 saham yang sepertinya kita bisa menebak sebagian besar gerakannya. namun selain gampang diikuti swingnya, syarat paling penting adalah saham ini mampu bergerak dengan cepat, bisa memberikan gain sebesar-besarnya dalam tempo sesingkat-singkatnya,

jika kita mengambil kondisi militer, yg masuk dalam kasta ini adalah para pasukan elite : kopassus, navy seal, spartan ( dalam film 300: pembentukan kasta ini terinspirasi saat dulu saya nonton film 300) semua saham yg masuk dalam kasta ini adalah prioritas utama dalam analisa kita, harus masuk dalam watchlist dalam running trade kita, margin bebas digunakan untuk membeli saham-saham ini.

2. kasta dua
tidak kepikiran memberikan nama untuk kasta ini, yg masuk dalam kategori ini adalah saham rata2, yang pergerakannya agak lambat, kita masih bisa mengikuti gerakannya berdasarkan TA, namun swingnya sangat lambat, sehari cuma naik 1-2 poin, contoh dalam kondisi militer : polisi.

kita baru bisa membeli saham yg masuk dalam kasta ini jika semua saham dalam elite team tidak ada yang memberikan sinyal beli, pembelian saham ini harus moderat, tidak bisa agresif, margin tidak disarankan untuk kasta ini, karena kita harus menyimpan dana free, seandainya ada saham dari elite team yang memberi sinyal buy. dan seandainya cash kita sdh habis, saham yang ada di kasta ini harus dikorbankan/ dijual bagaimanapun bagusnya chartnya, untuk membiayai pembelian saham kasta elite team.

3. kasta 3
ini adalah kasta untuk saham2 yang secara fundamental cukup bagus tapi tidak bergerak sama sekali, kita cukup memberikan perhatian seminggu sekali, tetap waspada atas pergerakan yang mulai muncul, jika ada sinyal buy pembelian untuk saham dalam kasta ini opsional, kita bisa beli bisa juga tidak, karena potensi gain untuk saham dalam kasta ini sangat limited, selain membuang fee kita juga membuang waktu untuk hold saham2 ini, saat tulisan ini dibuat, TLKM ISAT masuk dalam kasta ini. contoh dalam militer : satpam.

4. kasta 4
saham yang masuk dalam kasta ini adalah semua saham yang bentuknya dalam chart cuma sebuah garis, transaksi hariannya tidak bisa membentuk candle, saham yang kadang ditransaksikan kadang tidak, saham yang tidak bisa diikuti oleh indicator TA apapun, contoh dalam militer : petugas pos kamling

trading adalah pertempuran, jika anda seorang jendral dalam medan pertempuran, manakah yang akan anda bawa? sepasukan kopassus atau para petugas ronda?

penempatan saham dalam sebuah kasta juga diseleksi setiap saat, jika ada saham dari elite team yang swingnya mulai susah diikuti ataupun sudah tidak bergerak dengan cepat, maka sewaktu-waktu bisa diturunkan ke kasta di bawahnya

sejak mencoba style seperti ini performance saya jadi meningkat, kita jadi terfokus cuma hold saham yang terbaik swingnya, switching jadi lebih mudah, saham yang geraknya malas-malasan akan tersingkir dari portofolio, tujuan trading bukan hanya mencari uang, tapi bagaimana mencetak uang sebanyak-banyaknya dalam tempo sesingkat-singkatnya

Good Luck

Untuk Mendapatkan Rekomendasi Saham via BBM, SMS, email & YM  silakan add pin BBM kami : 76A6A78B untuk info selengkapnya  atau kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com

Kail Vs Ikan


: Memahami Makna sesungguhnya dari belajar saham

Jika diberi pilihan antara kail yang harganya 10.000 dengan ikan yang harganya 50.000 , mana yang akan anda pilih?

mungkin beberapa orang akan memilih ikan, tapi saya yakin sebagian besar akan memilih kail, betul kan? karena sejak kecil kita telah ditanamkan bahwa bagaimana pun kail jauh lebih bagus, karena dengan adanya kail kita bisa mendapatkan ikan sebanyak yang kita mau.

Tapi terpikirkah oleh anda, bahwa ada cara yang lebih bagus? kenapa tidak ambil ikannya lalu di jual, kemudian uangnya dibelikan kail 5 buah ? bukan kah ini lebih menguntungkan?

Kemungkinan hal ini tidak terpikirkan karena kita terlalu terpaku oleh "kebijaksanaan" yang berlaku umum, bahwa mendapatkan kail selalu lebih bagus daripada ikan, akibatnya kita bertindak secara otomatis tanpa menganalisa inti dari "kebijaksanaan" itu

begitu juga halnya dalam trading, banyak sekali "teori" dalam trading yang berlaku umum, juga indikator2 yang banyak di pakai dalam TA, banyak orang yang memakai indicator tanpa berusaha memahami apa sebenarnya yang ditunjukkan oleh indicator tersebut, bagaimana proses perhitungan indicator tsb.

Contoh sederhana, banyak orang yang memakai stochastic karena "katanya" mampu mendeteksi overbought-oversold. pokoknya buy / sell jika menembus trigger. padahal stochastic tidak bisa diterapkan dalam semua kondisi market, harus di combine dengan indicator yang menunjukkan kapan saat ideal menggunakan stochastic.

trading hanya berdasarkan "teori yang banyak dipakai umum" tidak akan memberikan hasil yang optimal, cobalah analisa apa yang menjadi dasar sebuah indicator, agar anda tidak menggunakan indicator/teori trading secara membabi-buta.

percayalah, jika anda menggunakan indicator yang bisa anda pahami apa sebenarnya yang hendak ditampilkan indicator tersebut, trading anda akan memberikan hasil yang optimal.

Good Luck

Untuk Mendapatkan Rekomendasi Saham via BBM, SMS, email & YM  silakan add pin BBM kami : 76A6A78B untuk info selengkapnya  atau kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com

Kisah Burung Walet


: Belajar Saham Untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Saham



Zaman dahulu kala ada seekor burung phoenix yang sangat lihai membuat sarang. sarang yang dibuatnya sangat kuat dan rapi.

akhirnya burung-burung lain pun tertarik untuk belajar kepada sang Phoenix.

suatu hari burung hantu, burung elang, burung walet, burung gereja mencari sang phoenix untuk belajar.

setelah dibujuk, akhirnya phoenix pun setuju untuk membagikan rahasianya kepada mereka.

" Dalam membuat sarang, yang paling penting adalah lokasi, pilihlah di pohon yang bagus" phoenix memulai penjelasannya.

" Ah... kalau seperti itu pun, aku sudah tahu " pikir burung hantu, dia pun terbang meninggalkan phoenix karena ternyata pelajaran phoenix biasa-biasa saja.

" selain itu harus mencari kayu yang bagus untuk membuat sarang, agar sarangnya tahan lama " lanjut phoenix.

" sarang yang kubuat selalu menggunakan kayu yang bagus, semua orang sudah tau harus pakai kayu bagus" pikir burung gereja, dia pun terbang meninggalkan phoenix.

" pada saat menganyam sarang, kita harus lakukan dengan telaten, agar setiap ranting teranyam dengan baik" lanjut phoneix.

" ternyata cuma itu toh, aku sudah tau semuanya kok " pikir burung elang, dia pun lantas terbang meninggalkan tempat.

yang tersisa hanya burung walet, yang dengan cermat mendengarkan ajaran phoenix.
" tapi syarat-syarat yang saya sebutkan tadi belumlah cukup untuk membuat sarang yang bagus, yang PALING PENTING adalah usahakan membuat sarang yang tidak kena hujan atau sinar matahari langsung , carilah tempat yang teduh seperti dibawah atap rumah, kemudian usahakan agar sarang tersebut hangat, alasi dengan rumput. "

Akhirnya walet yang mendengarkan sampai selesai penjelasan phoenix mengerti cara membuat sarang yang bagus. itulah sebabnya sarang burung walet mahal, karena dia dengan setia mendengarkan penjelasan phoenix tentang cara membuat sarang.

meski ini cuma cerita anak-anak, tapi ada pelajaran yang sangat dalam yang bisa kita petik.

kadang kita sesudah mempelajari sesuatu hal, merasa sudah menguasainya dengan sempurna. sehingga memandang remeh jika ada orang lain yang menjelaskannya kepada kita, menganggap diri sudah tau.

AKibatnya kita menutup diri dari ilmu baru, padahal mungkin saja penjelasan orang lain, meskipun kita sudah tahu, kadang ada hal-hal kecil yang disampaikan orang lain yang akan menambah pengetahuan kita.

jadilah seperti sebuah gelas kosong yang mampu menerima apa pun, belajar TA tidak ada habisnya selalu ada hal baru yang bisa kita pelajari, yang terpenting selalu perhatikan apa yang diajarkan oleh orang lain, meski itu adalah yang sangat sederhana.

Good Luck

Untuk Mendapatkan Rekomendasi Saham via BBM, SMS, email & YM  silakan add pin BBM kami : 76A6A78B untuk info selengkapnya  atau kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com

Trader's Weakest Moment


: Kesalahan Yang Sering dilakukan Pemain Saham

tahukah anda kapan seorang trader rapuh? kapan seorang trader cenderung melakukan kesalahan konyol? bukan pada saat menderita loss yg besar, tapi pada saat mengalami winning streak, saat market lagi bullish, saat semua saham yg dibelinya naik, saat gain sangat gampang diperoleh, beli apapun pasti gain.

saat winning streak seorang trader cenderung akan kehilangan disiplin, sikap waspadanya hilang, toh beli saham apapun pasti naik, money management sudah tidak diperhatikan lagi, margin digunakan sampai maksimal. sebaliknya pada saat menderita loss trader akan sangat waspada, semua pembelian pasti akan dipertimbangkan dengan baik karena mereka berusaha menghindari loss lagi.

tapi memang ada special case untuk trader yg berjiwa gambler, semakin loss mereka malah akan semakin serampangan untuk menutupi lossnya, yang malah akan semakin menghancurkan portofolionya, yang saya maksudkan adalah trader yang selalu berpatokan pada pengendalian risk.

berdasarkan pengalaman pribadi saya, semakin beruntun gain yg kita dapatkan semakin berkurang tingkat kewaspadaan kita, sehingga pada akhirnya kita akan mengalami loss yg lebih besar dari risk yg biasa kita ambil. sehingga sekarang saya selalu berusaha disiplin, bagaimanapun bullishnya market, pengendalian risk tetap yg utama, bisa beli lebih sedikit, tapi yg paling penting kita masih sanggup menanggung risknya.

kita harus selalu waspada, tapi saat market sedang bullish kita harus lebih waspada karena inilah saat kita paling sering melakukan kesalahan konyol

Good Luck

Untuk Mendapatkan Rekomendasi Saham via BBM, SMS, email & YM  silakan add pin BBM kami : 76A6A78B untuk info selengkapnya  atau kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com

The Art of Cut Loss


The Art of Cut LOss

Sering sekali setelah kita melakukan cut loss, harga saham malah naik kembali, sehingga kita cuma bisa gigit jari menonton saham yang kita cut loss ternyata sebenarnya bisa memberikan keuntungan seandainya kita bertahan tidak buru-buru cut loss. biasanya apa reaksi anda?

apakah kali berikut saham kita menyentuh cut loss poin, kita akan menahan nya? berharap saham itu akan segera rebound kembali? ataukah kita akan tetap disiplin untuk cut loss sesuai dengan planning awal?

cut loss memang proses yang sangat menyesakkan, siapa yang rela rugi? tidak ada satu orang trader pun yang main saham cuma untuk rugi. tapi harus kita sadari bahwa cut loss adalah pelidung kita untuk menghadapi kerugian total.

main saham adalah bermain probabilitas, tidak ada satu sistem pun yang mampu dengan sempurna meramalkan setiap pergerakan harga, kita cuma bisa menggunakan system untuk mengukur probabilitas trend, jika trend berpeluang cukup besar untuk naik, maka kita akan beli. jika peluangnya kecil kita cukup beli sedikit saja, faktor peluang juga ikut menentukan besarnya DR (Dynamic Risk).

penentuan CL poin sebaiknya ditentukan sejak awal, pada saat kita baru akan masuk, ini untuk menentukan juga berapa lot yang sebaiknya kita beli. saya biasa menentukan CL poin di level dimana asumsi awal saya tentang trend menjadi failed. dimana ketika harga menyentuh level tersebut, artinya analisa awal saya tentang arah trend ternyata salah, sehingga sudah seharusnya posisi tersebut di tutup. SALAH adalah SALAH meskipun kita berusaha berdoa, berusaha mencari berita positif yang kira2 akan menahan penurunan saham tersebut tidak akan ada gunanya. itu malah akan menguras konsentrasi kita pada losing stock yang mana malah akan membuat kita melewatkan peluang lain.

trus bagaimana seandainya kita baru saja cut loss dan ternyata saham tersebut malah naik kembali? buyback bisa kita lakukan tapi dengan syarat setiap pembelian harus dianggap sebagai pembelian baru, buyback harus didukung oleh analisa baru tentang arah trend, dan bukan di dorong oleh keinginan untuk balas dendam

Good Luck

Untuk Mendapatkan Rekomendasi Saham via BBM, SMS, email & YM  silakan add pin BBM kami : 76A6A78B untuk info selengkapnya  atau kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com

Contact Us

Milis Kami menyediakan layanan Rekomendasi Saham komplit, mulai sejak pembelian sampai kapan harus dijual kembali, termasuk kapan harus Avg Up, Take Profit maupun Cut Loss

Semua Rekomendasi dikirim secara real-time via YM, SMS dan email

Untuk Keterangan lebih lanjut , silakan hubungi kami di

Yahoo Messenger : milisjsxtrader

Email                    : milisjsxtrader@yahoo.com

SMS/ Telp            : 0819.339.333.17

Whatsapp             : 0819.339.333.17

Line                      : 0819.339.333.17

Facebook              : Facebook Page

Twitter                  : @milisjsxtrader

BBM                    :  5F65A10F 








 

                     

Mentor

kita harus selalu bersikap seperti gelas kosong yang siap sedia menerima ilmu baru, jangan menjadi takabur

Mentor

Pada saat memulai sesuatu hal yang baru, kita pasti membutuhkan bimbingan seseorang yang lebih dulu terjun ke bidang tersebut, seseorang yang telah memiliki pengalaman, agar proses belajar kita menjadi lebih singkat, dan kita tidak perlu membuat kesalahan yang tidak perlu.

saat ini trader yang baru terjun sudah sangat terbantu sekali, karena sekarang sangat banyak orang yang menawarkan kursus trading, workshop saham, seminar2 dll, dan juga sudah banyak buku trading yang dijual di gramedia. sangat berbeda saat saya baru mulai trading saham, waktu itu internet belum sepraktis saat ini, mau cari bahan untuk belajar harus ke warnet, jangankan seminar saham , buku saham berbahasa indonesia belum banyak di toko, jadinya harus mencari-cari sendiri referensi di internet

jadinya proses belajar saham saya adalah metode trial and error, sepertinya hampir semua kesalahan umum yang dilakukan oleh trader pemula sudah pernah saya lakukan, trading sistem yang saya gunakan sekarang adalah proses perbaikan dari begitu banyak loss yang sudah dialami, dan masih akan selalu diperbaiki

memiliki mentor itu bagus, sangat membantu kita di proses awal belajar, tapi akan sampai masanya dimana anda harus belajar dari diri sendiri, tidak bergantung pada orang lain. seorang mentor cuma akan mendampingi kita mengenal saham dari kulitnya saja, pada akhirnya anda yang harus mengembangkan trading sistem sendiri, sistem yang sesuai dengan kepribadian kita.

yang penting kita harus selalu bersikap seperti gelas kosong, yang siap sedia menerima ilmu baru, jangan sampai karena anda merasa sudah menyerap ilmu dari mentor , anda tidak perlu memperhatikan teknik lain lagi, kadang inspirasi untuk memperbaiki sistem bukan datang dari hal yang sangat luar biasa. 1 baris kalimat saja dari buku trading yang kita baca kadang bisa menimbulkan ide perbaikan

jadi, selalu berpikiran terbuka terhadap apa pun, agar anda bisa menjadi mentor bagi diri anda sendiri

Good Luck

Untuk Mendapatkan Rekomendasi Saham via BBM, SMS, email & YM  silakan add pin BBM kami : 76A6A78B untuk info selengkapnya  atau kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com

Flappy Bird

jika kita sering bergaul dengan trader yang konsisten performancenya, secara tidak sadar mindset anda akan menganggap bahwa GAIN SECARA KONSISTEN DI MARKET ADALAH HAL YANG WAJAR

Flappy Bird

Batas kemampuan seseorang di tentukan oleh persepsinya sendiri.
jika kita merasa di sinilah batas kemampuan terbaik kita maka demikianlah adanya

saat ini game flappy bird sedang trend, game yg sangat sederhana, tapi susahnya minta ampun. pertama kali memainkannya untuk mendapat skor 1 saja harus berkali-kali di coba, tapi sesudah berhasil tembus skor 1 saat kita mencobanya lagi untuk mendapatkan skor 1 sepertinya sudah lebih mudah.

ini karena batasan kita sudah berubah, awalnya kita merasa bahwa skor 1 itu adalah sebuah batasan, saat itu kita mungkin masih bertanya2 bisakah kita menembusnya? saat kita sudah berhasil menembusnya target kita jadi meningkat, kita sekarang mengejar skor yang lebih tinggi

seperti saat ini skor saya 7, saya merasa bahwa inilah yang terbaik yang bisa saya capai, tapi kemarin sempat ngobrol dengan seorang teman katanya skornya sudah 24, secara tidak sadar batasan kita mulai diubah, ditambah tadi pagi sempat baca di yahoo ada artis yang skornya 168, kita semakin tertantang untuk mencobanya karena ternyata ada orang yang bisa mencapai level tersebut

demikian juga halnya dalam dunia saham, pada saat awal kita bermain saham, mungkin kita merasa bisa gain sekian rupiah adalah hal yang sangat wah, saat kita berhasil mencapainya mungkin kita akan berani memasang target yang lebih tinggi lagi.

sehingga seorang trader yang baik harus selalu memperhatikan lingkungan pergaulannya, jika anda sering bergaul dengan top trader yang konsisten performancenya, secara tidak sadar mindset anda akan terbentuk menganggap bahwa GAIN SECARA KONSISTEN DI MARKET ADALAH HAL YANG WAJAR, trading berdasarkan mindset seperti itu hasilnya luar biasa

Good Luck

Untuk Mendapatkan Rekomendasi Saham via BBM, SMS, email & YM  silakan add pin BBM kami : 76A6A78B untuk info selengkapnya  atau kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com

Trader Sejati



Trader Sejati

Written by: on

Sahabat sejati akan ketahuan saat masa sulit
Trader sejati akan ketahuan saat masa bear

Pada saat market lagi bullish, setiap orang kemungkinan besar akan profit, memakai trading sistem apa pun, indikator macam apa pun, bahkan jika anda SAMA SEKALI tidak menganalisa market cuma membeli berdasarkan feeling, anda masih bisa untung juga. karena semua saham sedang naik ramai-ramai, bahkan saham yang fundamentalnya jelek pun akan ikut terangkat naik

Pada saat ini sangat sulit untuk mengetahui apakah seseorang bisa gain itu karena memang kemampuan trading nya yang mumpuni, atau kah karena dia sedang terjebak di tengah kondisi pasar yang sangat optimis.

Pada masa bullish trader yang baru terjun di bursa saham, akan merasakan kepercayaan diri yang semu, saham apa pun yang dibeli pasti naik, akibatnya mereka mengambil resiko yang berlebihan karena merasa telah menemukan rahasia main saham yang jitu

Tapi pesta tidak akan berlangsung seterusnya, bullish dan bearish selalu datang silih berganti, pada saat banyak sekali orang awam yang mulai terjun main saham, biasanya itu adalah pertanda bahwa bull sudah hampir habis waktunya, market sudah terlalu banyak naik, saatnya untuk diturunkan sedikit

Pada saat masa bear lah yang banyak memakan korban, banyak trader saham yang tidak siap, mereka tetap trading dengan style yang sama saat bull, akibatnya portofolio makin lama makin menipis dan kepercayaan diri mereka pun mungkin akan mulai goyah

Seorang trader yang baru main saham 2-3 tahun biasanya belum teruji, karena mungkin mereka mulai masuk ke market di awal masa bull, sehingga sama sekali tidak punya bayangan.

Jika anda telah main saham 5-8 tahun, dan bisa bertahan di tengah masa bear, itu baru menandakan bahwa anda memang seorang trader sejati. bertahan yang saya maksud disini adalah bisa melewati masa bear dengan penurunan portofolio yang cukup kecil dan bisa menarik pelajaran dari market. bukan bertahan karena menyuntikkan tambahan modal lagi.

Phase paling menguntungkan dalam siklus saham, adalah pada masa transisi akhir bear ke baby bull, sehingga anda harus selalu siap menunggu peluang tersebut. phase ini bisa diibaratkan seperti kota yang baru selesai menjalani perang besar, gedung hancur berantakan, banyak sekali harta yang berserakan di tengah jalan, tapi cuma segelintir orang yang sibuk memungutnya, karena sebagian besar orang lagi terkapar luka parah tidak bisa bergerak. sedangkan orang-orang yang sibuk memungut harta rampasan ini karena sepanjang perang mereka bersembunyi menghindari serangan musuh

Good Luck

Untuk Mendapatkan Rekomendasi Saham via BBM, SMS, email & YM  silakan add pin BBM kami : 76A6A78B untuk info selengkapnya  atau kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com

The Power of Mind



The Power of Mind

Written by: on
Cara tercepat untuk mencapai suatu tujuan adalah menempatkan diri kita dalam tujuan akhir dan BERTINDAK sebagai mana seseorang yang berada dalam posisi tersebut.

misalkan anda saat ini adalah seorang trader yang memiliki portofolio 50 juta, anda mempunyai target hendak memiliki portofolio 1 Milyar. selain kita harus mempersiapkan trading plan, dan breakdown pencapaian target, yang paling utama adalah kita harus mempersiapkan mental kita.

pada saat melakukan transaksi, kita harus memposisikan diri kita sebagai seorang trader yang mengelola 1M, untuk setiap action yang kita lakukan sebelumnya berpikirlah dulu, beginikah cara trader 1M bertransaksi? apakah mereka disiplin pada MM atau cuma asal2an saja? perbedaan 1 point untuk account 50 juta dan 1M besar sekali bedanya.

jika anda disiplin dengan cara ini, setiap saat selalu introspeksi dan selalu menempatkan diri pada tujuan akhir, dijamin trading sistem anda akan mengalami perbaikan secara sangat cepat, dan tanpa terasa anda akan mencapai target yang  dicanangkan. saya telah membuktikan cara seperti ini.

pikiran kita memiliki kekuatan yang sangat besar, kadang tanpa kita sadari, pikiran bisa menjadi pendorong yang sangat hebat , tapi bisa juga menjadi penghambat mencapai kesuksesan kita.pada saat kita tidak memiliki keyakinan atas kemampuan diri kita, bagaimana pun bagusnya peluang yang ada kita akan sulit untuk mengambil peluang.

jadi selain meningkatkan kemampuan analisa, kita juga harus selalu mengendalikan pikiran kita agar selalu berada dalam kondisi positif

Good Luck

Untuk Mendapatkan Rekomendasi Saham via BBM, SMS, email & YM  silakan add pin BBM kami : 76A6A78B untuk info selengkapnya  atau kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com