AQ : Adversity Quotient


Mampu Bertahan terhadap Kegagalan Trading saham

Beberapa waktu lalu saya ikut membantu pelaksanaan  pelatihan 4Q, yang menarik dari pelatihan tsb selain IQ EQ SQ ada tambahan AQ (Adversity quotient) yang menyangkut tingkat ketahanan seseorang saat menghadapi situasi sulit.

dalam hidup kita pasti menghadapi banyak rintangan, cobaan, hambatan, yang menjadi masalah adalah seberapa kuat kita menghadapi nya, apakah kita masih cukup tegar untuk berdiri kembali setelah kita jatuh, semakin cepat anda bangkit kembali itu menandakan AQ anda makin tinggi.

dalam trading kita membutuhkan AQ yang tinggi untuk bisa bertahan, bayangkan jika anda mengalami loss beruntun, jika kita memutuskan untuk menyerah setelah mengalami loss yg bertubi-tubi, mungkin itu adalah akhir dari karir kita sebagai seorang trader

para master trader umumnya memiki AQ yang tinggi, contohnya jesse livermore, dia bangkrut sampai 3 kali, namun setiap kali bangkrut dia masih bisa bangkit kembali, dan melunasi setiap sen utangnya. seorang trader tetaplah seorang manusia, saat kita menderita loss, pasti kita akan mengalami tekanan juga, yang membedakan adalah bagaimana kita mengatasi rasa trauma akibat loss tersebut. semakin cepat anda berhasil mengatasi trauma atas loss, semakin cepat anda akan mampu menyambar peluang yang ada berikutnya.

dalam trading peluang selalu hadir setiap saat, mampu tidaknya kita melihat peluang tersebut tergantung dari suasana mental kita. jika kita masih trauma/shock atas loss dari transaksi terakhir, maka kita akan ragu untuk melakukan pembelian berikut, meskipun sinyal yang diberikan sangatlah jelas, akibatnya kita akan kehilangan kesempatan, pada saat menonton saham tersebut terus naik , ini akan semakin memukul kepercayaan diri kita, akibatnya kita semakin down.

namun jika anda mampu mengendalikan diri, loss yang lalu adalah masa lalu, kita sudah memetik pelajaran dari kesalahan kita, maka pada saat kesempatan muncul, kita bisa dengan pikiran jernih untuk melakukan transaksi, trader dengan AQ tinggi akan mampu melihat setiap kesempatan yang ada karena mereka mampu mengatasi bayang-bayang trauma dari loss di waktu lalu.

disamping AQ kita juga membutuhkan penerapan money management yang disiplin, karena percuma anda mampu bangkit kembali tapi sudah kehabisan modal untuk berbelanja.

cara untuk mengembangkan AQ kita adalah menetapkan target yang jelas, sampai dengan bulan sekian kita hendak mencapai keuntungan berapa banyak, semakin spesifik target anda, semakin tinggi "keharusan" anda harus mencapai target, segala rintangan yang muncul dalam proses trading tidak akan menjadi masalah yang besar.

trading is a journey, kita harus tahu dengan jelas kita hendak kemana dalam 1 tahun kedepan, berapa besar portofolio yang kita inginkan, bagaimana gaya hidup yang hendak kita capai dari hasil trading kita, jika anda bisa membayangkan dengan sangat jelas sekali, bagaimana keadaan anda pada saat anda telah berhasil mencapai target tersebut, kita harus fokus pada target, meskipun jatuh kita masih akan berdiri, tidak mampu berdiri pun kita akan merangkak mencapai target tersebut, dengan memakai prinsip seperti itu dijamin peluang sukses anda pastilah akan sangat tinggi

Good Luck


Dapatkan Rekomendasi Saham komplit sejak beli sampai jual , dikirim real-time via BBM, WA, SMS, email & YM , untuk info selengkapnya silakan add PIN BBM kami : 5F65A10F , kirim email ke milisjsxtrader@yahoo.com atau SMS/LINE/WHATSAPP di 0819-3393-3317

Related Post